Breaking News

Hanubun: Pengajaran Nen D...

Ketua Dewan Adat Tanggapi...

Tingkatkan Sektor Pertani...

Wali Kota Lantik Pengurus LPPD Pesparawi Kota Tual

Print
Category: Sosial

 

Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw

 

Penyelenggaraan Pesparawi di Kabupaten Kepulauan Aru akan berdekatan dengan penyelenggaraan Pesparani di Kota Tual pada 2020 mendatang. Sebagai tuan rumah Pesparani sekaligus peserta Pesparani dan Pesparawi, Pemkot Tual akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp14 Miliar.

Pesparawi Tual 2020 3

 

Wali Kota Tual Adam Rahayaan bersama Wawali Tual, Ketua DPRD Tual dan Sekda Tual memberi ucapan selamat kepada Badan Pengurus LPPD Kota Tual 2019-2023 yang baru dilantik (Foto: Gerry Ngamel).

 

 

Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan melantik Badan Pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Daerah (LPPD) Kota Tual masa bakti 2019-2023, bertempat di Aula Balai Kota Tual, Jumat (9/8/19). Pelantikan pengurus lembaga ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Tual Nomor 20.A Tahun 2019.

“Saya menyambut gembira pelantikan pengurus lembaga ini, karena pada dasaranya wadah ini dibentuk untuk melaksanakan sebuah harapan terhadap pelaksanaan fungsi yang pada saatnya nanti akan mampu memberikan peluang yang cukup besar, baik dalam keikutsertaan maupun ketika menyelenggarakan kegiatan Pesparawi mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional,” ucap Wali Kota Adam Rahayaan dalam sekapur sirihnya.

Rahayaan menegaskan, keberadaan Lembaga Pesparawi ini diharapkan dapat melahirkan program-program yang realistis dan terukur demi menjawab persoalan yang menjadi concern untuk berperan aktif memberi respon cerdas terhadap persoalan pemberdayaan kapasitas umat.

“Mampu juga membangun komitmen untuk melaksanakan nilai peradaban yang dilandasi dengan semangat mewujudkan Kota Tual yang religius sebagaimana tercermin secara kontekstual dalam visi misi Kota Tual 2018-2023,” pintanya.

Pembentukan Lembaga Pesparawi Kota Tual ini, tambahnya, kiranya juga dapat mampu merefleksikan semangat untuk mencapai target 3P, yakni sukses prestasi, sukses penyelenggara dan sukses pemberdayaan SDM religius.

Dengan demikian lembaga ini ini juga diharapkan mampu menjaring manusia religi berpotensi, berbakat untuk dibina sehingga ke depan dapat dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan berskala besar yang mengharumkan bangsa dan daerah Kota Tual tercinta.

Wali Kota Rahayaan mengingatkan bahwa tugas berat dan mulia ada di pundak para pengurus saat ini yang mana harus dapat membina, menempa dan melatih duta-duta vokal rohani Kota Tual mengingat ada tanggung jawab besar yang sedang menanti di depan.

“Jadi kepengurusan baru ini akan diperhadapkan dengan lomba Pesparawi tingkat Propinsi di Kabupaten Kepulauan Aru pada tahun 2020 mendatang. Tetapi kemudian, lantas jangan membebani mereka (para peserta lomba -red) dengan target-target tinggi, tetapi kembangkanlah kualitas dan bakat mereka secara optimal sebagai modal dasar dalam meraih prestasi yang maksimal,” tuturnya.

“Bagi saya, juara memang hal yang sangat ideal karena setiap lomba pasti semua orang merindukan juara tetapi jangan sampai juara adalah satu-satunya yang dicari dalam kegiatan keagamaan,” tambah Rahayaan.

