Breaking News

Hanubun: Pengajaran Nen D...

Ketua Dewan Adat Tanggapi...

Tingkatkan Sektor Pertani...

Ratapan Ribuan Warga Timika Iringi Pemakaman Uskup Saklil

Print
Category: Sosial

 

Penulis: Nick Renleuw (dari berbagai sumber). Editor: Nick Renleuw.

 

Uskup Saklil tidak hanya berjasa bagi Gereja Katolik, tapi bagi seluruh rakyat Papua. Ia berbicara tentang isu-isu publik yang melampaui sekat-sekat agama.

Mgr. John Saklil

Mgr. John Philip Saklil

 

Timika, suaradamai.com - Ratapan ribuan warga Timika mengiringi jenazah Mgr. Johanis Philipus Saklil ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Uskup Timika sekaligus Administrator Apostolik Sede Plena Keuskupan Agung Merauke yang wafat pada Sabtu (03/08/19) lalu dimakamkan di Pemakaman Imam-Imam Diosesan di belakang Rumah Keuskupan Timika pada Rabu (07/08/19).

Misa pemakaman Mgr. Saklil dimulai pukul 12:00 WIT berlangsung di Gereja Katedral Tiga Raja Timika. Ketua Konfrensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignasius Suharyo bertindak langsung sebagai Selebran (Pemimpin Misa) Utama didampingi 4 uskup lainnya dan hampir seratusan pastor, serta dihadiri ribuan umat Katolik dan warga Timika.

Misa diawali dengan pembacaan riwayat hidup Mgr. Saklil. Usai misa pemberkatan jenazah, diberikan kesempatan untuk penyampaian sambutan-sambutan dan penghormatan terakhir kepada jenazah. Selanjutnya, sekitar pukul 15:30 WIT jenazah diarak oleh ribuan umat Timika menuju ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Penghormatan Jenazah John Saklil

Ribuan warga Timika memberi penghormatan terakhir pada Jenazah Mgr. John Philip Saklil di halaman Gereja Katedral Tiga Raja.

 

Riwayat Hidup

Johanis Philipus Saklil atau John Philip Saklil lahir di Kokonau pada 20 Maret 1960. John Saklil adalah anak ke-4 dari 10 bersaudara, dari pasangan (Alm.) Krisantus Saklil dan (Alm.) Yosefina Rahangmetan.

Lulus dari SMA, Mgr. Saklil melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur (STFT-FT) Abepura pada tahun 1979 hingga meraih gelar S1 dan Pasca Sarjana pada 1986. Dalam masa pendidikan ini, beliau menjalani Tugas Orientasi Pastoral (TOP) selama 1 tahun di Nabire. Uskup Saklil lalu melanjutkan Studi Teologi Pastoral di Manila dari tahun 1993-1996.

Putra terbaik Ohoi (Desa) Ohoiel – Maluku Tenggara ini bergabung ke dalam Hierarki Gereja Katolik usai menerima tahbisan Diakonat pada 17 April 1988 di Gereja Tiga Raja Timika. Tahbisan Imamatnya diterima di Gereja Kristus Terang Dunia Jayawijaya pada tanggal 23 Oktober 1988. Kedua tahbisan ini diterimanya dari Mgr. Herman Münninghoff OFM.

Mgr. Saklil ditunjuk sebagai Uskup Pertama Keuskupan Timika pada tanggal 19 Desember 2003 dan ditahbiskan pada tanggal 18 Aril 2004 di Gereja Katedral Tiga Raja Timika oleh Mgr. Leo Laba LadjarOFM. Pada 27 Juli 2019, Mgr. Saklil baru saja ditunjuk Paus Fransiskus sebagai Administrator Apostolik Sede Plena Keuskupan Agung Merauke.

Penghormatan Jenazah John Saklil 2

Jenazah Uskup Saklil dihantar ribuan warga Timika ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

 

Pejuang Hak Asasi Warga Papua

“Hai masyarakat Papua! Hidup bukan hanya dari hasil jual tanah tetapi hidup dari hasil olah tanah. Ko jual tanah ko jual generasi! Jangan jual dusun sagu! Jangan jual dusun berkebun! Kalau dusun sagu hilang ko makan kelapa sawitkah? Kalau dusun berkebun hilang ko tau tanam padikah?” Demikian cuplikan salah satu pernyataan legendaris yang pernah diucapkan Mgr. Saklil. Semasa hidupnya, Uskup Saklil memang tegas memperjuangkan hak asasi warga asli Papua.

