Breaking News

Sosial

dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

Print
Category: Sosial
User Rating:  / 0

 

Kendati tidak diimbangi dengan kemampuan renang yang baik, dr. Auldrich Huka termasuk dalam kelompok penumpang longboat BUMO Watkidat yang selamat. Hal ini justru menjadi kesaksian iman tersendiri bagi sang dokter.

Korban

Dr. Auldrich salah satu korban selamat longboat BUMO Watkidat ketika diwawancarai awak media (Foto: Piet Res).

 

Langgur, suaradamai.com – Dokter Auldrich Huka dalam kesehariannya bertugas sebagai dokter pada Puskesmas Ohoi Larat, Kecamatan Kei Besar Selatan Timur, Kabupaten Maluku Tenggara. Bertugas di Ohoi Larat mengharuskan dokter yang berasal dari Sulawesi Selatan ini untuk terbiasa dengan perairan Teluk Nerong. Kendati sering dilanda gelombang laut yang disertai dengan angin kencang, perairan Teluk Nerong sudah seperti sahabat bagi dokter muda ini.

Meski demikian, sang dokter sama sekali tidak memiliki kemampuan renang yang baik. Hal ini justru menjadi cerita yang menarik karena dirinya termasuk dalam kelompok korban selamat tragedi Longboat BUMO Watkidat yang tenggelam di Teluk Nerong pada tanggal 14 September 2019.

Ditemui di RSUD Langgur ketika menjalani perawatan pasca peristiwa nahas yang menimpanya, Auldrich mengungkapkan bahwa dirinya dapat selamat hanya karena kumurahan hati Tuhan. Tidak memiliki kemampuan renang yang baik, dirinya mengakui bahwa tanpa campur tangan dan kasih Tuhan, hidupnya pasti tidak tertolong.

“Beta selamat itu, karena kemurahan hati Tuhan. Yang pastinya beta selamat itu karena beta berusaha mencoba memegang yang sudah mengapung di atas (permukaan air),” ungkapnya.

Auldrich berangkat bersama rombongan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang Irene Tual menuju Ohoi Rerean dari Ohoi Mastur tepat pada pukul 11.50 WIT. Dirinya mengisahkan bahwa ketika perahu yang ditumpanginya sudah berada jauh dari bibir pantai Mastur, ombak mulai terlihat tidak bersahabat. Kendati demikian, semua penumpang longboat BUMO Watkidat yang mayoritas kaum perempuan, masih terlihat tenang.

Kepanikan para penumpang terlihat jelas ketika hantaman ombak memecahkan lambung depan perahu. Masuknya air dalam jumlah yang banyak ke dalam perahu kemudian mengakibatkan perahu terbalik antara pukul 12.20 WIT - 12.25 WIT. Satu per satu penumpang berupaya menyelamatkan diri dari dalam perahu yang telah terbalik, termasuk dirinya.

Derasnya terpaan ombak semakin diperparah dengan tumpahan bahan bakar minyak sehingga sangat menyulitkan upaya untuk menyelamatkan diri. Auldrich mengakui bahwa bukan perkara mudah, dirinya bisa selamat dari peristiwa nahas itu.

“Spit (longboat) terbalik langsung semua cari pertolongan keluar. Ada yang keluar dari pintu dan ada yang keluar dari jendela. Beta dengar suara yang terakhir orang bataria cari pintu. Langsung beta cari pintu lalu berjuang ke atas (permukaan air). Beta seng tau bagaimana beta bisa naik ke atas ambil udara. Pertama kali, beta lia ada orang yang pegang gen, lalu beta pegang kakinya, tapi tiba-tiba ombak terpa lagi, trus beta tampias ke belakang lebih dekat ke bodi (longboat). Lalu beta minta tolong yang duduk di atas bodi itu, tolong-tolong. Trus dong angkat beta naik di atas. Beta sampai di atas tidak terlihat semudah itu,” tutur Auldrich.

Sang dokter justru tertolong badan longboat yang masih terapung. Dirinya dan beberapa penumpang lainnya terpaksa harus menyelamatkan diri di atas badan longboat yang telah terbalik. Terombang-ambing selama kurang lebih 20 menit, Auldrich dan beberapa penumpang lainnya akhirnya ditolong oleh sebuah perahu ketinting nelayan yang datang membantu. Dirinya merupakan korban selamat yang terakhir dibawa ke RSUD Karel Sadsuitubun Langgur. (pietres/NR)

BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

Print
Category: Sosial
User Rating:  / 0

 

Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tenggara belum mencapai target yang memuaskan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dinilai perlu untuk memberikan regulasi-regulasi yang mendukung pelaksanaan program BPJS Ketenagkerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan. (Dok. Liputan6.com)

 

Langgur (Rumat), suaradamai.com – BPJS ketenagakerjaan melakukan kegiatan sosialisasi tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan, bagi seluruh perangkat pemerintah ohoi yang tersebar di Kecamatan Kei Kecil Timur, di Ohoi Rumat, Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (16/9/19). Kegiatan ini termasuk sebagai hal yang baru, setelah dikeluarkannya peraturan Bupati tahun 2018, tentang kewajiban mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh perangkat ohoi di Malra.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya jaminan keselamatan bagi aparatur ohoi dan diikuti oleh seluruh perangkat ohoi, yang tersebar di seluruh Kecamatan Kei Kecil Timur. Hal dinilai sangat penting sebagai wujud perlindungan BPJS dan Pemkab Malra, bagi perangkat-perangkat ohoi. Kegiatan yang sama, nantinya akan dilaksanakan pada seluruh 11 Kecamatan yang tersebar di Malra, pada tahun ini.

Dwi Ari Wibowo, Kepala Kantor KCP Tual disela wawancara dengan media ini mengungkapkan bahwa, peserta BPJS Ketenagakerjaan di Malra saat ini baru terdaftar sebanyal 50%. Hal itu diakui Ari disebabkan oleh faktor ketidaktahuan masyarakat tentang manfaat BPJS dan letak geografis kewilayaan Kabupaten Maluku Tenggara yang sulit untuk dijangkau.