Lebih lanjut Wali Kota menggarisbawahi fenomena realitas yang sering terjadi dalam setiap kepengurusan baik Lembaga Pesparawi, Pesparani, ataupun LPTQ. Menurutnya, pada saat pelantikan, kepengurusan lembaga ini kelihatannya gemuk dan berjumlah besar serta sudah terhimpun dari semua potensi SDM terbaik. Tetapi biasanya dalam menghadapi ke tiga unsur event keagamaan tersebut, justru hanya segelintir orang saja yang terlibat di dalamnya.

Oleh karena itu ia mengingatkan, setiap orang yang mengambil bagian dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam ketiga lembaga ini, menandakan bahwa orang tersebut sedang beramal dan beribadah sebagai muara akhir dari kehidupan di akhirat.

“Tiga lembaga ini beda dengan lembaga-lembaga lainnya, karena ini adalah lembaga keagamaan dan itu harus dapat dipahami. Sehingga, saya berharap bahwa pengurus lembaga yang baru saya lantik ini tidak seperti yang dimaksudkan,” harapnya.

Selanjutnya, orang nomor satu Kota Tual ini juga mengingatkan bahwa pada tahun 2020 nanti, Kota Tual juga akan menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) tingkat Provinsi Maluku. Dengan demikan, tambahnya, dalam waktu yang sama selain mempersiapkan Kota Tual sebagai tuan rumah, daerah ini akan mengirimkan dua delegasi sebagai duta yang mewakili Kota Tual baik untuk Pesparawi maupun Pesparani.

Wali Kota mengakui, kedua event ini tentunya akan menelan anggaran pembiayaan yang tidak sedikit yakni kurang lebih Rp. 14 Milyar. “Sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan Pesparani di kota Tual diperkirakan menelan biaya, setidaknya mencapai Rp. 12 Milyar. Sedangkan untuk anggaran kontingen Pesparawi di Kabupatan Kepulauan Aru, berdasarkan yang sudah pernah ada, maka akan dialokasikan biaya kisaran kurang lebih Rp.2 Milyar,” paparnya.

Menurut Wali Kota, besaran anggaran tersebut sudah selayaknya diperuntukkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut. “Saya menyadari bahwa dari sinilah awal kita mulai membangun negeri ini dan itu mulai dari bidang keagamaan,” ungkapnya.

Rahayan juga mengingatkan, meski Kota Tual belum memperoleh prestasi yang memuaskan dari setiap lomba yang diikuti, tetapi jangan lalu kemudian semua lapisan masyarakat yang berada di Bumi Maren surut dalam semangat untuk setiap kegiatan keagamaan.

“Dari semuanya ini, harapan besar saya sebagai bagian dari wujud dukungan moril Pemerintah Kota Tual dan masyarakat bagi ketiga lembaga ini, agar dapat terus mengembangkan dan memajukan daerah ini melalui bidang keagamaan,” pungkasnya.

Pesparawi Tual 2020 2

Wali Kota Tual Adam Rahayaan didampingi Wawali Tual, Ketua DPRD Tual dan Sekda Tual ketika melantik LPPD Kota Tual 2019-2023 (Foto: Gerry Ngamel).

 

Pesparawi Tual 2020

Badan Pengurus LPPD Kota Tual 2019-2023 (Foto: Gerry Ngamel).

 

 

BERITA TERKINI

Dituduh Korupsi, Wali Kota Tual Tanggapi Aksi Demo...

Hukum & Kriminal
on Sabtu, 21 September 2019
Dituduh Korupsi, Wali Kota Tual Tanggapi Aksi Demo IME

  Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengklaim bahwa kebijakan yang diambilnya semata-mata demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Ia menyayangkan para pihak yang selalu mengkritisi kebijakannya. W...

Ini Pesan Gubernur Maluku untuk Anggota DPRD Provi...

Pemerintahan
on Kamis, 19 September 2019
Ini Pesan Gubernur Maluku untuk Anggota DPRD Provinsi 2019 – 2024

    Ambon, suaradamai.com – Sebanyak 43 dari 45 anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2019-2024 akhirnya dilantik dan diangkat sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Respatun Wi...

Lanal Tual Masuk Nominasi Lanal Teladan Se-Indones...

