Breaking News

Nasional

Aprindo Gelar Munas VII, Raubun Hadir Wakili DPD Papua

Print
Category: Nasional
User Rating:  / 0

 

Munas Aprindo VII diikuti 119 peserta yang merupakan perwakilan dari DPP, DPD dan DPC se-Indonesia. DPD Aprindo Papua mengutus Tajudin Raubun (Ketua) dan Aryanto Nugroho (Bendahara) untuk hadir dalam kegiatan dimaksud.

 Suasana Munas Aprindo VII - 121119 - Tajudi Raubun

Suasana Munas Aprindo VII (Foto: Dok. Tajudin Raubun).

 

Jakarta, suaradamai.com – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VII Tahun 2019 yang berlangsung di Hotel Aryaduta Jakarta, Selasa (12/11/2019). Munas Aprindo VII ini antara lain dimaksudkan untuk memilih kepengurusan baru dan membahas program kerja untuk periode 2019-2023.

Munas Aprindo VII diikuti oleh sebanyak 119 peserta yang merupakan perwakilan dari DPP, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Indonesia. DPD Aprindo Papua mengutus Tajudin Raubun (Ketua) dan Aryanto Nugroho (Bendahara) untuk hadir dalam kegiatan dimaksud.

Menurut Raubun, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aprindo Roy Nicolas Mandey dalam sambutannya ketika membuka Munas Aprindo VII antara lain menegaskan bahwa Aprindo bersama dengan lebih dari 400 anggotanya selama ini merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional.

"Ritel selama ini telah memberikan kontribusi aktif, riil, penyerapan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga membuka investasi," ujarnya sebagaimana disampaikan oleh Raubun kepada Pilar Timur/suaradamai.com.

Oleh karena itu, di hadapan Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto yang turut hadir, Mandey mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan 11 November sebagai Hari Ritel Nasional.

Dinamika Munas menghadirkan dua kandidat calon Ketua DPP atas nama Roy Nicolas Mandey (petahana) dan Handoko. Dari total 119 peserta yang hadir, sebanyak 67 peserta menjatuhkan pilihannya pada Roy Nicolas Mandey sementara 33 peserta memilih Handoko. Dengan demikian, Roy Nicolas Mandey terpilih kembali menjadi Ketua DPP Aprindo periode 2019-2023. (fransiskussirken/NR)

 


11 November diusulkan sebagai Hari Ritel Nasional. Roy Nicolas Mandey terpilih kembali menjadi Ketua DPP Aprindo periode 2019-2023.


Comments ()

Presiden Tinjau Posko Pengungsi Pascagempa di Ambon

Print
Category: Nasional
User Rating:  / 0

 

Presiden bersama sejumlah menteri meninjau posko pengungsi. Pemerintah Pusat tetap ada untuk membantu masyarakat Maluku.

Presiden Jokowi - Gempa Maluku - 291019 - Chintia

Presiden membagikan buku kepada para siswa di tempat pengungsian. (Foto. Chintia S)

 

Ambon, suaradamai.com– Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana meninjau langsung posko pengungsi pascagempa di Kampus Universitas Darussalam, Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/10/19). Mereka yang mengungsi merupakan penyintas gempa Magnitudo 6,5 yang mengguncang wilayah Maluku pada 26 September 2019 lalu.

Presiden Jokowi dalam sambutannya kembali mengingatkan bahwa Indonesia berada di kawasan cincin api sehingga potensi gempa dan tsunami selalu ada di Indonesia. Sejarah mencatat gempa dan tsunami pernah terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti Aceh, Padang, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, hingga beberapa tahun terakhir di Nusa Tenggara Barat, Palu dan Donggala, termasuk pula di Maluku.

Kita tidak ingin (bencana, red), dan selalu memohon kepada Allah SWT agar kita selalu dihindarkan dari yang namanya gempa dan tsunami. Tetapi kalau memang Allah sudah berkehendak, ya kita harus menerima dan siap, kata Presiden.

 

Baca juga: Lagi! ACT Salurkan Bantuan Logistik Bagi Pengungsi Gempa Maluku

 

Menurut laporan yang diterima Presiden dari Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, ada sekitar 12.137 unit rumah yang rusak akibat gempa Maluku. Rinciannya, 2.712 unit rumah rusak berat, 3.317 unit rumah rusak sedang, dan 6.108 unit rumah rusak ringan.

Laporan tadi malam yang saya terima dari Pak Gubernur dan dari Pak Kepala BNPB ada kurang lebih 12 ribu lebih rumah yang rusak berat rumah, rusak ringan, rumah yang rusaknya sedang, imbuhnya.

Sementara data korban, meninggal dunia sebanyak 41 orang, luka ringan 226 orang, luka berat 2 orang, dan yang mengungsi sebanyak 103.301 jiwa.

Presiden menjelaskan, anggaran di Kementerian PUPR dan BNPB telah dialokasikan untuk perbaikan rumah-rumah yang rusak akibat terdampak gempa. Bantuan untuk perbaikan rumah akan disalurkan setelah menjalani sejumlah prosedur.

Kita juga menunggu agar gempanya itu sedikit reda. Ini kalau malam saya dengar masih ada gempa kecil-kecil, begitu ya Semoga itu cepat hilang sehingga pembangunan rumah bisa dikerjakan oleh masyarakat yang nanti dikoordinasi oleh pemerintah daerah, dengan anggarannya dari pusat,” ujarnya.

 

Baca juga: Maluku Tuan Rumah Peringatan Bulan PRB 2020

 

Besaran bantuan untuk perbaikan rumah warga yakni Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan. Presiden mengatakan jumlah tersebut sama seperti yang diberikan di daerah terdampak gempa lainnya.