Ketegasan sikapnya itu juga tampak misalnya ketika bulan lalu, ia melayangkan protes keras kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang akan menarik guru-guru PNS dari sekolah swasta, hal yang ia sebut akan merugikan warga asli Papua. Ia juga kerap mengkritik militer dan polisi dalam kasus kekerasan terhadap warga sipil

Saat tahun 2017 pemerintah Indonesia sedang melakukan renegosiasi terkait kepemilikan saham dengan perusahan tambang emas PT Freeport yang beroperasi di wilayahnya, ia menemui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignatius Jonan, memintanya memperhatikan hak-hak masyarakat asli Papua.

Pastor John Djonga Pr, aktivis HAM Papua mengatakan kepergiannya merupakan sebuah kehilangan besar di tengah perjuangan melawan pelanggaran hak asasi warga Papua. Ia menggambarkan Uskup Saklil tidak hanya berjasa bagi Gereja Katolik, tapi bagi seluruh rakyat Papua. “Ia berbicara tentang isu-isu publik yang melampaui sekat-sekat agama,” katanya.

Frits Ramandey dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Wilayah Papua menyebut Uskup Saklil sebagai sosok yang selalu berada di garis terdepan untuk membela hak masyarakat yang termarginalkan baik secara ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

 

Requiescat in Pace “Gaiyabi”

Semasa hidupnya, oleh masyarakat setempat Uskup Saklil diberi gelar terhormat dengan sebutan Gaiyabi. Menurut Sekjen Keuskupan Timika Pastor Andreas Matius Riyanto, Gaiyabi dapat diartikan sebagai konseptor, pembebas, penyelamat, pemersatu, perencana, pelindung, motivator dan fasilitator bagi umatnya.

“Kalau Tuhan hadir secara ragawi, saya hanya minta satu hal: kasih bangkit MGR! Kami masih sangat membutuhkanmu. Doa-doa dan kehadiran para uskup, imam, biarawan/wati, umat dari berbagai suku bangsa hanya mengiringi kepergianmu. Andai ada kuasa yg menghidupkan raga kembali seperti sedia kala,” Robby Kelley Lefteuw, salah seorang Katekis (Guru Agama) yang berkarya di Keuskupan Timika. Ungkapan ini menggambarkan betapa berdukanya warga Timika atas kepergian Uskup Gaiyabi yang sangat dicintai.

Ronny Nakiaya, umat Paroki Katedral Tiga Raja Timika mengatakan, umat dari kampung-kampung berbondong-bondong datang untuk melihat uskup mereka untuk yang terakhir kali. “Umat mencintai dia. Dia pejuang bagi rakyat Papua. Kami sulit percaya bahwa ia bisa pergi secepat ini. Kami kehilangan tokoh yang memiliki hati untuk orang Papua. Tidak banyak tokoh agama yang mengambil jalan seperti beliau,” katanya.

Meski diliputi dukacita yang mendalam, Ketua Unio Imam Projo Keuskupan Timika dan Papua Pastor Dominikus Hodo mengajak setiap umat Katolik dan warga masyarakat Papua untuk mengikhlaskan kepergian Uskup Saklil. “Seluruh umat harus menerima bahwa Tuhan lebih mencintai dia, kita mencintai Uskup tetapi Tuhan lebih mencintai dia,” imbuh Pastor Domi.

Requiescat in pace et vivat ad aeternam Monseignor Saklil!

BERITA TERKINI

Dituduh Korupsi, Wali Kota Tual Tanggapi Aksi Demo...

Hukum & Kriminal
on Sabtu, 21 September 2019
Dituduh Korupsi, Wali Kota Tual Tanggapi Aksi Demo IME

  Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengklaim bahwa kebijakan yang diambilnya semata-mata demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Ia menyayangkan para pihak yang selalu mengkritisi kebijakannya. W...

Ini Pesan Gubernur Maluku untuk Anggota DPRD Provi...

Pemerintahan
on Kamis, 19 September 2019
Ini Pesan Gubernur Maluku untuk Anggota DPRD Provinsi 2019 – 2024

    Ambon, suaradamai.com – Sebanyak 43 dari 45 anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2019-2024 akhirnya dilantik dan diangkat sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Respatun Wi...

Lanal Tual Masuk Nominasi Lanal Teladan Se-Indones...