Hukum & Kriminal
on Kamis, 19 September 2019
Lanal Tual Masuk Nominasi Lanal Teladan Se-Indonesia 2019

  Sebagai salah satu Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste, Lanal Tual diharapkan masuk dalam perencanaan strategis, bukan hanya untuk Angk...

Pemo Ngefuit Bawah Berkomitmen Bangun Ohoi Dengan...

Ekonomi & Pembangunan
on Kamis, 19 September 2019
Pemo Ngefuit Bawah Berkomitmen Bangun Ohoi Dengan Transparan

  Program kerja Pemerintah Ohoi Ngefuit Atas dilaksanakan secara transparan. Seluruh program kerja ohoi beserta pembiayaannya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat. Suasana pembangunan di Ohoi...

dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan H...

Sosial
on Kamis, 19 September 2019
dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

  Kendati tidak diimbangi dengan kemampuan renang yang baik, dr. Auldrich Huka termasuk dalam kelompok penumpang longboat BUMO Watkidat yang selamat. Hal ini justru menjadi kesaksian iman tersend...

Longboat Maut BUMO Watkidat Tidak Kantongi Izin

Hukum & Kriminal
on Kamis, 19 September 2019
Longboat Maut BUMO Watkidat Tidak Kantongi Izin

  Terbaliknya longboat BUMO Watkidat menjadi pukulan tersendiri bagi aktifitas pelayaran di Kepulauan Kei. Jatuhnya korban jiwa seharusnya menjadi evaluasi bagi dunia pelayaran antar pulau di Kep...

Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkot Tual Teken Dua...

Kota Tual
on Rabu, 18 September 2019
Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkot Tual Teken Dua MoU Sekaligus

  Wali Kota Rahayaan berharap agar kerja sama ini dapat menjadi salah satu solusi maupun acuan bersama dalam melaksanakan pembangunan pertanian di Kota Tual. Wali Kota Tual Adam Rahayaan menandat...

Menggugah Kesadaran Mitigasi Bencana

Advertorial
on Rabu, 18 September 2019
Menggugah Kesadaran Mitigasi Bencana

  (Editorial Koran Pilar Timur No 68, 18 September 2019)   Masyarakat Kei patut bersyukur. Selain dikaruniai alam yang indah, daerah ini pun belum pernah dilanda bencana alam yang dahsyat, s...

BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kec...

Sosial
on Rabu, 18 September 2019
BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

  Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tenggara belum mencapai target yang memuaskan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dinilai perlu untuk memberikan regulasi-regulasi yang mendukung...

43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-2024 Resmi Di...

Politik
on Senin, 16 September 2019
43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-2024 Resmi Dilantik, Berikut Daftarnya

  Pimpinan DPRD Provinsi Maluku dijabat oleh Lucky Wattimury sebagai Ketua Sementara, dan Richard Rahakbauw sebagai Wakil Ketua Sementara. Suasana pelantikan 43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-...

Cerita Pilu di Balik Suksesnya Peserta O2SN Malra

Olaharaga
on Senin, 16 September 2019
Cerita Pilu di Balik Suksesnya Peserta O2SN Malra

  Kami hanya mengharapkan agar perjuangan dan prestasi kami bagi Maluku dan Maluku Tenggara dapat dihargai. Setidaknya ini bisa jadi motivasi buat kami untuk dapat terus mengukir prestasi (Sesili...

Keluarga Julius Heatubun Keluhkan Penanganan Medis...

Kesehatan
on Senin, 16 September 2019
Keluarga Julius Heatubun Keluhkan Penanganan Medis Pada RSUD Langgur

  Pelayanan medis pada pasien dilaksanakan dengan memperhitungkan segala bentuk aspek termasukdidalamnya keluhan dari pasien atas sakit yang diderita. Tindakan medis yang tidak disertai denganper...

Bantah Ganjal Program “Kotaku”, Hamud Minta Waliko...