Kalau ditanya cukup atau tidak cukup, terserah bapak ibu semuanya. Yang penting, yang kita lihat seperti di NTB, di Palu, dengan anggaran yang ada, ini rumah saya lihat di NTB sudah hampir selesai dan juga bisa diselesaikan, katanya.

Pada kesempatan itu, Pesiden juga meminta jajaran pemerintahan di daerah seperti camat dan lurah untuk turut memantau dan mengawasi anggaran tersebut. Mengingat anggaran tersebut akan langsung diberikan kepada masyarakat terdampak gempa.

Terkait pembangunan rumah warga yang rusak, Presiden berharap agar masyarakat membangun rumah dengan konsep rumah tahan gempa seperti halnya di NTB. Pembangunan konstruksi rumah warga akan diarahkan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ada macam-macam, ada yang pakai beton, ada yang sistem RISHA, jadi kalau ada gempa itu yang goyang hanya konstruksinya tetapi dinding dan lainnya tetap. Saya kira kita harus mengikuti itu, tandasnya.

 

Baca juga: Gereja MCC - Yayasan Ekamel Serahkan Bantuan ke Maluku

 

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Bupati Maluku Tengah.

Sementara itu, Gubernur Maluku mengapresiasi kehadiran Presiden sebagai kepala negara di tengah-tengah masyarakat penyintas gempa. Gubernur mengatakan, Presiden telah menghubunginya pada minggu lalu melalui saluran telepon, dan mengatakan akan datang ke Ambon seusai pelantikan Presiden.

Saat ini, beliau betul-betul tepati janji. Saya minta agar kita semua percaya bahwa pemerintah pusat melalui Bapak Presiden dan seluruh menterinya tidak tinggal diam melihat situasi yang ada di Maluku,”

Beliau mengatakan kepada kami, Gubernur jangan merasa sendiri. Menteri PUPR pun demikian, Bapak Menteri Perhubungan juga demikian, bahwa Bapak Gubernur dan masyarakat Maluku jangan merasa sendiri, kami siap untuk membantu Maluku, ungkapnya.

Selain berdialog dengan masyarakat, Presiden juga mengunjungi para pasien di rumah sakit darurat RUSD dr. Ishak Umarella Tulehu dan pusat pelayanan dukungan psikososial dan trauma healing di posko darurat penanggulangan bencana. (chintias/linusremetwa)

Comments ()

ASN Kemendagri dan BNPP Mendukung Penuh Kepemimpinan Tito Karnavian

Print
Category: Nasional
User Rating:  / 0

 

Jenderal (Purn) Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D., ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Mendagri dan Kepala BNPP Kabinet Indonesia Maju. Ia mendapatkan dukungan penuh dari ASN Kemendagri dan BNPP yang disampaikan oleh Sekjen Kemendagri pada kesempatan apel perdananya.

Mendagri Tito Karnavian - 241019 - Chintia

Mendagri dan Kepala BNPP Jenderal (Purn) Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D memberikan keterangan kepada awak media usai memimpin apel perdana di Kemendagri (Foto: Puspen Kemendagri).

 

Jakarta, suaradamai.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) dan segenap Keluarga Besar Kemendagri dan BNPP mendukung sepenuhnya kepemimpinan dan setiap program-program strategis Jenderal (Purn) Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2019-2024. Dukungan tersebut diungkapkan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo usai melaksanakan apel seluruh pegawai lingkup Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Halaman Utama Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

"Kami segenap keluarga besar Kemendagri dan BNPP mendukung penuh kepemimpinan Bapak Tito Karnavian sebagai Mendagri dalam menjalankan program-program strategisnya melaksanakan visi dan misi Bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024. Kami siap menerima arahan, amanat, dan apa yang diinstruksikan Bapak Mendagri," kata Sekjen Hadi Prabowo.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum yang juga Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar, menyatakan dukungan yang sama. Menurutnya, Bapak Tito Karnavian merupakan sosok yang tepat dalam memimpin Kemendagri sebagai poros pemerintahan dalam negeri.

"Sosok Pak Tito Karnavian ini adalah orang yang tepat untuk duduk di kursi Mendagri. Saya meyakini, prestasinya memimpin institusi kepolisian maupun pengalaman akademis lainnya menjadikan ia sosok yang dapat memajukan visi-misi Bapak Presiden dan Wakil Presiden di bidang Pemerintahan Dalam Negeri," ujar Bahtiar.

Tito Karnavian merupakan mantan orang nomor satu di jajaran Kepolisian RI. Ia diamanatkan sebagai Mendagri untuk periode 2019-2024 dan bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Dalam amanatnya sebagai pemimpin apel, Tito Karnavian menyampaikan bahwa visi-misi Presiden Joko Widodo perlu dukungan semua pihak, tak hanya jajaran kabinetnya saja, tetapi seluruh ASN dan masyarakat di Indonesia untuk membuat Indonesia maju.

"Bapak Presiden juga sudah memiliki kebijakan tersendiri melalui visi-misinya yang harus kita dukung, mulai dari pengembangan SDM yang akan menjadi fokus beliau, melanjutkan pembangunan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, serta mengentaskan kemiskinan," kata Tito.

Dukungan tersebut juga dapat diimplementasikan dengan kerja yang cepat, mulai berorientasikan hasil dan tidak terjebak dengan rutinitas yang lama. Pasalnya, Kemendagri sebagai poros pemerintahan dalam negeri dituntut untuk serba cepat dalam merespon dinamika yang ada termasuk dalam pembinaan di lingkungan pemerintah daerah.