“Targetnya pada awal tahun 2020 semua akan masuk menjadi peserta. Untuk tahun 2019 ini kami bertujuan memberikan sosialisasi saja dulu kepada ohoi-ohoi melalui kecamatan-kecamatan. Tahun 2020 kami berharap dengan adanya dana desa tersebut agar mereka semua dimasukan kedalam program BPJS ketenagakerjaan. Ini sekaligus untuk menjawab kewajiban pemerintah daerah dalam melindungi masyarakatnya,” ungkap Ari.

 

Menurut Ari, terdapat dua manfaat pokok yang didapatkan aparatur ohoi melalui jaminan BPJS Ketenagkerjaan yaitu jaminan kecelakaan dan jaminan kematian. Padahal, jika ditilik perlindungan tanpa batas yang ditawarkan pihak BPJS, hanya dibarengi dengan iuran yang relatif sangat kecil dan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat. Beberapa peserta yang hadir bahkan mengusulkan tentang jaminan hari tua bagi para aparatur ohoi dan kepala ohoi ketika memasuki masa purnabakti.

Mengingat pentingnya peran BPJS Ketenagakerjaan sebagai penjamin kehidupan masyarakat maka Ari berharap agar kedepan dukungan pemerintah daerah dapat diberikan dengan mengeluarkan regulasi yang dapat menguatkan BPJS ketenagakerjaan di daerah, dengan regulasi-regulasi dalam bentuk pergub dan perda. (pietres/LR)`

 

Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Ohoi Wulurat

Print
Category: Sosial
User Rating:  / 0

 

Gereja bukan terutama dilihat dari fisik gedung yang megah, tetapi sejauh mana peranan dan keberadaan gereja dalam membina dan mengembangkan iman umat.

Penerimaan Wakil Bupati Malra

 

Elat (Wulurat), suaradamai.com – Gereja adalah wadah sekaligus lambang untuk memperkokoh dan mempersatukan umat yang beriman, khususnya umat krsitiani. Gereja juga diharapkan agar menjadi bagian dari 3 tungku yang ada, Adat, Agam dan Kubni (Adat, Agama dan Pemerintah).

Demikian disampaikan Bupati Maluku Tenggara Drs. M. Thaher Hanubun dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Ir. Petrus Beruatwarin saat saat menghadiri acara Rafak Duad Ni Rahan (tutup atap Gereja) St. Antonius de Padua Stasi Wulurat, Kamis (12/09/2019).

"Gereja sebagai wadah dan satu kesatuan bagi umat kristiani," ungkapnya. Menurut Bupati, gereja juga dapat dimaknai sebagai bentuk dan wujud nyata kehidupan umat beriman sehingga diharapkan peranan dan keberadaan gereja khususnya Gereja St. Antonius de Padua Stasi Wulurat dapat berdampak nyata di tengah masyarakat.

"Peranan dan makna gereja bukan dilihat karena fisik gedung yang megah tetapi sejauh mana peranan dan keberadaan gereja dalam membina dan mengembangkan iman umat," tegas Bupati.

 

Baca juga: Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

 

Untuk itu, Bupati menegaskan bahwa Pemda Maluku Tenggara tetap dan akan terus-menerus memberikan perhatian dan bantuan serta dukungan dalam rangka pembangunan dan penyediaan sarana dan prasarana peribadatan untuk semua golongan.

Bupati juga berterima kasih kepada masyarakat Ohoi Wulurat yang telah berinisiatif membangun gedung gereja baru dengan acara Rafak Duad Ni Rahan (tutup atap gereja) yang sarat dengan nuansa adat. "Momen tutup atap gereja hari ini sarat dengan nilai-nilai adat dan kultur budaya yang telah diwarisi oleh leluhur semoga tetap dipertahankan dan dilestarikan," pungkasnya.

Sebelum lembaran daun seng pertama diangkat oleh beberapa Yan Vat yang sudah ditunjuk, Pastor Elly Ohoiled, SVD sebagai bagian dari Rahan Yam Rahangiar dan didampingi Pastor Fred Sarkol, MSC memimpin doa pemberkatan daun seng. Setelah itu, perwakilan Yan Vat mengangkat dan mengantar daun seng pertama dan menyerahkannya kepada tukang dan pekerja. Selanjutnya daun seng kedua oleh Wabup Malra dan seterusnya oleh undangan yang lainnya. (tarsytemorubun/nickleuw).

 

Wulurat - Tutup Atap  Gereja Wulurat

Sebanyak 4 perwakilan Vat Yan Ur ditunjuk untuk mengangkat daun seng yang pertama. Mereka juga menyiapkan masing-masing sebesar 5-10 juta rupiah sebagai pengalas tangan saat mengangkat daun seng. (Foto: Tarsy Temorubun).

 

Wulurat - Tutup atap Gereja Wulurat 2

Keluarga Wandan (Depur, Wakol dan Elat) saat mengangkat dan mengantar daun seng ke-3 kepada para tukang (Foto: Tarsy Temorubun).

 

Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

Print
Category: Sosial
User Rating:  / 0

 

Penetapan Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun sebagai Bapak Hip-hop Kepulauan Kei merupakan langkah maju bagi dunia hip-hop Malra. Berkat dukungan Bapak Hip-hop, Rapper Malra dapat mengukir prestasi membanggakan di kancah musik hip-hop nasional.

                  Gustavo Hurulean

Rapper Malra Gustavo berhasil keluar sebagai 10 besar pada kompetisi freestyle rap battle di Jakarta

 

Langgur, suaradamai.com Sejak dideklarasikan sebagai Bapak Musik Hip-hop Kepulauan Kei pada konser hip-hop di bekas lokasi Pasar Ohoijang, 16 Agustus 2019 lalu, Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun berjanji bahwa dirinya akan senantiasa mendukung kreasi dan kreatifitas anak Kei, secara khusus bagi generasi muda evav yang terhimpun dalam komunitas musik hip-hop. Janji Bupati Thaher ini direalisasikan kepada tiga anggota komunitas hip-hop Malra yang tergabung dalam komunitas Dewan Perwakilan Rapper (DPR) Suku Kei.