Hukum & Kriminal
on Kamis, 19 September 2019
Lanal Tual Masuk Nominasi Lanal Teladan Se-Indonesia 2019

  Sebagai salah satu Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste, Lanal Tual diharapkan masuk dalam perencanaan strategis, bukan hanya untuk Angk...

Pemo Ngefuit Bawah Berkomitmen Bangun Ohoi Dengan...

Ekonomi & Pembangunan
on Kamis, 19 September 2019
Pemo Ngefuit Bawah Berkomitmen Bangun Ohoi Dengan Transparan

  Program kerja Pemerintah Ohoi Ngefuit Atas dilaksanakan secara transparan. Seluruh program kerja ohoi beserta pembiayaannya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat. Suasana pembangunan di Ohoi...

dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan H...

Sosial
on Kamis, 19 September 2019
dr. Auldrich Huka: Saya Selamat Karena Kemurahan Hati Tuhan

  Kendati tidak diimbangi dengan kemampuan renang yang baik, dr. Auldrich Huka termasuk dalam kelompok penumpang longboat BUMO Watkidat yang selamat. Hal ini justru menjadi kesaksian iman tersend...

Longboat Maut BUMO Watkidat Tidak Kantongi Izin

Hukum & Kriminal
on Kamis, 19 September 2019
Longboat Maut BUMO Watkidat Tidak Kantongi Izin

  Terbaliknya longboat BUMO Watkidat menjadi pukulan tersendiri bagi aktifitas pelayaran di Kepulauan Kei. Jatuhnya korban jiwa seharusnya menjadi evaluasi bagi dunia pelayaran antar pulau di Kep...

Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkot Tual Teken Dua...

Kota Tual
on Rabu, 18 September 2019
Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkot Tual Teken Dua MoU Sekaligus

  Wali Kota Rahayaan berharap agar kerja sama ini dapat menjadi salah satu solusi maupun acuan bersama dalam melaksanakan pembangunan pertanian di Kota Tual. Wali Kota Tual Adam Rahayaan menandat...

Menggugah Kesadaran Mitigasi Bencana

Advertorial
on Rabu, 18 September 2019
Menggugah Kesadaran Mitigasi Bencana

  (Editorial Koran Pilar Timur No 68, 18 September 2019)   Masyarakat Kei patut bersyukur. Selain dikaruniai alam yang indah, daerah ini pun belum pernah dilanda bencana alam yang dahsyat, s...

BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kec...

Sosial
on Rabu, 18 September 2019
BPJS Ketenagakerjaan Tual Gelar Sosialisasi di Kecamatan Kei Kecil Timur

  Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tenggara belum mencapai target yang memuaskan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dinilai perlu untuk memberikan regulasi-regulasi yang mendukung...

43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-2024 Resmi Di...

Politik
on Senin, 16 September 2019
43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-2024 Resmi Dilantik, Berikut Daftarnya

  Pimpinan DPRD Provinsi Maluku dijabat oleh Lucky Wattimury sebagai Ketua Sementara, dan Richard Rahakbauw sebagai Wakil Ketua Sementara. Suasana pelantikan 43 Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019-...

Cerita Pilu di Balik Suksesnya Peserta O2SN Malra

Olaharaga
on Senin, 16 September 2019
Cerita Pilu di Balik Suksesnya Peserta O2SN Malra

  Kami hanya mengharapkan agar perjuangan dan prestasi kami bagi Maluku dan Maluku Tenggara dapat dihargai. Setidaknya ini bisa jadi motivasi buat kami untuk dapat terus mengukir prestasi (Sesili...

Keluarga Julius Heatubun Keluhkan Penanganan Medis...

Kesehatan
on Senin, 16 September 2019
Keluarga Julius Heatubun Keluhkan Penanganan Medis Pada RSUD Langgur

  Pelayanan medis pada pasien dilaksanakan dengan memperhitungkan segala bentuk aspek termasukdidalamnya keluhan dari pasien atas sakit yang diderita. Tindakan medis yang tidak disertai denganper...

Bantah Ganjal Program “Kotaku”, Hamud Minta Waliko...

Pemerintahan
on Senin, 16 September 2019
Bantah Ganjal Program “Kotaku”, Hamud Minta Walikota Tual Tindak Oknum Informan

  “Oknum yang bersangkutan harus diberi sanksi, karena dengan adanya aduan informasi tersebut kepada Walikota, secara tak langsung telah mengadu domba Walikota Tual dengan pihak DPRD Kota Tual” K...

Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapp...

Sosial
on Senin, 16 September 2019
Bapak Hip-hop Kepulauan Kei Jadi Kunci Sukses Rapper Malra di Kancah Nasional

  Penetapan Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. M. Thaher Hanubun sebagai Bapak Hip-hop Kepulauan Kei merupakan langkah maju bagi dunia hip-hop Malra. Berkat dukungan Bapak Hip-hop, Rapper Malra...

Melestarikan Budaya, Memelihara Iman, dan Memperku...

Opini
on Minggu, 15 September 2019
Melestarikan Budaya, Memelihara Iman, dan Memperkuat Persaudaraan

  Adat, Kubni, Agam     Adat, Pemerintah, dan Gereja, atau dalam sebutan dalam Bahasa Kei, Adat, Kubni, Agam (AKA), dipercaya oleh masyarakat Kepulauan Kei, adalah tiga tungku menopang...

Pelatihan Dasar Satpol PP Selesai, Ini Pesan Wali...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Pelatihan Dasar Satpol PP Selesai, Ini Pesan Wali Kota Tual

  Dengan meningkatnya kualitas sumber daya aparatur, Satpol PP diharapkan semakin kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas, fungsi dan peranannya. Dengan kinerja Satpol PP yang mumpuni, p...

Kemen-PUPR Alokasikan 120 Rumah Khusus Bagi Warga...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Kemen-PUPR Alokasikan 120 Rumah Khusus Bagi Warga Kota Tual

  Bagi masyarakat yang berminat untuk memiliki rusus ini, akan dikenakan biaya angsuran sesuai dengan kemampuan masyarakat. Sebelum rumah ditempati, biaya angsuran akan disepakati melalui surat p...

Anggaran “Kotaku” Dicopot DPRD, Pemkot Tual Bertin...

Kota Tual
on Minggu, 15 September 2019
Anggaran “Kotaku” Dicopot DPRD, Pemkot Tual Bertindak

  Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si   Tual, suaradamai.com – Anggaran Pembiayaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Tual yang diinisiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...

Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Oho...

Sosial
on Minggu, 15 September 2019
Wabup Malra Hadiri Prosesi Rafak Duad Ni Rahan Ohoi Wulurat

  Gereja bukan terutama dilihat dari fisik gedung yang megah, tetapi sejauh mana peranan dan keberadaan gereja dalam membina dan mengembangkan iman umat.   Elat (Wulurat), suaradamai.com – G...

Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Pad...

Sosial
on Sabtu, 14 September 2019
Prosesi Adat Tutup Atap Gereja St. Antonius De Padua Stasi Wulurat

  Momentum tutup atap Gereja St. Antonius de Padua adalah kesempatan untuk menggali dan memunculkan kultur, adat dan budaya sebagai nilai-nilai dan kearifan lokal yang terancam punah karena penga...

«
||
»

BUDAYA KITA

Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan N...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 14 September 2019
Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas

  Lembaga Dewan Adat Rat Ur Siu, Lor Lim dan Lor Labai merupakan benteng terakhir penjaga kelestarian adat Evav. Hakim dari setiap penyimpangan dan pelanggaran terhadap hukum adat Larvul Ngabal....

Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit...

Asal Usul
on Rabu, 11 September 2019
Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit Sakmas

  Tingginya nilai luhur dan martabat perempuan Kei tercermin dalam diri Nen Dit Sakmas. Pelaksanaan Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan aktualisasi dari penghargaan terhadap tingginya...

Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat E...

Asal Usul
on Selasa, 10 September 2019
Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat Evav

  Pakaian adat dipahami sebagai kostum yang mengekspresikan identitas yang biasanya dikaitkandengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Perdebatan terkait corak pakaian adat Evav...

Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Duku...

Peristiwa Budaya
on Jumat, 06 September 2019
Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Dukungan dan Kritik

  Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah bagi pelestarian kearifan lokal budaya Suku Bangsa Kei. Sebuah maha karya yang dihasilkan pemerintah daerah Kab...

Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

Peristiwa Budaya
on Jumat, 23 Agustus 2019
Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   “Saya janji tidak akan memberikan rekomendasi pecalonan bagi marga lain yang bukan punya hak. Khususnya untuk Desa Fiditan, selain marga Raha...

Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

Asal Usul
on Rabu, 07 Agustus 2019
Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

  Pengangkatan sesajen bagi leluhur di Woma El Fangvur, Langgur.   Suatu ketika sekelompok masyarakat bertemu satu sama lain dan sepakat membentuk ohoi. Kebutuhan pertama mereka adalah tempa...

Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di De...

Peristiwa Budaya
on Senin, 05 Agustus 2019
Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di Desa Tamedan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Safari Adat adalah salah satu upaya Pemkot Tual dalam memulihkan kembali tatanan adat dalam masyarakat. Program ini diharapkan dapat memperkua...

Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemko...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 25 Juli 2019
Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemkot Tual

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw. Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge bersama para Rat/Raja. (Foto: Gerry Ngamel)   Langgur (Tetoat), suaradamai.com...

Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

Peristiwa Budaya
on Rabu, 24 Juli 2019
Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

  Reporter: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Keempat Rat (Raja) yang wilayahnya berada dalam lingkungan Pemerintahan Kota Tual didampingi Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota T...

Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

Asal Usul
on Senin, 22 Juli 2019
Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

  Rat Yab Ratchap Oholim Tahit Patris Renwarin   Istilah Meti Kei dan Met Ef masih menjadi perdebatan, mana yang tepat mana yang keliru. Untuk memberi kepastian, Suaradamai.com mewawancarai...

Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Bangl...

Misil Masal
on Minggu, 21 Juli 2019
Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Banglu"

  Pemerhati Adat, Robert Remetwa   Berucap dan mendengar ayat tersebut bagi orang yang paham Bahasa Kei akan berpikir pada suasana perang. Memang benar, bahwa perang di Kei zaman dulu, para...

Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer B...

Peristiwa Budaya
on Senin, 18 Februari 2019
Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer Budaya Kei Era 1940an

  Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa Para Wanita berpose di depan tempat pameran   Langgur (Ngilngof), suaradamai.com – Kali ini ada yang unik dari perayaan Valentine’s Day tahun...

Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jad...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 05 Februari 2019
Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jadi Contoh

Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa   Mulai dari persiapan, penyampaian undangan, cara memasak, alat makan, makanan, gaya makan, dan prosesi pengukuhan, menggunakan kebiasaan orang tua...

Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 02 Oktober 2018
Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran, Buku Larvul Ngabal

Langgur, suaradamai.com - Ketua Dewan Adat Rat Ursiuw Rat Lorlim Kepulauan Kei (Dewan Adat Kei) Drs. Hi. Abdul Hamid Rahayaan mendesak kepada penerbit agar menarik buku berjudul “Larvul Ngabal: Anasir...

«
||
»

Maluku Tenggara

Hanubun: Pengajaran Nen Dit Sakmas Menjadi Akar Hu...

Maluku Tenggara
on Minggu, 08 September 2019
Hanubun: Pengajaran Nen Dit Sakmas Menjadi Akar Hukum Larvul Ngabal

  Pengajaran Nen Dit Sakmas menjadi fondasi bagi Hukum Adat Larvul Ngabal yang telah merasuki sendi-sendi hidup orang Kei jauh sebelum hukum positif negara ini dibentuk dan sebelum agama dikenal....

PKK Malra Inisiasi Gerakan Revitalisasi Harkat dan...

Maluku Tenggara
on Selasa, 03 September 2019
PKK Malra Inisiasi Gerakan Revitalisasi Harkat dan Martabat Perempuan Kei

  Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali jati diri vat-vat Evav yang kini hilang, serta menceritakan perjalanan Nen Dit Sakmas sebagai pencetus Hukum Larvul Ngabal. Ketua Tim Penggerak P...

Pemda Malra Alami Peningkatan Pendapatan Daerah Se...

Maluku Tenggara
on Kamis, 29 Agustus 2019
Pemda Malra Alami Peningkatan Pendapatan Daerah Sebesar 0,75 Persen

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Catatan peningkatan pendapatan daerah Kabupaten Maluku Tenggara mencapai angka Rp. 951,45 milyar (0,75 persen). Sejalan dengan kenaikan pendapata...

Bupati Malra: Birokrasi Pemerintahan Harus Tangguh...

Maluku Tenggara
on Minggu, 25 Agustus 2019
Bupati Malra: Birokrasi Pemerintahan Harus Tangguh Kelola Kearsipan

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Aparatur birokrasi harus mampu menjadi pelopor pertanggungjawaban arsip dan kearsipan dalam proses manajemen pemerintahan dan pembangunan di ling...