"Secara personality beliau (Presiden) yang ingin bekerja cepat, tidak bergantung pada rutinitas. Nah ini, situasi yang baru ini (pemerintahan dan kabinet) tentu akan mempengaruhi juga pada konstelasi politik nasional dan daerah dengan segala kebijakan-kebijakan improvisasi para pimpinan Kementerian/Lembaga yang baru. Hal ini yang berdampak pada posisi Kemendagri sebagai tulang punggung pemerintahan di daerah untuk membina pemerintahan daerah, dan ini harus kita imbangi, karena kalau terjadi goncangan politik berdampak pada stabilitas keamanan dalam negeri. Untuk itulah rekan-rekan sekalian, saya mengajak agar kita tak terjebak," jelas Tito.

Di akhir amanatnya, ia juga mengajak seluruh jajarannya di Kemendagri maupun BNPP untuk melakukan terobosan inovatif agar kinerja Kemendagri dan BNPP semakin baik ke depannya sebagai sumbangan prestasi untuk bangsa dan negara.

"Mari kita berikan terobosan-terobosan yang kreatif untuk kepentingan kita bersama, kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara dan tentunya marwah Kemendagri. Saya ingin Kemendagri yang sudah baik di masa kepemimpinan Bapak Tjahjo Kumolo juga lebih baik lagi, ingin memberikan warna tersendiri. Semoga niat baik kita ini mendapatkan ridho dari yang Maha Kuasa dan dimudahkan," pungkasnya. (puspenkemendagri/NR)

Comments ()

Presiden Republik Indonesia Kunker di Bumi Raja-Raja

Print
Category: Nasional
User Rating:  / 0

 

Seluruh rangkaian kegiatan penjemputan sekaligus penyambutan kedatangan Presiden RI telah selesai dalam keadaan aman dan lancar. Situasi aman terkendali.

Kunker Presiden ke Maluku - 281019 - Chintia

Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail bersama Ibu menuju ke VIP Pemda Bandara Internasional Pattimura, Ambon. (Foto. Chintia S)

 

Ambon, suaradamai.com Setelah melakukan kunjungan kerja di Papua, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Maluku atau yang lebih sering dikenal dengan Bumi Raja-Raja, pada hari ini (28/10/19). Presiden dan rombongansampai di Maluku menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ-2A-001 yang dipiloti Letkol Pnb. Erwin Harfansa dari Bandara Sentani, Jayapura.

Adapun tujuan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia ini dalam rangka meninjau Lokasi Bencana Alam Gempa Bumi yang terjadi di sejumlah wilayah di Maluku.

Presiden Republik Indonesia beserta Ibu yang tiba di Bandara Internasional Pattimura sekitar pukul 19.13 WIT, langsung disambut oleh Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail beserta Ibu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M beserta Ibu, Pangdam XVIPtm Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H beserta Ibu, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto beserta Ibu dan Danlanud Ptm Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos.,M.M.

Setelah melakukan prosesi jabat tangan, Presiden Jokowi beserta Ibu disambut dengan adat pengalungan Syal khas Maluku. Selanjutnya Presiden beserta Ibu menuju VIP Pemda Bandara Internasional Pattimura untuk istirahat sejenak. Selanjutnya langsung meninggalkan VIP Pemda Bandara Internasional Pattimura menuju ke Hotel Premier Santika Ambon, Jl Jenderal Sudirman No 88, Galunggung, Sirimau, Kota Ambon. Presiden beserta Ibu tiba di Hotel Premier Santika Ambon pukul 20.00 WIT.

Seluruh rangkaian kegiatan penjemputan sekaligus penyambutan kedatangan Presiden RI telah selesai dalam keadaan aman dan lancar. Situasi aman terkendali.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI ING Ariawan, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo, Kabinda Maluku Brigjen TNI Ronny, Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler dan Wakajati Maluku Dr Erry Prima Putera Agoes SH, MH.

 

Kunker Presiden ke Maluku 2 - 281019 - Chintia 

Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu disambut di Bandara Internasional Pattimura, Ambon. (Foto. Chintia S)

 

Comments ()

Kemensos Alokasikan Rp1,3 Miliar Bantu Korban Gempa Maluku

Print
Category: Nasional
User Rating:  / 0

 

"Saya datang atas perintah bapak Presiden yang memberikan perhatian terhadap bencana di Maluku.”

Mensos serahkan bantuan secara smbolis

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita ketika secara simbolis meyalurkan bantuan dari pemerintah pusat kepada korban gempa bumi di Ambon (Foto: Chintia Samangun).

 

Ambon, suaradamai.com – Kementrian Sosial telah mengalokasikan Rp. 1,3 Miliar untuk penanganan tahap awal terhadap korban maupun pengungsi Gempa di Maluku. Anggaran yang terbilang cukup besar tersebut, dikhususkan untuk kebutuhan logistik, baik itu paket makanan, tenda gulung, dapur umum, kebutuhan pakaian dan lain sebagainya. Selain itu, juga untuk korban meninggal, maupun kios atau pun warung yang terdampak bencana.

"Jadi bantuan yang dibawa dari Jakarta sekitar Rp. 1,3 Miliar, di mana bantuan ini merupakan tahap awal," ujar  Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita kepada awak media di sela-sela meninjau pengungsi sekaligus penyerahan santunan kepada korban meninggal, yang diterima ahli waris, di Lapangan Bola Hatukau, Galunggung, Senin (30/09/2019).

 

Baca juga: Pasca Gempa, Menteri Sosial Tinjau Lokasi Tanjung Batu Merah

 

Agus menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterimanya, korban meninggal terdampak gempa bumi sudah mencapai 34 orang, di mana masing-masing orang melalui ahli waris menerima santunan sebesar Rp. 15 juta. "Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang ditingggalkan," harapnya.