Pemerintahan
on Senin, 16 September 2019
Bantah Ganjal Program “Kotaku”, Hamud Minta Walikota Tual Tindak Oknum Informan

  “Oknum yang bersangkutan harus diberi sanksi, karena dengan adanya aduan informasi tersebut kepada Walikota, secara tak langsung telah mengadu domba Walikota Tual dengan pihak DPRD Kota Tual” K...

Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapp...

Sosial
on Senin, 16 September 2019
Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

  Penetapan Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun sebagai Bapak Hip-hop Kepulauan Kei merupakan langkah maju bagi dunia hip-hop Malra. Berkat dukungan Bapak Hip-hop, Rapper Malra...

Melestarikan Budaya, Memelihara Iman, dan Memperku...

Opini
on Minggu, 15 September 2019
Melestarikan Budaya, Memelihara Iman, dan Memperkuat Persaudaraan

  Adat, Kubni, Agam     Adat, Pemerintah, dan Gereja, atau dalam sebutan dalam Bahasa Kei, Adat, Kubni, Agam (AKA), dipercaya oleh masyarakat Kepulauan Kei, adalah tiga tungku menopang...

Pelatihan Dasar Satpol PP Selesai, Ini Pesan Wali...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Pelatihan Dasar Satpol PP Selesai, Ini Pesan Wali Kota Tual

  Dengan meningkatnya kualitas sumber daya aparatur, Satpol PP diharapkan semakin kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas, fungsi dan peranannya. Dengan kinerja Satpol PP yang mumpuni, p...

Kemen-PUPR Alokasikan 120 Rumah Khusus Bagi Warga...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Kemen-PUPR Alokasikan 120 Rumah Khusus Bagi Warga Kota Tual

  Bagi masyarakat yang berminat untuk memiliki rusus ini, akan dikenakan biaya angsuran sesuai dengan kemampuan masyarakat. Sebelum rumah ditempati, biaya angsuran akan disepakati melalui surat p...

Anggaran “Kotaku” Dicopot DPRD, Pemkot Tual Bertin...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Anggaran “Kotaku” Dicopot DPRD, Pemkot Tual Bertindak

  Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si   Tual, suaradamai.com – Anggaran Pembiayaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Tual yang diinisiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...

Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Oho...

Sosial
on Minggu, 15 September 2019
Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Ohoi Wulurat

  Gereja bukan terutama dilihat dari fisik gedung yang megah, tetapi sejauh mana peranan dan keberadaan gereja dalam membina dan mengembangkan iman umat.   Elat (Wulurat), suaradamai.com – G...

Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Pad...

Sosial
on Sabtu, 14 September 2019
Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

  Momentum tutup atap Gereja St. Antonius de Padua adalah kesempatan untuk menggali dan memunculkan kultur, adat dan budaya sebagai nilai-nilai dan kearifan lokal yang terancam punah karena penga...

«
||
»

BUDAYA KITA

Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan N...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 14 September 2019
Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas

  Lembaga Dewan Adat Rat Ur Siu, Lor Lim dan Lor Labai merupakan benteng terakhir penjaga kelestarian adat Evav. Hakim dari setiap penyimpangan dan pelanggaran terhadap hukum adat Larvul Ngabal....

Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit...

Asal Usul
on Rabu, 11 September 2019
Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit Sakmas

  Tingginya nilai luhur dan martabat perempuan Kei tercermin dalam diri Nen Dit Sakmas. Pelaksanaan Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan aktualisasi dari penghargaan terhadap tingginya...

Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat E...

Asal Usul
on Selasa, 10 September 2019
Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat Evav

  Pakaian adat dipahami sebagai kostum yang mengekspresikan identitas yang biasanya dikaitkandengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Perdebatan terkait corak pakaian adat Evav...

Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Duku...

Peristiwa Budaya
on Jumat, 06 September 2019
Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Dukungan dan Kritik

  Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah bagi pelestarian kearifan lokal budaya Suku Bangsa Kei. Sebuah maha karya yang dihasilkan pemerintah daerah Kab...

Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

Peristiwa Budaya
on Jumat, 23 Agustus 2019
Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   “Saya janji tidak akan memberikan rekomendasi pecalonan bagi marga lain yang bukan punya hak. Khususnya untuk Desa Fiditan, selain marga Raha...

Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

Asal Usul
on Rabu, 07 Agustus 2019
Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

  Pengangkatan sesajen bagi leluhur di Woma El Fangvur, Langgur.   Suatu ketika sekelompok masyarakat bertemu satu sama lain dan sepakat membentuk ohoi. Kebutuhan pertama mereka adalah tempa...

Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di De...

Peristiwa Budaya
on Senin, 05 Agustus 2019
Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di Desa Tamedan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Safari Adat adalah salah satu upaya Pemkot Tual dalam memulihkan kembali tatanan adat dalam masyarakat. Program ini diharapkan dapat memperkua...

Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemko...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 25 Juli 2019
Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemkot Tual

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw. Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge bersama para Rat/Raja. (Foto: Gerry Ngamel)   Langgur (Tetoat), suaradamai.com...

Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

Peristiwa Budaya
on Rabu, 24 Juli 2019
Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

  Reporter: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Keempat Rat (Raja) yang wilayahnya berada dalam lingkungan Pemerintahan Kota Tual didampingi Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota T...

Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

Asal Usul
on Senin, 22 Juli 2019
Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

  Rat Yab Ratchap Oholim Tahit Patris Renwarin   Istilah Meti Kei dan Met Ef masih menjadi perdebatan, mana yang tepat mana yang keliru. Untuk memberi kepastian, Suaradamai.com mewawancarai...

Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Bangl...

Misil Masal
on Minggu, 21 Juli 2019
Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Banglu"

  Pemerhati Adat, Robert Remetwa   Berucap dan mendengar ayat tersebut bagi orang yang paham Bahasa Kei akan berpikir pada suasana perang. Memang benar, bahwa perang di Kei zaman dulu, para...

Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer B...

Peristiwa Budaya
on Senin, 18 Februari 2019
Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer Budaya Kei Era 1940an

  Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa Para Wanita berpose di depan tempat pameran   Langgur (Ngilngof), suaradamai.com – Kali ini ada yang unik dari perayaan Valentine’s Day tahun...

Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jad...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 05 Februari 2019
Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jadi Contoh

Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa   Mulai dari persiapan, penyampaian undangan, cara memasak, alat makan, makanan, gaya makan, dan prosesi pengukuhan, menggunakan kebiasaan orang tua...

Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 02 Oktober 2018
Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran, Buku Larvul Ngabal

Langgur, suaradamai.com - Ketua Dewan Adat Rat Ursiuw Rat Lorlim Kepulauan Kei (Dewan Adat Kei) Drs. Hi. Abdul Hamid Rahayaan mendesak kepada penerbit agar menarik buku berjudul “Larvul Ngabal: Anasir...

«
||
»

Maluku Tenggara

Hanubun: Pengajaran Nen Dit Sakmas Menjadi Akar Hu...

Maluku Tenggara
on Minggu, 08 September 2019
Hanubun: Pengajaran Nen Dit Sakmas Menjadi Akar Hukum Larvul Ngabal

  Pengajaran Nen Dit Sakmas menjadi fondasi bagi Hukum Adat Larvul Ngabal yang telah merasuki sendi-sendi hidup orang Kei jauh sebelum hukum positif negara ini dibentuk dan sebelum agama dikenal....

PKK Malra Inisiasi Gerakan Revitalisasi Harkat dan...

Maluku Tenggara
on Selasa, 03 September 2019
PKK Malra Inisiasi Gerakan Revitalisasi Harkat dan Martabat Perempuan Kei

  Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali jati diri vat-vat Evav yang kini hilang, serta menceritakan perjalanan Nen Dit Sakmas sebagai pencetus Hukum Larvul Ngabal. Ketua Tim Penggerak P...

Pemda Malra Alami Peningkatan Pendapatan Daerah Se...