Prestasi generasi evav dalam kancah dunia musik hip-hop tanah air tak boleh dipandang sebelah mata. Hal ini terbukti dengan lolosnya salah satu anggota komunitas DPR Suku Kei atas nama Gustavo Ngutra Hurulean pada audisi Freestyle Battle yang dilaksanakan di Jakarta. Kendati demikian lolosnya Gustavo dalam audisi tidak dibarengi dengan kemampuan finansial yang cukup dari komunitas.

Gustavo dinyatakan lolos pada 5 September melalui audisi yang diikuti melalui media sosial, Instagram. Lolos audisi, bersama dua anggota komunitas DPR, Gustavo wajib berangkat untuk mengikuti lomba yang digelar pada 8 september di Jakarta. Rentang waktu yang singkat yang dibarengi dengan keterbatasan anggaran menjadi motivasi tersendiri bagi anggota komunitas untuk menemui Bapak Hip-hop Kepulauan Kei.

Jumat 6 September, Gustavo dan kedua temannya resmi bertemu secara langsung dengan Bupati Thaher. Dalam pertemuan tersebut Bupati Thaher memberikan apresiasi dan harapan yang tinggi serta bantuan berupa tiga tiket pesawat dan uang saku sebesar lima juta rupiah. Hal ini jelas menunjukkan keberpihakan Bupati Malra terhadap segala bentuk kreasi dan kreatifitas yang ditunjukan oleh generasi muda Evav.

Beta (Saya) selaku penasehat DPR Suku Kei bersama dengan beberapa teman ketemu dengan Bupati mau minta bantuan. Puji Tuhan katong (Kami) dapat bertemu dengan beliau. Beliau sangat antusias dan sangat mendukung katong. Katong dibantu 3 tiket pesawat ditambah uang lima juta untuk ke Jakarta tanggal 8 kemaren,” ungkap Bambang Rahayaan, Penasehat DPR Suku Kei.

Keikutsertaan Gustavo pada Freestyle Battle yang dilaksanakan di Plaza Indonesia, Jakarta, merupakan sebuah prestasi besar dalam dunia hip-hop Malra karena merupakan kompetisi pertama dengan perwakilan dari Bumi Larvul Ngabal. Dalam kompetisi nasional yang diikuti oleh seluruh perwakilan Provinsi di Indonesia ini, Gustavo berhasil mengukir prestasi dengan menempati posisi 10 besar. Dirinya merasa bangga dengan prestasi diukir sekaligus berterima kasih kepada Bupati Malra yang sangat mendukung musisi hip-hop evav di kancah nasional.

“Kami bertanding di Plaza Indonesia, Jakarta, membawa nama Evav di dunia hip-hop di tingkat nasional, dan bisa sampai di 10 besar. Ini sejarah hip hop di Maluku Tenggara. Baru kali ini Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam pemerintahan Bapak Bupati Thaher Hanubun membantu dan mendukung katong musisi hip-hop untuk ikut dalam ajang hip-hop tingkat nasional. Katong salut dan berterima kasih untuk beliau,” ungkap Gustavo.

Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

Print
Category: Sosial
User Rating:  / 0

 

Momentum tutup atap Gereja St. Antonius de Padua adalah kesempatan untuk menggali dan memunculkan kultur, adat dan budaya sebagai nilai-nilai dan kearifan lokal yang terancam punah karena pengaruh zaman

Suasana penerimaan Wakil Bupati Malra dan rombongan di atas makam Iksael Te Teen

Suasana penerimaan Wakil Bupati Malra dan rombongan di atas makam Iksael Te Te'en (Foto: FB. Kominfo Malra).

 

Elat (Wulurat), suaradamai.com – Ohoi Wulurat akhirnya menggelar prosesi adat dalam rangka It Rafak Duad Ni Rahan atau penutupan atap Gereja Katolik Santo Antonius De Padua. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir. Petrus Beruatwarin dan berlangsung khidmat, Kamis (12/09/2019).

Rangkaian kegiatan diawali dengan penyambutan Wabup Malra bersama rombongan oleh sosoi (tarian) penjemputan oleh sekelompok ibu dari Vat Yan Ur di pintu masuk jalan Wear Bael. Selanjutnya, rombongan Wabup Malra diantar anak-anak Ngefuit Atas dengan iringan bunyi tipal yang menggetarkan jiwa dan senandung seruling yang membela raga.

Pujian bermeterai yang menyulam kebersamaan dan merangkai persaudaraan antara Ohoi Ngefuit Atas dan Ohoi Wulurat. Semua ini menjadi simbol sebuah penghargaan dari Vat Yan Ur yang tak ternilai bagi Ko Yam Faak Wulurat. Iring-iringan lalu berlanjut menuju Makam Iksael Te Teen.

Makam Iksael Te Teen pun punya kisahnya tersendiri. Ketika diperhadapkan pada pilihan antara dimakamkan di bawah pohon atau goa atau di dalam tanah, Leluhur Ko Yam Faak memilih dimakamkan di Iksael, di atas tanah yang dikelilingi tembok batu. Tempat disemayamkan baran (laki-laki) 7 leluhur yang adalah pendiri Benteng Kot Ohowait dalam bentuk Iksael. Jenazah mereka direbahkan di atas susunan batu dan beralaskan piring sebagai tanda penghormatan atas jasa dan perjuangan mereka dalam membangun benteng Kot Ohoiwait yang masih terjaga berabad-abad sebagai tanda peradaban masyarakat Ko Yam Faak di Wulurat.

Doa Adat di Iksael dipimpin oleh Urbanus Sangur, salah satu putra dari Sarkol Yam, yang memohon kepada Tuhan dan leluhur agar merestui pekerjaan yang sedang dihadapi oleh Ko Yam Faak. "Dad nit amher im kulik batang ya'nab ubub aem fo am taha ledar ler i ti'ntut na'a soin ni har na'a wahan (kami minta kepada leluhur untuk menjaga dan melindungi anak cucu kami dalam menghadapi pekerjaan ini hingga sukses sampai tujuannya)," demikian doa adat dalam bahasa Kei yg disampaikan Sangur.