Untuk kios atau warung milik masyarakat yang rusak, akan diberikan bantuan sosial ekonomi produktif (UEP) santunan Rp. 5 juta per orang, yang bersifat stimulan. "Kami harapkan, toko atau warung milik masyarakat yang rusak akibat gempa bisa segera berbenah dan membuka warungnya lagi, sehingga kegiatan ekonomi di daerah terdampak bisa segera pulih kembali," ucapnya.

 

Baca juga: Doni Monardo Kunjungi Daerah yang Terdampak Gempa dan Bantu Rp1M dari BNPB

 

Selain itu, untuk rumah yang rusak, baik itu rusak berat, sedang maupun ringan, kata Menteri, bantuan akan disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN).

"Untuk rumah rusak, baik itu berat, sedang maupun ringan pemerintah pusat akan memberikan bantuan, kami sudah koordinasi dengan BNPB, dan insya Allah untuk rumah rusak tersebut kami diberikan melalui BNPB," ucapnya.

Mensos mengingatkan agar bantuan tersebut bisa tersalurkan tepat sasaran berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan tim di lapangan. Dirinya berpsan kepada pemda, jika bantuan yang diberikan ini dirasa belum cukup, pemerintah pusat akan siap membantu untuk menyalurkan bantuan tahap kedua.

 

Baca juga: Bersama Aktivis Perempuan, Widya Kunjungi Pengungsi dan Korban Gempa

 

Orang nomor satu di Kemensos ini berpesan kepada masyarakat Ambon, Maluku Tengah maupun Seram Bagian Barat, jika ada yang belum mendapatkan bantuan, segera laporkan.

"Jika ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan segera laporkan kepada kami, untuk segera ditindaklanjuti," pintanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kepedulian yang diberikan pemerintah pusat ini, merupakan bukti perhatian Presiden Joko Widodo terhadap bencana yang terjadi di Maluku.

"Saya datang atas perintah bapak Presiden yang memberikan perhatian terhadap bencana di Maluku, dibuktikan dengan penyaluran bantuan kepada warga yang terdampak Gempa khususnya," pungkasnya.

 

Baca juga: Kunjungi Korban Gempa: Gubernur Imbau Warga Tidak Panik

 

Untuk diketahui, selain meninjau korban maupun pengungsi yang ada di lapangan Hatukau, Galunggung, Menteri juga meninjau korban gempa yang ada di RSUD M Haulussy, Kudamati, Ambon.

Tak hanya itu, Menteri mengungkapkan, berdasarkan pengamanatan dan pandangan ahli, kemungkinan terjadi kembali bencana di Maluku sangat kecil. Untuk itu, dirinya meminta kepada pengungsi yang rumahnya tidak mengalami kerusakan untuk kembali ke rumahnya masing-masing mengingat kondisi Maluku sudah aman. (chintiasamangun/NR)

 

Comments ()

Sosial

Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jaga Kesehatan Masyarakat

Rabu, 04 Desember 2019
Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jaga Kesehatan Masyarakat

  Puskesmas Debut terbantu dengan adanya dokter spesialis yang diturunkan Lanal Tual. Kepala Puskesmas berharap kegiatan bakti kesehatan ini terus digalakan. Suasana bakti kesehatan Lanal Tual di...

IKMP Maluku Nyatakan Sikap Tegas Tolak Aksi Peringatan 1 Desember

Sabtu, 30 November 2019
IKMP Maluku Nyatakan Sikap Tegas Tolak Aksi Peringatan 1 Desember

  IKMP meminta mahasiswa Papua untuk tidak ikut-ikutan pada aksi yang didasarkan pada kekaburan fakta sejarah yang bisa berkonsekuensi hukum. Mahasiswa Papua diminta untuk lebih fokus belajar dap...

Wali Kota Rahayaan Buka Pesparani Katolik III Kota Tual

Jumat, 29 November 2019
Wali Kota Rahayaan Buka Pesparani Katolik III Kota Tual

  Pesparani Katolik III Kota Tual akan berlangsung selama 3 hari sejak 29 November hingga 1 Desember 2019. Pelaksanaan lomba dipusatkan di Stasi Watran dan Laikamor. Yang terpenting adalah pelaks...

Pastor Constan Lelyemin MSC Tutup Usia

Kamis, 28 November 2019
Pastor Constan Lelyemin MSC Tutup Usia

  Sungguh, hari ini juga engkau akan bersama-Ku di dalam Firdaus! Selamat Jalan Pastor Constan Lelyemin. Doa umat beriman menyertaimu dalam perjalanan menuju Rumah Bapa. Pastor Constan Lelyemin M...

Kisah Jenderal Manado Jelajahi Laut Maluku Pakai Jet Ski

Rabu, 27 November 2019
Kisah Jenderal Manado Jelajahi Laut Maluku Pakai Jet Ski

  Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa memimpin misi patroli perairan Laut Maluku. Dengan mengendarai jet ski, ia bersama rombongan tiba di Kota Tual pada Selasa (26/11/2019). Kepada awak media...

Ketum Lasqi Maluku: Dewan Juri Harus Jujur dan Adil dalam Penilaian

Senin, 25 November 2019
Ketum Lasqi Maluku: Dewan Juri Harus Jujur dan Adil dalam Penilaian

  Lasqi Provinsi Maluku terus berupaya melakukan upaya-upaya pembinaan dan penyelenggaraan seni dan budaya bernuansa religius bagi generasi muda Maluku.   Ambon, suaradamai.com – Ketua Umum...

Widya Beri Semangat Kafilah Maluku

Minggu, 24 November 2019
Widya Beri Semangat Kafilah Maluku

  Widya optimis Maluku raih juara umum.   Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail memberikan motivasi bagi p...