Maluku Tenggara
on Kamis, 29 Agustus 2019
Pemda Malra Alami Peningkatan Pendapatan Daerah Sebesar 0,75 Persen

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Catatan peningkatan pendapatan daerah Kabupaten Maluku Tenggara mencapai angka Rp. 951,45 milyar (0,75 persen). Sejalan dengan kenaikan pendapata...

Bupati Malra: Birokrasi Pemerintahan Harus Tangguh...

Maluku Tenggara
on Minggu, 25 Agustus 2019
Bupati Malra: Birokrasi Pemerintahan Harus Tangguh Kelola Kearsipan

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Aparatur birokrasi harus mampu menjadi pelopor pertanggungjawaban arsip dan kearsipan dalam proses manajemen pemerintahan dan pembangunan di ling...

Bupati Thaher Ajak Pemuda Bangun Maluku Tenggara

Maluku Tenggara
on Selasa, 20 Agustus 2019
Bupati Thaher Ajak Pemuda Bangun Maluku Tenggara

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Momen peringatan HUT ke-74 kemerdekaan dimaknai dengan upaya mengejar ketertinggalan di Malra. Ditandai dengan pelaksanaan upacara detik-detik pr...

Pemkab Malra Upayakan Pengembangan Perwilayahan Ko...

Maluku Tenggara
on Senin, 19 Agustus 2019
Pemkab Malra Upayakan Pengembangan Perwilayahan Komoditas Pertanian

  Penulis: Nela Lobya. Editor: Nick Renleuw.   Pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Maluku Tenggara merupakan kebutuhan daerah dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Upaya pemenu...

Bupati Thaher Akan Tindaklanjuti Peta Mutu Pendidi...

Maluku Tenggara
on Minggu, 11 Agustus 2019
Bupati Thaher Akan Tindaklanjuti Peta Mutu Pendidikan Malra

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Sesuai amanat UU No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, setiap satuan pendidikan formal dan non-formal wajib melakukan pen...

Bupati Hanubun Ingin Dinas Terkait Beradaptasi Den...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 03 Agustus 2019
Bupati Hanubun Ingin Dinas Terkait Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0

  Reporter: Ella Kudubun. Editor: Nick Renleuw Bupati Malra M. Thaher Hanubun. (Dok. Humas Malra)   Langgur, suaradamai.com – Gerakan Nasional masih membudayakan kewirausahaan dan menjadi ko...

Bupati Thaher Hanubun: Jangan Coba-coba Sogok Saya...

Maluku Tenggara
on Kamis, 01 Agustus 2019
Bupati Thaher Hanubun: Jangan Coba-coba Sogok Saya!

  Reporter: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Bupati Maluku Tenggara, Drs M. Thaher Hanubun menerima pesan singkat dari salah seorang oknum PNS yang berisikan tawaran sejumlah uang yang dituj...

Malra Dinilai Sukses Menyelenggarakan Wonderful Sa...

Maluku Tenggara
on Selasa, 30 Juli 2019
Malra Dinilai Sukses Menyelenggarakan Wonderful Sail To Indonesia

  Reporter: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Sebagai pintu masuk Wonderful Sail to Indonesia, Maluku Tenggara dinilai oleh wisatawan sukses dalam penyelenggaraan. Suksesnya pelaksanaan Wonde...

Bupati Malra: Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut Ke...

Maluku Tenggara
on Rabu, 24 Juli 2019
Bupati Malra: Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut Kei Besar Merupakan Peluang Ekonomi Daerah

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Pulau Kei Besar memiliki potensi perikanan dan kelautan yang besar. Identifikasi potensi perikanan dan kelautan di Kei Besar menjadi sangat pentin...

Bupati Thaher: Masyarakat Evav di Luar Daerah, Tol...