Wakil Bupati dan rombongan kemudian menaiki tangga masuk Benteng Ohoi Tua dan Woma El Walob Bael Nganu Wulurat. Menurut masyarakat setempat, El Walob Bael Nganu adalah tanat adat yang kaya akan peradaban, filsofi dan kultur peninggalan leluhur. Sementara percikan air dalam setiap proses adat mengandung arti penyucian diri. Percikan air dari sisi kiri menandai pembersihan dan penyucian diri, sedangkan percikan di sisi kanan bermakna harapan akan terang dan kemuliaan.

Tampilan Woma El Walob Bael Nganu menggambarkan sebuah maha karya peninggalan sejarah peradaban masa lalu, bukti kemegahan gaya arsitektur tangan trampil Ko Yam Faak. Thomas A Rahangiar saat membaca sinopsis mengatakan, Woma El Walob Bael Nganu adalah sebuah benteng yang memadu kekuatan yang menurut masyarakat Ko Yam Faak adalah benteng yang melambangkan martabat Ohoi Wulurat.

Bentuk Woma El Walob Bail Nganu adalah gaya arsitektur abad 14 yang diambil dari batu dalam pergumulan tiga musim timur (timur foka fatel), sementara musim timur masih menyisahkan misteri bebatuan gunung di sisi utara tembok melalui sisi timur. Bentuk asli Woma El Walob Bael Nganu adalah tembok batu Kot Ohoi Wait berukuran tinggi 7 meter terdiri dari 7 trap (tangga) yang kemudian direnovasi menjadi 4 trap (tangga) atas perintah kolonial Belanda hingga kini. Woma El Walob Bael Nganu berukuran panjang 40,5 meter, lebar 39,9 meter dengan ketebalan tembok batu 2 meter, masih seperti aslinya. Pintu depan (Vid Kerbau) berukuran lebar 1,5 meter di bagian utara dan pintu belakang (Vid Waluis) berukuran 2 meter di selatan.

Dalam sinopsis Thomas menjelaskan, sebagai benteng pertahanan, Woma El Walob Bael Nganu yang merupakan tembok batu Kot Ohoi Wait pada zamannya memiliki ornamen dua pintu rahasia yang terletak di sisi timur dan barat pada dasar tembok, 4 jendela pengintai di dua sudut barat dan selatan. Menurutnya, Woma El Walob Bael Nganu memiliki istana batu yang telah didirikan oleh keindahan cinta di mana jiwa bisa memuja dan hati berlutut merendahkan diri dan berdoa bagi leluhur segala kaum dan bangsa. Ia menjelaskan, Pelataran Woma terbagi atas 2 bagian, bagian atas berfungsi sebagai tempat maduvun sedangkan bagian bawah sebagai tempat pemasangan api kehidupan.

Pastor Fred Sarkol, MSC dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum tutup atap Gereja St. Antonius de Padua adalah kesempatan untuk menggali dan memunculkan kultur, adat dan budaya sebagai nilai-nilai dan kearifan lokal yang terancam punah karena pengaruh zaman. Hadir dalam acara tersebut Vat Yan Ur dan Mel Mang Ohoi maupun hubungan pertalian dan kekerabatan baik yang ada di Kei Kecil maupun di Kei Besar. (tarsytemorubun/NR)

 

Suasana penerimaan Wakil Bupati Malra dan rombongan di atas makam Iksael Te Teen 2

Suasana penerimaan Wakil Bupati Malra dan rombongan di atas makam Iksael Te Te'en (Foto: Tarsy Temorubun).

 

Sosial

dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

Kamis, 19 September 2019
dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

  Kendati tidak diimbangi dengan kemampuan renang yang baik, dr. Auldrich Huka termasuk dalam kelompok penumpang longboat BUMO Watkidat yang selamat. Hal ini justru menjadi kesaksian iman tersend...

BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

Rabu, 18 September 2019
BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

  Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tenggara belum mencapai target yang memuaskan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dinilai perlu untuk memberikan regulasi-regulasi yang mendukung...

Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

Senin, 16 September 2019
Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

  Penetapan Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun sebagai Bapak Hip-hop Kepulauan Kei merupakan langkah maju bagi dunia hip-hop Malra. Berkat dukungan Bapak Hip-hop, Rapper Malra...

Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Ohoi Wulurat

Minggu, 15 September 2019
Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Ohoi Wulurat

  Gereja bukan terutama dilihat dari fisik gedung yang megah, tetapi sejauh mana peranan dan keberadaan gereja dalam membina dan mengembangkan iman umat.   Elat (Wulurat), suaradamai.com – G...

Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

Sabtu, 14 September 2019
Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

  Momentum tutup atap Gereja St. Antonius de Padua adalah kesempatan untuk menggali dan memunculkan kultur, adat dan budaya sebagai nilai-nilai dan kearifan lokal yang terancam punah karena penga...

Longboat BUMO Watkidat Terbalik, Berikut Daftar Korban Selamat dan Meninggal

Sabtu, 14 September 2019
Longboat BUMO Watkidat Terbalik, Berikut Daftar Korban Selamat dan Meninggal

    Dr. Auldrich salah satu korban selamat longboat BUMO Watkidat ketika diwawancarai awak media (Foto: Piet Res).   Langgur, suaradamai.com – Tenggelamnya longboat BUMO Watkidat yang m...

Tragis! Longboat Berpenumpang 40 Orang Terbalik, Telan Korban Jiwa

Sabtu, 14 September 2019
Tragis! Longboat Berpenumpang 40 Orang Terbalik, Telan Korban Jiwa

  Kecelakaan laut kembali terjadi di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara. Ironisnya, peristiwa nahas ini justru terjadi pada saat BMKG telah mengeluarkan warning atau peringatan untuk tidak...