Gubernur Lantik DPW Lasqi Provinsi Maluku

Minggu, 24 November 2019
Gubernur Lantik DPW Lasqi Provinsi Maluku

  Usai dilantik sebagai Ketua DPW Lasqi Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail juga dikukuhkan sebagai 'Ummi Seni dan Budaya Islam Maluku' oleh Komunitas Pencinta Seni Islam Maluku.   G...

Christmas Dance Competition dan Goyang Meti Kei Jilid III, Dari Sekami untuk Ind...

Minggu, 24 November 2019
Christmas Dance Competition dan Goyang Meti Kei Jilid III, Dari Sekami untuk Indonesia

  Pluralitas merupakan kekuatan yang mempersatukan dan membangun. Hal ini disadari oleh Serikat Anak Misioner Wilayah Kei Kecil. Kesadaran ini diaplikasikan dalam kompetisi seni menyongsong Peray...

Widya Ajak Wanita Maluku Bersatu

Kamis, 21 November 2019
Widya Ajak Wanita Maluku Bersatu

  "Kalau bukan kita semua, siapa lagi. Ini sumbangsih kita untuk membangun Maluku," ujar Ketua Penasehat Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail.   Ketua...

Ibu Rumah Tangga Berperan Besar dalam Mensejahterakan Keluarga

Kamis, 21 November 2019
Ibu Rumah Tangga Berperan Besar dalam Mensejahterakan Keluarga

  Organisasi yang paling terkecil di dunia ini adalah keluarga, dan peranan yang paling besar dalam mengatur kehidupan sebuah rumah tangga (RT) diberikan oleh kaum ibu. Peserta penyuluhan berfoto...

Pemasangan Tiang Alif Masjid Nurul Yaqien, Representasi Budaya Islam Masyarakat...

Kamis, 21 November 2019
Pemasangan Tiang Alif Masjid Nurul Yaqien, Representasi Budaya Islam Masyarakat Pulau Kur

  "Terima kasih banyak kepada Pemkot Tual, masyarakat dan semua pihak yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri serta bersama-sama sudah mendukung penuh kegiatan pemasangan tiang alif Masjid N...

Hadiri Kongres GMNI, Bupati Malra: Konektivitas Pengaruhi Angka Prasejahtera di...

Kamis, 21 November 2019
Hadiri Kongres GMNI, Bupati Malra: Konektivitas Pengaruhi Angka Prasejahtera di Malra

  Bupati Hanubun berharap agar semua pihak termasuk Pemuda GMNI dapat membantu program-programnya dalam upaya memajukan Kabupaten Maluku Tenggara. Bupati Malra Drs. M. Thaher Hanubun menghadiri K...

Air Mata Widya di Kaki Gunung Binaya

Rabu, 20 November 2019
Air Mata Widya di Kaki Gunung Binaya

  Persoalan stunting di Indonesia, termasuk Maluku, masih terus jadi sorotan. Stunting terjadi mulai sejak janin masih dalam kandungan dan baru tampak saat anak berusia dua tahun. Kemampuan kogni...

Rombongan Fraksi PKS DPR RI Kunjungi Korban Gempa

Senin, 18 November 2019
Rombongan Fraksi PKS DPR RI Kunjungi Korban Gempa

  Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini bersama Anggota DPR-RI Sa'adiah Uluputty menyumbangkan gaji pertama bulan Oktober kepada para pengungsi. Foto bersama Fraksi PKS DPR RI dengan pengungsi....

Ulang Tahun ke 74, PLN Gelar Senam Bersama

Minggu, 17 November 2019
Ulang Tahun ke 74, PLN Gelar Senam Bersama

  PT. PLN menargetkan Maluku Papua terang 2020. Launching motor listrik pada syukuran Hari Listrik Nasional di Lapangan Merdeka Ambon, (17/11/10). (Foto. CS)   Ambon, suaradamai.com – PT. PL...

Buka Festival Seni Qasidah, Gubernur Sampaikan Empat Pesan

Rabu, 13 November 2019
Buka Festival Seni Qasidah, Gubernur Sampaikan Empat Pesan

  Suara atau irama merdu saat menyanyikan lagu qasidah akan membangkitkan gairah hidup untuk bekerja dan berkarya.   Suasana pembukaan Festival Seni Qasidah di Islamic Center, Ambon. (13/11/...

Ratusan Pemuda Kepulauan Kei Arak Bendera Merah Putih 350 Meter

Senin, 11 November 2019
Ratusan Pemuda Kepulauan Kei Arak Bendera Merah Putih 350 Meter

  Pergelaran ini diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif tentang pemuda/i khususnya di wilayah Kepulauan Kei. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalism...

Membangun Kebersamaan Masyarakat Ohoi Faan Lewat Hiburan Malam Minggu

Sabtu, 09 November 2019
Membangun Kebersamaan Masyarakat Ohoi Faan Lewat Hiburan Malam Minggu

  Persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam sebuah ohoi menentukan berhasil atau tidaknya proses pembangunan dan pemberdayaan. Hal ini disadari sungguh oleh Pemerintah Ohoi Faan. Dengan mengupay...

Bersinergi dengan Lapas Tual, Penyuluh Non PNS Bimas Katolik Gelar Pembinaan Roh...

Senin, 04 November 2019
Bersinergi dengan Lapas Tual, Penyuluh Non PNS Bimas Katolik Gelar Pembinaan Rohani

  Tanggung jawab pembinaan warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tual merupakan kewajiban bersama. Tidak hanya pada pihak Lapas, semua elemen masyarakat diharuskan membantu...

Lakalantas Tunggal di Kei Besar Telan Korban Jiwa

Minggu, 03 November 2019
Lakalantas Tunggal di Kei Besar Telan Korban Jiwa

  Kecelakaan tunggal tersebut menyebabkan penumpang yang dibonceng atas nama Juliana Konjanan meninggal dunia. Korban meninggal dunia lakalantas tunggal di Ohoi Wakol (Foto: Tarsy Temorubun). &nb...