Maluku Tenggara
on Senin, 22 Juli 2019
Bupati Thaher: Masyarakat Evav di Luar Daerah, Tolong Bantu Promosi Wonderful Sail Malra

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Pengembangan pariwisata Maluku Tenggara (Malra) bertujuan membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Rangkaian kegiatan Woderful Sail di Malr...

Kendati Anggaran Kecil, Malra Siap Dukung Pempus S...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 20 Juli 2019
Kendati Anggaran Kecil, Malra Siap Dukung Pempus Sukseskan Wonderful Sail 2019

  Reporter/Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Keterbasan anggaran menjadi motivasi tersendiri bagi Pemda Malra guna mensukseskan pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia. Kerja keras pe...

Nasib RPJMD Malra Pada Rapat Paripurna DPRD Jadi T...

Maluku Tenggara
on Kamis, 11 Juli 2019
Nasib RPJMD Malra Pada Rapat Paripurna DPRD Jadi Tolak Ukur Pembangunan 2018-2023

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   RPJMD merupakan arah penunjuk pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara selama 5 tahun kedepan. Melalui Sidang Paripurna, DPRD Malra diharapkan dapat...

Dengan Gedung Baru, PDAM Malra Diharapkan Tingkatk...

Maluku Tenggara
on Senin, 08 Juli 2019
Dengan Gedung Baru, PDAM Malra Diharapkan Tingkatkan Pelayanan

  Reporter Piet Res, editor Labes Remetwa   PDAM Malra resmi memiliki kantor baru. Dengan begitu, PDAM kedepan harus mempu berinovasi, menerapkan teknologi dalam pelayanan yang berdampak pad...

Prospek Ohoi Wisata di Malra Curi Perhatian Kemend...

Maluku Tenggara
on Minggu, 07 Juli 2019
Prospek Ohoi Wisata di Malra Curi Perhatian Kemendes-PDTT

  Penulis Piet Res, editor Linus Remetwa   Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara terus berupaya memajukan pariwisata lewat pengembangan konsep Ohoi Wisata. Keberhasilan Ngilngof dan Rumadian...

Bupati Hanubun Dukung Penuh Pengembangan Iman dan...

Maluku Tenggara
on Minggu, 07 Juli 2019
Bupati Hanubun Dukung Penuh Pengembangan Iman dan Pembangunan Gereja Katolik di Kei

  Tim Redaksi   Gereja Katedral Langgur dan Gereja Ohoijang akan dijadikan ikon Kabupaten. Menurut rencana, dua Gereja tersebut rampung tahun ini. Selain Gereja Katolik, sarana peribadatan P...

Bupati Hanubun: Menatap Masa Depan Malra Bersama P...

Maluku Tenggara
on Senin, 01 Juli 2019
Bupati Hanubun: Menatap Masa Depan Malra Bersama Penggerak PKK

  Reporter Piet Res, editor Labes Remetwa Foto bersama FKUB, Forkopimda dan PKK Malra. (Dok. Humas Malra)   Langgur, suaradamai.com - Bupati Maluku Tenggara, Drs. M. Thaher Hanubun menghadir...

Pesona Enbal Janda Goyang Pangan Khas Kei

Maluku Tenggara
on Minggu, 30 Juni 2019
Pesona Enbal Janda Goyang Pangan Khas Kei

  Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Kreasi pangan lokal kembali menghadirkan nuansa berbeda dari pengolahan enbal. Makanan khas kepulauan Kei, enbal, menemukan bentuk terbaik dalam da...

Bupati: Nen Dit Sakmas, Alasan Dibalik Tingginya M...

Maluku Tenggara
on Rabu, 26 Juni 2019
Bupati: Nen Dit Sakmas, Alasan Dibalik Tingginya Martabat Perempuan Evav

  Reporter Piet Res, editor Linus Remetwa Sosok Nen Dit Sakmas merupakan salah satu alasan dibalik tingginya martabat perempuan. Nen Dit Sakmas adalah penggagas lahirnya hukum adat Larvul Ngabal,...

«
||
»

e-Paper Majalah & Pilar Timur

Tentang Kami