Prosesi Adat Akan Warnai Kegiatan Tutup Atap Gereja Wulurat

Kamis, 12 September 2019
Prosesi Adat Akan Warnai Kegiatan Tutup Atap Gereja Wulurat

  Pemasangan atap gereja dilihat sebagai kesempatan untuk mempromosikan Ohoi Wulurat sebagai desa wisata budaya. Oleh karena itu, kegiatan ini akan diwarnai dengan prosesi adat. Kegiatan ini juga...

Mengharukan! Istri Wakili Almarhum Suami Saat Wisuda Akper Tual

Senin, 09 September 2019
Mengharukan! Istri Wakili Almarhum Suami Saat Wisuda Akper Tual

  Ibu Juliana Rahayaan Amd.Kep yang adalah salah satu wisudawan, juga harus mewakili suaminya Bapak (Alm.) Derek Jopy Renhoran Amd.Kep yang juga seharusnya diwisudakan pada kesempatan tersebut te...

GKC Berinisiatif Perkenalkan Kembali Permainan Tradisional

Senin, 02 September 2019
GKC Berinisiatif Perkenalkan Kembali Permainan Tradisional

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   Ketergantungan anak pada gadget menyebabkan permainan tradisional mulai ditinggalkan. Padahal, permainan tradisional diyakini memiliki banyak...

Inovatif! Kreatifitas Seni Ukir Pasir Ala Komunitas MCF Patut Diapresiasi

Minggu, 01 September 2019
Inovatif! Kreatifitas Seni Ukir Pasir Ala Komunitas MCF Patut Diapresiasi

  Generasi muda Evav yang tergabung dalam Komunitas MCF berhasil menyuguhkan bentuk berbeda dari pengembangan pariwisata kreatif di Maluku Tenggara. Dengan mengandalkan keunikan pasir Kepulauan K...

Peserta BLK Asal Malra di Kota Ambon Keluhkan Perhatian Pemda

Sabtu, 31 Agustus 2019
Peserta BLK Asal Malra di Kota Ambon Keluhkan Perhatian Pemda

  Peserta pelatihan asal Malra di BLK Ambon   Ambon, suaradamai.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) telah mengirimkan 31 orang...

PMKRI Malra Pertanyakan Transparansi dan Akuntabilitas Seleksi Sekda Malra

Sabtu, 31 Agustus 2019
PMKRI Malra Pertanyakan Transparansi dan Akuntabilitas Seleksi Sekda Malra

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   PMKRI Malra mengharapkan adanya transparansi dan akuntabilitas pada proses seleksi Sekda Malra. Meski menjadi ‘hak perogratif’ Bupari, pengangkat...

Jemaah Haji Maluku Tenggara Tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur

Kamis, 29 Agustus 2019
Jemaah Haji Maluku Tenggara Tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Usai melaksanakan ibadah haji, 25 jemaah haji asal Kabupaten Maluku Tenggara tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur. Tibanya kelompok pertama...

Mobil Penumpang Terbalik di Pertigaan Soinrat Ngurdu

Rabu, 28 Agustus 2019
Mobil Penumpang Terbalik di Pertigaan Soinrat Ngurdu

  Penulis: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw.   Kondisi mobil penumpang yang terbalik (Foto: Tarsy Temorubun).   Elat (Ngurdu), suaradamai.com – Warga di Ohoi Ngurdu dan Soinrat Kec...

Jelajah Tanah Kei, Tim Gowes TSM Polda Maluku Disambut Meriah Warga

Senin, 26 Agustus 2019
Jelajah Tanah Kei, Tim Gowes TSM Polda Maluku Disambut Meriah Warga

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   Selain kemeriahan sambutan warga, Tim Gowes TSM Maluku punya pengalaman tersendiri ketika menjelajah sebagian wilayah di Kepulauan Kei, terut...

Lepas Tim Gowes TSM Polda Maluku, Wali Kota Tual Serukan Bangun Budaya Bersepeda

Jumat, 23 Agustus 2019
Lepas Tim Gowes TSM Polda Maluku, Wali Kota Tual Serukan Bangun Budaya Bersepeda

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   “Bagimana mungkin setiap warga negara dapat diharapkan perannya dalam pelaksanaan tugas pembangunan bila ternyata kondisinya tidak dalam kead...

Kaka Enda, Teriakan Ketakutan dan Semangat Nasionalisme di Jembatan Tua Dian Pul...

Kamis, 22 Agustus 2019
Kaka Enda, Teriakan Ketakutan dan Semangat Nasionalisme di Jembatan Tua Dian Pulau-Tetoat

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Kado manis masyarakat Hoat Sorbay dan Kei Kecil Barat diberikan kepada Ibu Pertiwi dengan mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan. Kendati h...

Uskup Mandagi Kecam Tindakan Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua

Kamis, 22 Agustus 2019
Uskup Mandagi Kecam Tindakan Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua

  Penulis: Nick Renleuw. Editor: Nick Renleuw   Aparat Kepolisian Republik Indonesia harus segera menangkap orang-orang yang melaksanakan tindakan rasisme. Alasan apa pun tidak dapat membena...

Beruatwarin Ajak Masyarakat Malra Agar Tidak Terpengaruh dengan Situasi di Papua

Rabu, 21 Agustus 2019
Beruatwarin Ajak Masyarakat Malra Agar Tidak Terpengaruh dengan Situasi di Papua

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Persoalan yang menimpa mahasiswa Papua di Jawa Timur telah menjadi masalah nasional. Realitas ini memantik kemarahan berbagai elemen masyarakat d...

Dihadiri Forkopimda, Danlanal Tual Pimpin Upacara Tabur Bunga

Selasa, 20 Agustus 2019
Dihadiri Forkopimda, Danlanal Tual Pimpin Upacara Tabur Bunga

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Danlanal Tual: Tanpa para pahlawan, belum tentu hari ini kita dapat merayakan kemerdekaan. Danlanal Tual Letkol Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa...