Kader Golkar TH Santuni Anak Yatim Usai Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Tual

Minggu, 03 November 2019
Kader Golkar TH Santuni Anak Yatim Usai Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Tual

  Suasana haru nan memikat hati, raut wajah sedih dan mata yang berkaca-kaca sesekali terlihat di wajah Bang Opick dan khalayak yang hadir saat itu. Makin haru saat seorang gadis kecil yang dipan...

Wawali Tual: Momentum Deklarasi IKA HIPMI Malra Raya Makasar Simbol Sinergitas

Selasa, 29 Oktober 2019
Wawali Tual: Momentum Deklarasi IKA HIPMI Malra Raya Makasar Simbol Sinergitas

  Wawali mengajak IKA HIPMI Malra Raya Makassar untuk turut berkontribusi sesuai dengan tujuan organisasi terhadap pembangunan di Nuhu Evav. Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge menyampaikan sambuta...

Tim SAR Namlea Cari Dua Nelayan Hilang

Sabtu, 26 Oktober 2019
Tim SAR Namlea Cari Dua Nelayan Hilang

  Dalam kondisi cuaca hujan, rubber boat, speed boat, dan perahu tradisional dikerahkan untuk mencari kedua korban hilang. Tim SAR Namlea melakukan persiapan pencarian. (Dok. Chintia S)   Am...

Siswa SD Hilang Terseret Ombak Saat Bermain di Pantai

Sabtu, 26 Oktober 2019
Siswa SD Hilang Terseret Ombak Saat Bermain di Pantai

  Pihak SAR Ambon yang mendapatkan laporan langsung mengerahkan personilnya ke lokasi kejadian. Petugas SAR dibantu warga setempat masih melakukan pencarian terhadap korban. Namun upaya...

Gema Dies Natalis 70 Tahun Seminari SYT Langgur Diwarnai Bakti Sosial

Jumat, 25 Oktober 2019
Gema Dies Natalis 70 Tahun Seminari SYT Langgur Diwarnai Bakti Sosial

  Semangat pemberian diri secara tulusmerupakan salah satu nilai yang terus dibangun oleh keluarga besar Seminari Santo Yudas Thadeus Langgur. Menyongsong Dies Natalis ke-70 tahun, dengan melibat...

Sonya, Sang Gadis Bunga Kampung Pisang Tual

Jumat, 25 Oktober 2019
Sonya, Sang Gadis Bunga Kampung Pisang Tual

  Maria Sonya Werbitu (16) adalah seorang yatim piatu tulang punggung ekonomi bagi sang nenek dan adik lelakinya. Sonya divonis menderita sakit kronis dan harus mendapat perawatan intensif. Dukun...

Gereja MCC - Yayasan Ekamel Serahkan Bantuan ke Maluku

Jumat, 25 Oktober 2019
Gereja MCC - Yayasan Ekamel Serahkan Bantuan ke Maluku

  Bantuan dalam bentuk 700 paket sembako diserahkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku agar dapat didistribusikan sesegera mungkin ke wilayah-wilayah terdampak gempa. Pend...

Pemkot Tual Jemput Rombongan KKT Undangan HUT Ke-70 Seminari Langgur

Kamis, 24 Oktober 2019
Pemkot Tual Jemput Rombongan KKT Undangan HUT Ke-70 Seminari Langgur

  Rombongan KKT terdiri dari alumni dan umat Katolik yang merupakan tamu kehormatan dalam rangka HUT ke-70 Seminari SYT Langgur. Kedatangan rombongan di Pelabuhan Yos Sudarso disambut langsung ol...

BPJS Ketenagakerjaan Maluku Gelar Sosialisasi dan Beri Penghargaan Jaminan Sosia...

Rabu, 23 Oktober 2019
BPJS Ketenagakerjaan Maluku Gelar Sosialisasi dan Beri Penghargaan Jaminan Sosial

  BPJS Ketenagakerjaan setiap tahun memberi penghargaan Patrana bagi pemerintah daerah yang telah berhasil menyelenggarakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JSK). Penghargaan ini juga diharapkan d...

Penutupan Gala Desa dan Fenomena Mati Lampu di Malra

Selasa, 15 Oktober 2019
Penutupan Gala Desa dan Fenomena Mati Lampu di Malra

  Penutupan Gala Desa Kabupaten Maluku Tenggara tercoreng dengan adanya pemadaman jaringan listrik. Pemadaman justru terjadi pada saat perwakilan dari Kementrian Pemuda dan olahraga sementara mem...

Lagi! ACT Salurkan Bantuan Logistik Bagi Pengungsi Gempa Maluku

Senin, 14 Oktober 2019
Lagi! ACT Salurkan Bantuan Logistik Bagi Pengungsi Gempa Maluku

  Dua pekan pasca gempa magnitudo 6,8 SR mengguncang Ambon dan sekitarnya, Lembaga Kemanusiaan ACT masih terus menyalurkan bantuan logistik kepada para pengungsi. Kebutuhan pengungsi memang masih...

Maluku Tuan Rumah Peringatan Bulan PRB 2020

Senin, 14 Oktober 2019
Maluku Tuan Rumah Peringatan Bulan PRB 2020

  Peringatan bulan Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktifitas PRB sebagai investasi untuk ketanggu...

Rayakan HUT ke 20, Bupati: Buru Miniatur Indonesia

Sabtu, 12 Oktober 2019
Rayakan HUT ke 20, Bupati: Buru Miniatur Indonesia

  “Mari terus kita rawat kebersamaan ini untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat buru,” ajak Bupati Ramlly. Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon Mohammad Irfan Suryaward...