Delapan Pemuda Somlain Kibarkan Bendera di Bawah Laut Mituloloy Tanpa Scuba

Senin, 19 Agustus 2019
Delapan Pemuda Somlain Kibarkan Bendera di Bawah Laut Mituloloy Tanpa Scuba

  Penulis Gerry, editor Labes Remetwa     Langgur (Somlain), suaradamai.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, delapan pemuda/...

Kecamatan Kei Kecil Barat Sukses Laksanakan Upacara HUT Ke-74 RI

Sabtu, 17 Agustus 2019
Kecamatan Kei Kecil Barat Sukses Laksanakan Upacara HUT Ke-74 RI

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Pelaksanaan detik-detik proklamasi di Kecamatan Kei Kecil Barat patut mendapatkan apresiasi. Kendati barupertama kalinya dilaksanakan di luar pus...

Tarian Warga Muslim Elat Sambut Kedatangan Material Gedung Gereja Wulurat

Sabtu, 17 Agustus 2019
Tarian Warga Muslim Elat Sambut Kedatangan Material Gedung Gereja Wulurat

  Penulis: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw.   Sarkol: Agama boleh berbeda tetapi pertalian adat kami tetap satu, baik susah maupun senang. Suasana pembongkaran material untuk pembangun...

Peringatan HUT Ke-74 RI Disambut Meriah di Ohoi Fako

Sabtu, 17 Agustus 2019
Peringatan HUT Ke-74 RI Disambut Meriah di Ohoi Fako

  Penulis: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw.   Selain lomba gerak jalan, ada juga kegiatan seperti goyang meti Kei, tarian sosoi adat, panjat pinang, dan kegiatan hiburan lainnya. Suasa...

Selamat Jalan Pater Izak Resubun, MSC. Ad Vitam Aeternam!

Jumat, 16 Agustus 2019
Selamat Jalan Pater Izak Resubun, MSC. Ad Vitam Aeternam!

  Penulis: Nick Renleuw (dari berbagai sumber).   “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara  kecil, aku akan memberikan kepadamu ta...

Pastor Serin Lantik Pengurus Kelompok Orang Tua Religius Katolik Wilayah Kei Bes...

Kamis, 15 Agustus 2019
Pastor Serin Lantik Pengurus Kelompok Orang Tua Religius Katolik Wilayah Kei Besar

  Penulis: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw.   "Kelompok Orang Tua Religius dibentuk terutama untuk mendoakan dan secara moril memberikan dukungan kepada kaum religius Katolik dalam men...

Semarak Peringatan HUT RI Ke-74 di Kecamatan Kei Kecil Barat

Rabu, 14 Agustus 2019
Semarak Peringatan HUT RI Ke-74 di Kecamatan Kei Kecil Barat

  Penulis Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Berbagai kegiatan yang digelar pemerintah Kecamatan Kei Kecil Barat untuk menyemarakan Peringatan HUT RI Ke-74 merupakan wujud kegiatan partisi...

EMS Banggakan Nama Evav di Mata Dunia. Bupati Hanubun: Ini Berkat Tuhan dan Lelu...

Selasa, 13 Agustus 2019
EMS Banggakan Nama Evav di Mata Dunia. Bupati Hanubun: Ini Berkat Tuhan dan Leluhur

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Evav Madrigal Singers (EMS) berhasil mengemban tanggungjawab moral sebagai duta budaya evav pada ajang Bali Internasional Choir Festival. Selain...

Wali Kota Lantik Pengurus LPPD Pesparawi Kota Tual

Senin, 12 Agustus 2019
Wali Kota Lantik Pengurus LPPD Pesparawi Kota Tual

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Penyelenggaraan Pesparawi di Kabupaten Kepulauan Aru akan berdekatan dengan penyelenggaraan Pesparani di Kota Tual pada 2020 mendatang. Sebaga...

Resmi Jabat Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Bupati Hanubun Beri...

Senin, 12 Agustus 2019
Resmi Jabat Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Bupati Hanubun Beri Dukungan Kepada Uskup Mandagi

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Penunjukan Mgr. P. C. Mandagi MSC sebagai Administrator Keuskupan Agung Merauke oleh Tahta Suci ditanggapi Bupati Maluku Tenggara. Bupati Hanubun...

Bupati Malra Meletakkan Batu Penjuru Gedung Gereja Baru Ohoidertawun

Kamis, 08 Agustus 2019
Bupati Malra Meletakkan Batu Penjuru Gedung Gereja Baru Ohoidertawun

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Pembangunan sarana peribadatan mutlak diperlukan sebagai pusat bagi pembinaan manusia di Maluku Tenggara yang berkualitas. Untuk alasan tersebut P...

Ratapan Ribuan Warga Timika Iringi Pemakaman Uskup Saklil

Kamis, 08 Agustus 2019
Ratapan Ribuan Warga Timika Iringi Pemakaman Uskup Saklil

  Penulis: Nick Renleuw (dari berbagai sumber). Editor: Nick Renleuw.   Uskup Saklil tidak hanya berjasa bagi Gereja Katolik, tapi bagi seluruh rakyat Papua. Ia berbicara tentang isu-isu pub...

Yohanes Maria Vianney, Teladan dan Pelindung Para Imam Diosesan

Rabu, 07 Agustus 2019
Yohanes Maria Vianney, Teladan dan Pelindung Para Imam Diosesan

  Penulis: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw   Pastor Poly Serin berharap, contoh dan keteladanan Santo Yohanes Maria Vianney sebagai Pelindung Para Imam Projo, dapat menginspirasi para...

Uskup Terakhir Asal Kei dan Maluku Mgr. John Philip Saklil Tutup Usia

Sabtu, 03 Agustus 2019
Uskup Terakhir Asal Kei dan Maluku Mgr. John Philip Saklil Tutup Usia

  Reporter: Nick Renleuw. Editor: Nick Renleuw    Mgr. John Philip Saklil   Timika, PT - Kepulauan Kei kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Mgr. John Philip Saklil, Usku...

Guna Pemantapan Tugas Pelayanan, GPM Klasis Kei Besar Gelar Lokakarya

Sabtu, 03 Agustus 2019
Guna Pemantapan Tugas Pelayanan, GPM Klasis Kei Besar Gelar Lokakarya

  Reporter: Tarsy Temorubun. Editor: Nick Renleuw. Foto bersama para peserta lokakarya usai acara pembukaan (Foto: Tarsy Temorubun).   Elat (Ngat), suaradamai.com – Gereja Protestan Maluku K...

Perdana di Indonesia Timur! Trash Hero Deklarasikan GSZP di SMP dan SMA Seminari...

Rabu, 24 Juli 2019
Perdana di Indonesia Timur! Trash Hero Deklarasikan GSZP di SMP dan SMA Seminari Langgur

  Reporter: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw Rektor dan Para Guru Seminari Langgur bersama Komunitas Trash Hero Kepulauan Kei berfoto bersama dalam deklarasi Green School Zero Plastic (Foto: Ge...

Sekda Tual: Pers adalah Salah Satu Pilar dan Ujung Tombak Pembangunan Daerah

Sabtu, 20 Juli 2019
Sekda Tual: Pers adalah Salah Satu Pilar dan Ujung Tombak Pembangunan Daerah

  Reporter: Nick Renleuw. Editor: Nick Renleuw. Sekda Tual Ahmad Yani Renuat, S.Sos., M.Si. dan Mantan Plt. Sekda Tual Drs. Muuti Matdoan, M.Si. bersama para awak media (Foto: Nick Renleuw). &nbs...

Kunjungan Spontan Bupati Thaher Tinggalkan Kesan Mendalam Bagi Pastor Yopi Sumak...

Rabu, 17 Juli 2019
Kunjungan Spontan Bupati Thaher Tinggalkan Kesan Mendalam Bagi Pastor Yopi Sumakud dan Alex Welerubun

  Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Secara spontan Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun mengunjungi dan mendengarkan curahan hati serta mohon doa restu para imam sesepuh MSC...

Evav Madrigal Singers Dilepas Bupati Malra Menuju Bali International Choir Festi...

Senin, 15 Juli 2019
Evav Madrigal Singers Dilepas Bupati Malra Menuju Bali International Choir Festival

  Reporter/Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Evav Madrigal Singers (EMS) adalah paduan suara yang bermateri penyanyi dari tiga golongan agama (Islam, Katolik dan Protestan). Semangat...

Hadapi Tantangan Zaman, Anak-Anak Harus Disiapkan

Jumat, 12 Juli 2019
Hadapi Tantangan Zaman, Anak-Anak Harus Disiapkan

  Reporter/Penulis Tarsy Temorubun, editor Labes Remetwa Suasana Libur Ceria Anak dan Remaja. (Foto. Tarsy Temorubun)   Rahareng (Elat), suaradamai.com – Berbicara anak sama dengan tunas, se...

Sidang Sinode, Momen Penentuan Arah Keuskupan Amboina

Jumat, 12 Juli 2019
Sidang Sinode, Momen Penentuan Arah Keuskupan Amboina

  Reporter/Penulis Tarsy Temorubun, editor Labes Remetwa Suasana Sidang Pleno Sinode Keuskupan Amboina Wilayah Kei Besar. (Foto. Tarsy Temorubun)   Elat, suaradamai.com – Pelaksanaan Pleno S...

Lantamal IX Tingkatkan Sinergitas Melalui Komsos dengan Masyarakat Negeri Tial

Jumat, 12 Juli 2019
Lantamal IX Tingkatkan Sinergitas Melalui Komsos dengan Masyarakat Negeri Tial

  Sumber Dispen Lantamal, editor Labes Remetwa Suasana Komunikasi Sosial (Komsos) di Negeri Tial. (Dok. Dispen Lantamal IX)   Langgur (Ambon), suaradamai.com – Untuk meningkatkan sinergitas...

TNI Lewat TMMD Bersinergi Dengan Pemda Malra Bangun Ohoidertavun

Kamis, 11 Juli 2019
TNI Lewat TMMD Bersinergi Dengan Pemda Malra Bangun Ohoidertavun

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   TNI adalah mitra pemerintah daerah dalam membangun masyarakat. Pelaksanaan TMMD oleh Kodim 1503 di Ohoidertavun merupakan bukti sinergitas antara...

Kodim 1503 Malra Bersinergi Bersama Pemda Bangun Ideologi Pancasila di Nuhu Evav

Rabu, 10 Juli 2019
Kodim 1503 Malra Bersinergi Bersama Pemda Bangun Ideologi Pancasila di Nuhu Evav

  Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Kesadaran akan pentingnya perbedaan sebagai kekayaan bangsa dalam bingkai ideologi Pancasila merupakan salah tujuan pelaksanaan TMMD Kodim 1503 Mal...

Gereja Katolik Wilayah Kei Kecil Gelar Sidang Pleno Sinode Tahap III

Senin, 08 Juli 2019
Gereja Katolik Wilayah Kei Kecil Gelar Sidang Pleno Sinode Tahap III

  Tim Redaksi   Sidang Sinode dilaksanakan dalam empat tahap. Puncaknya, Sinode Keuskupan Amboina, akan dilaksanakan pada 9 sampai 15 September 2019 di Ambon. Hasilnya akan menentukan arah k...

Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, BNN Kota Tual Orasikan Keselamatan Ka...

Sabtu, 06 Juli 2019
Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, BNN Kota Tual Orasikan Keselamatan Kaum Milenial

  Penulis Gerry Ngamel, editor Labes Remetwa   “Saya meyakini bahwa kita semua berhutang pada generasi milenial. Berhutang untuk melakukan satu tindakan pencegahan, serta berhutang pula untu...

Presiden Joko Widodo Ucap Terima Kasih Kepada Masyarakat Malra dan Umat Katolik...