Kepala BNPB Tinjau Pengungsi di Pulau Haruku

Kamis, 10 Oktober 2019
Kepala BNPB Tinjau Pengungsi di Pulau Haruku

  Ia mengatakan, kunjungan yang dilakukan kedua kali ini, merupakan kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayan terbaik kepada warga negaranya. Kepala BNPB Doni Monardo bersama para pengungsi.(...

Walpri Gubernur Maluku Kunjungi Beberapa Titik Pengungsi Gempa

Selasa, 08 Oktober 2019
Walpri Gubernur Maluku Kunjungi Beberapa Titik Pengungsi Gempa

  “Semoga situasi semakin membaik dan Maluku bisa kembali pulih seperti sedia kala,” tutupnya. Penyerahan bantuan kepada pengungsi. (Foto. Chintia S)   Ambon, suaradamai.com – Walpri Gubernu...

Uskup Mandagi Rayakan 25 Tahun Episkopalis Bersama Umat Kei Besar

Selasa, 08 Oktober 2019
Uskup Mandagi Rayakan 25 Tahun Episkopalis Bersama Umat Kei Besar

  Di sela-sela kunjungan kanoniknya, Uskup Mandagi menyempatkan diri untuk merayakan syukuran 25 tahun episkopalis (tahbisan uskup) bersama umat di Kepulauan Kei. Uskup diterima secara adat (suvu...

38 Orang Meninggal, 6.523 Rumah Rusak Akibat Gempa di Maluku

Kamis, 03 Oktober 2019
38 Orang Meninggal, 6.523 Rumah Rusak Akibat Gempa di Maluku

  Saat ini yang paling urgen dibutuhkan pengungsi adalah tenda, logistik bayi berupa pampers dan makanan.   Konferensi pers di Korem 151 Binaya, Kamis (3/10/19)   Ambon, suaradamai.com...

Dalam Waktu Dekat, Para Menteri Akan Kunjungi Korban Gempa Maluku

Kamis, 03 Oktober 2019
Dalam Waktu Dekat, Para Menteri Akan Kunjungi Korban Gempa Maluku

  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan berkunjung lebih dulu, diikuti menteri lainnya. Gubernur Maluku (kiri) pada acara pisah sambut Kejati Maluku. (Foto: Chintia...

Statemen Wiranto Tuai Amarah Tokoh Pemuda Maluku

Rabu, 02 Oktober 2019
Statemen Wiranto Tuai Amarah Tokoh Pemuda Maluku

  Kata dia, Wiranto tidak layak menjabat sebagai Menteri karena memiliki wawasan sempit. Tokoh Pemuda Maluku di Kota Tual: Nizar Zirhan Sather (kiri) dan Dede Rahanyamtel (kanan).   Tual, su...

Wali Kota Tual Sampaikan Permohonan Maaf bagi Masyarakat Pulau Kur

Rabu, 02 Oktober 2019
Wali Kota Tual Sampaikan Permohonan Maaf bagi Masyarakat Pulau Kur

  “Saya sampaikan permohonan maaf saya atas pernyataan yang telah membuat masyarakat tersinggung,” Wali Kota Tual Adam Rahayaan. Wali Kota Tual Adam Rahayaan.   Tual, suaradamai.com – “Coba...

Wagub-Ibu Wagub Maluku Kunjungi Beberapa Titik Pengungsi Gempa

Rabu, 02 Oktober 2019
Wagub-Ibu Wagub Maluku Kunjungi Beberapa Titik Pengungsi Gempa

  Wagub Orno mengajak masyarakat pulang untuk beratifitas karena gempa semakin kecil. Kunjugan Wagub, Ibu Wagub, dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku pada salah satu tenda.   Ambon, suara...

Wagub Beri Nama Bayi Baru Lahir Muhammad Barnabas Orno Pelu

Selasa, 01 Oktober 2019
Wagub Beri Nama Bayi Baru Lahir Muhammad Barnabas Orno Pelu

  "Nanti setelah 40 Hari, bawa anak ini ke rumah. Biaya rumah sakitnya nanti saya yang bayar," tungkas Wagub. Istri Wagub Orno menggendong Muhammad Barnabas Orno Pelu. (Dok. Chintia S)   Amb...

Pasca Gempa, Menteri Sosial Tinjau Lokasi Tanjung Batu Merah

Senin, 30 September 2019
Pasca Gempa, Menteri Sosial Tinjau Lokasi Tanjung Batu Merah

  Lokalisasi Tanjung Batu Merah merupakan satu dari 17 lokalisasi di Indonesia yang masih aktif yang sementara ini dalam upaya penutupan. Proses ini perlu dipersiapkan sematang mungkin agar tidak...

Mendikbud Tinjau Kerusakan Bangunan Sekolah di Ambon Pasca Gempa

Senin, 30 September 2019
Mendikbud Tinjau Kerusakan Bangunan Sekolah di Ambon Pasca Gempa

  Mendikbud meminta agar proses belajar mengajar tetap dilakukan meski harus di dalam tenda. Mendikbud Muhajir Effendy ketika meninjau sejumlah bangunan sekolah di Ambon pasca gempa (Foto: Chinti...

DPRD Tual Dukung Pesparani Katolik Provinsi Maluku

Minggu, 29 September 2019
DPRD Tual Dukung Pesparani Katolik Provinsi Maluku

  Ketua DPRD Kota Tual Taufik Hamud.   Tual, suaradamai.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tual Taufik Hamud menyatakan, pihaknya akan siap mendukung penuh pelaksanaan Pe...