Sabtu, 06 Juli 2019
Presiden Joko Widodo Ucap Terima Kasih Kepada Masyarakat Malra dan Umat Katolik Kei

  Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Kendati dibarengi dengan beragam protes dari berbagai pihak terkait hasil rekapitulasi suara, Kabupaten Maluku Tenggara telah berhasil menerapkan P...

Ngabalin dan Hanubun Hadiri Pemberkatan PAUD dan Biara Suster Tarekat The Angels

Selasa, 02 Juli 2019
Ngabalin dan Hanubun Hadiri Pemberkatan PAUD dan Biara Suster Tarekat The Angels

  Penulis Piet Res, editor Linus Remetwa   Para Suster The Angels resmi memiliki biara di Langgur. Kendati terhitung masih sangat baru, sejatinya di Kepulauan Kei para misionaris memiliki pe...

Walikota Tual Apresiasi Kegiatan Halal Bi Halal yang Digelar Pemuda Fidvavot

Senin, 01 Juli 2019
Walikota Tual Apresiasi Kegiatan Halal Bi Halal yang Digelar Pemuda Fidvavot

  Reporter: Nick Renleuw Walikota Tual Adam Rahayaan saat menyampaikan sambutan. (Foto. Nick Renleuw)   Tual, suaradamai.com - Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamng...

Pertama Kali Sejak Puluhan Tahun Berlalu, Pemo Debut Salurkan Bantuan ke Keluarg...

Senin, 01 Juli 2019
Pertama Kali Sejak Puluhan Tahun Berlalu, Pemo Debut Salurkan Bantuan ke Keluarga Muslim

  Reporter Gerry Ngamel, editor Linus Remetwa Penjabat Kepala Ohoi Debut Walterus Letsoin menyerahkan bantuan kepada Imam Masjid Al Huda Debut Ridwan Letsoin. (Foto. Gerry Ngamel)   Langgur...

Ali Mochtar Ngabalin Pulang Kei

Jumat, 28 Juni 2019
Ali Mochtar Ngabalin Pulang Kei

  Reporter: Nick Renleuw Kiri ke kanan: Plt. Sekda Malra M. Teslatu, Staf Ahli Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin, Kapolres Malra Indra Fadilah Siregar, Wabup Malra Petrus Beruatwarin. (Foto. Nick...

Pererat Tali Silaturahmi Danlantamal IX Ambon Laksanakan Halal Bihalal

Senin, 17 Juni 2019
Pererat Tali Silaturahmi Danlantamal IX Ambon Laksanakan Halal Bihalal

  Sumber Dispen Lantamal IX, editor Linus Remetwa Suasana Pembersihan Pantai Lantamal IX. (Dok. Dispen Lantamal IX)   Langgur/Ambon, suaradamai.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan La...

Lantamal IX Peringati Peristiwa Paskah dan Pentakosta Tahun 2019

Senin, 17 Juni 2019
Lantamal IX Peringati Peristiwa Paskah dan Pentakosta Tahun 2019

  Sumber Dispen Lantamal IX, editor Linus Remetwa Suasana Ibadah Paskah di Gereja Mahanaim Lantamal IX Ambon. (Dok. Dispen Lantamal IX)   Langgur/Ambon, suaradamai.com – Keluarga besar umat...

Pemkab Malra Alokasi Dana Hibah Rumah Ibadah Tiga Agama

Kamis, 13 Juni 2019
Pemkab Malra Alokasi Dana Hibah Rumah Ibadah Tiga Agama

  Penulis Piet Resok, editor Linus Remetwa Bupati Malra, Muhammad Thaher Hanubun. (Dok. Humas Malra)   Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) mengalo...

Menjaga Persatuan Antar Sesama, Ibu-ibu Majelis Ta’alim Depur Gelar Dikir

Kamis, 13 Juni 2019
Menjaga Persatuan Antar Sesama, Ibu-ibu Majelis Ta’alim Depur Gelar Dikir

  Reporter Tarsi Temorubun, editor Linus Remetwa Suasana dikir di Masjid Nurul Huda Depur. (Foto. Tarsi Temorubun)   Elat, suaradamai.com – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijri...

Kepala Staf Angkatan Udara RI Resmi Diangkat Jadi Anak Adat Kei

Rabu, 12 Juni 2019
Kepala Staf Angkatan Udara RI Resmi Diangkat Jadi Anak Adat Kei

  Penulis, Piet Res   Kepala Staf Angkatan Udara Republik Indonesia mengunjungi Kepulauan Kei. Misi pembangunan sistem pertahanan di wilayah timur dan silaturahmi bersama Lanud Dumatubun, me...

Pesan Dandim 1503/Tual dan Kapolres Malra Bagi Generasi Muda Kei

Rabu, 05 Juni 2019
Pesan Dandim 1503/Tual dan Kapolres Malra Bagi Generasi Muda Kei

  Reporter Gerry Ngamel, editor Linus Remetwa Kiri ke kanan: Kapolres, Danlanud, Danlanal, dan Dandim. (Foto. Gerry Ngamel)   Langgur, suaradamai.com – Perjuangan panjang para pendahulu dala...

Jelang Idul Fitri, Polres Malra dan Kodim 1503/Tual Bangun Sinergitas Jaga Kambt...

Minggu, 02 Juni 2019
Jelang Idul Fitri, Polres Malra dan Kodim 1503/Tual Bangun Sinergitas Jaga Kambtibmas

  Reporter Gerry Ngamel, editor Linus Remetwa Foto bersama Forkopimda Malra. (Foto. Gerry Ngamel)   Langgur, suaradamai.com – Dalam rangka menjaga kambtibmas di Kabupaten Maluku Tenggara (Ma...

BNI Tual Gelar Program Bingkisan Ramadhan 1440 Hijriah

Jumat, 31 Mei 2019
BNI Tual Gelar Program Bingkisan Ramadhan 1440 Hijriah

Reporter: Nick Renleuw Kepala BNI Kantor Cabang Ambon, Dionne Elizabeth Limmon, ketika secara simbolis memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Tual (Foto: Nick Renleuw).   Tual,...

«
||
»

e-Paper Majalah & Pilar Timur

Tentang Kami