Bersama Aktivis Perempuan, Widya Kunjungi Pengungsi dan Korban Gempa

Minggu, 29 September 2019
Bersama Aktivis Perempuan, Widya Kunjungi Pengungsi dan Korban Gempa

  Hasan yang orang tuanya telah berpisah itu, harus kehilangan kedua orang yang telah mengasuhnya sejak bayi. Dengan isak tangis, Widya menyuapi makanan buat Hasan. Tindakan spontannya itu mengun...

Sambangi DPRD Tual, Mahasiswa Tolak RKUHP, UU KPK dan Ajukan Sejumlah Tuntutan

Sabtu, 28 September 2019
Sambangi DPRD Tual, Mahasiswa Tolak RKUHP, UU KPK dan Ajukan Sejumlah Tuntutan

  Aksi demonstrasi mahasiswa di Tual menolak #ReformasiDikorupsi dengan sejumlah poin tuntutan berlangsung damai dan lancar. Massa aksi diterima langsung oleh Ketua DPRD Tual dan sejumlah anggota...

Doni Monardo Kunjungi Daerah yang Terdampak Gempa dan Bantu Rp1M dari BNPB

Jumat, 27 September 2019
Doni Monardo Kunjungi Daerah yang Terdampak Gempa dan Bantu Rp1M dari BNPB

  “Harapan bagi pemerintah daerah, BMKG, TNI dan Polri intensif mensosialisasikan masyarakat untuk kembali ke rumah mereka. Selain itu mengimbau warga agar hanya menerima informasi dari pihak ber...

Kunjungi Korban Gempa: Gubernur Imbau Warga Tidak Panik

Jumat, 27 September 2019
Kunjungi Korban Gempa: Gubernur Imbau Warga Tidak Panik

  "Baiknya berlindung di bawah meja atau tempat tidur. Kalau gempa sudah tidak lagi terasa, baru segera keluar cari tempat terbuka. Kalau goncangannya kuat dan lama, baiknya mencari tempat yang l...

BPBD Maluku: 2 Meninggal dan 4 Luka-Luka Akibat Gempa Ambon

Kamis, 26 September 2019
BPBD Maluku: 2 Meninggal dan 4 Luka-Luka Akibat Gempa Ambon

  Nampak warga di kawasan Batu Merah Ambon terlihat panik akibat gempa dan berupaya mengungsi ke dataran yang lebih tinggi (Foto: BPBD Maluku)   Ambon, suaradamai.com - Badan Penanggulangan...

Sebagian Bangunan Kampus IAIN Ambon Runtuh, 2 luka dan 1 Meninggal

Kamis, 26 September 2019
Sebagian Bangunan Kampus IAIN Ambon Runtuh, 2 luka dan 1 Meninggal

  Salah satu sudut bangunan kampus IAIN Ambon yang terdampak bencana gempa bumi (Foto: Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com – Gempa Magnitudo 6,8 SR yang terjadi di Ambon, Kamis (26/09)...

Gempa Ambon Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 26 September 2019
Gempa Ambon Tidak Berpotensi Tsunami

  Salah satu bangunan Universitas Pattimura Ambon mengalami rusak ringan dampak bencana gempa bumi (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)   Ambon, suaradamai.com – Sejak pagi hingga siang, Kamis (2...

Khidmat! Perayaan Pesta Perak Hidup Membiara Pastor Yoseph Ohoiledwarin, MSC

Rabu, 25 September 2019
Khidmat! Perayaan Pesta Perak Hidup Membiara Pastor Yoseph Ohoiledwarin, MSC

  Pastor Yoseph Ohoiledwarin, MSC bangga dan bersyukur menjadi Imam MSC karena telah mendekatkannya untuk melihat Hati Yesus. Hal ini sesuai dengan moto tahbisan imamat yang dipilihnya: ‘Mereka a...

Kabag Humas Tual Usul BPJS Ketenagakerjaan Dirikan Cabang di Malra

Rabu, 25 September 2019
Kabag Humas Tual Usul BPJS Ketenagakerjaan Dirikan Cabang di Malra

  Pendirian cabang baru BPJS Ketenagakerjaan di setiap daerah otonom diyakini akan mempermudah akses kendali pelayanan baik untuk petugas pelayanan maupun untuk masyarakat yang hendak dilayani. K...

Jalanan Penuh Sampah Plastik, Pemerintah Daerah Perlu Keluarkan Perda

Rabu, 25 September 2019
Jalanan Penuh Sampah Plastik, Pemerintah Daerah Perlu Keluarkan Perda

  Kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kebersihan lingkungan dari para pengguna jalan berdampak pada kebersihan emperan maupun badan jalan raya penghubung yang tersebar di Maluku Tenggara. Sam...

Serahkan Insentif PSK, Wali Kota Tual Kampanyekan Toleransi

Selasa, 24 September 2019
Serahkan Insentif PSK, Wali Kota Tual Kampanyekan Toleransi

  Kota Tual sedang mempersiapkan diri untuk 2 kegiatan besar di tahun 2020 yakni penyelenggaraan pilkades serentak dan menjadi tuan rumah Pesparani tingkat Provinsi. Wali Kota berharap setiap pek...

dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

Kamis, 19 September 2019
dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

  Kendati tidak diimbangi dengan kemampuan renang yang baik, dr. Auldrich Huka termasuk dalam kelompok penumpang longboat BUMO Watkidat yang selamat. Hal ini justru menjadi kesaksian iman tersend...

BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

Rabu, 18 September 2019
BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

  Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tenggara belum mencapai target yang memuaskan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dinilai perlu untuk memberikan regulasi-regulasi yang mendukung...

Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

Senin, 16 September 2019
Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

  Penetapan Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun sebagai Bapak Hip-hop Kepulauan Kei merupakan langkah maju bagi dunia hip-hop Malra. Berkat dukungan Bapak Hip-hop, Rapper Malra...

«
||
»