Bupati Thaher Ajak Pemuda Bangun Maluku Tenggara

Maluku Tenggara
on Selasa, 20 Agustus 2019
Bupati Thaher Ajak Pemuda Bangun Maluku Tenggara

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Momen peringatan HUT ke-74 kemerdekaan dimaknai dengan upaya mengejar ketertinggalan di Malra. Ditandai dengan pelaksanaan upacara detik-detik pr...

Pemkab Malra Upayakan Pengembangan Perwilayahan Ko...

Maluku Tenggara
on Senin, 19 Agustus 2019
Pemkab Malra Upayakan Pengembangan Perwilayahan Komoditas Pertanian

  Penulis: Nela Lobya. Editor: Nick Renleuw.   Pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Maluku Tenggara merupakan kebutuhan daerah dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Upaya pemenu...

Bupati Thaher Akan Tindaklanjuti Peta Mutu Pendidi...

Maluku Tenggara
on Minggu, 11 Agustus 2019
Bupati Thaher Akan Tindaklanjuti Peta Mutu Pendidikan Malra

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw.   Sesuai amanat UU No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, setiap satuan pendidikan formal dan non-formal wajib melakukan pen...

Bupati Hanubun Ingin Dinas Terkait Beradaptasi Den...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 03 Agustus 2019
Bupati Hanubun Ingin Dinas Terkait Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0

  Reporter: Ella Kudubun. Editor: Nick Renleuw Bupati Malra M. Thaher Hanubun. (Dok. Humas Malra)   Langgur, suaradamai.com – Gerakan Nasional masih membudayakan kewirausahaan dan menjadi ko...

Bupati Thaher Hanubun: Jangan Coba-coba Sogok Saya...

Maluku Tenggara
on Kamis, 01 Agustus 2019
Bupati Thaher Hanubun: Jangan Coba-coba Sogok Saya!

  Reporter: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Bupati Maluku Tenggara, Drs M. Thaher Hanubun menerima pesan singkat dari salah seorang oknum PNS yang berisikan tawaran sejumlah uang yang dituj...

Malra Dinilai Sukses Menyelenggarakan Wonderful Sa...

Maluku Tenggara
on Selasa, 30 Juli 2019
Malra Dinilai Sukses Menyelenggarakan Wonderful Sail To Indonesia

  Reporter: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Sebagai pintu masuk Wonderful Sail to Indonesia, Maluku Tenggara dinilai oleh wisatawan sukses dalam penyelenggaraan. Suksesnya pelaksanaan Wonde...

Bupati Malra: Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut Ke...

Maluku Tenggara
on Rabu, 24 Juli 2019
Bupati Malra: Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut Kei Besar Merupakan Peluang Ekonomi Daerah

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Pulau Kei Besar memiliki potensi perikanan dan kelautan yang besar. Identifikasi potensi perikanan dan kelautan di Kei Besar menjadi sangat pentin...

Bupati Thaher: Masyarakat Evav di Luar Daerah, Tol...

Maluku Tenggara
on Senin, 22 Juli 2019
Bupati Thaher: Masyarakat Evav di Luar Daerah, Tolong Bantu Promosi Wonderful Sail Malra

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   Pengembangan pariwisata Maluku Tenggara (Malra) bertujuan membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Rangkaian kegiatan Woderful Sail di Malr...

Kendati Anggaran Kecil, Malra Siap Dukung Pempus S...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 20 Juli 2019
Kendati Anggaran Kecil, Malra Siap Dukung Pempus Sukseskan Wonderful Sail 2019

  Reporter/Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Keterbasan anggaran menjadi motivasi tersendiri bagi Pemda Malra guna mensukseskan pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia. Kerja keras pe...

Nasib RPJMD Malra Pada Rapat Paripurna DPRD Jadi T...

Maluku Tenggara
on Kamis, 11 Juli 2019
Nasib RPJMD Malra Pada Rapat Paripurna DPRD Jadi Tolak Ukur Pembangunan 2018-2023

  Penulis: Piet Res. Editor: Nick Renleuw   RPJMD merupakan arah penunjuk pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara selama 5 tahun kedepan. Melalui Sidang Paripurna, DPRD Malra diharapkan dapat...

Dengan Gedung Baru, PDAM Malra Diharapkan Tingkatk...

Maluku Tenggara
on Senin, 08 Juli 2019
Dengan Gedung Baru, PDAM Malra Diharapkan Tingkatkan Pelayanan

  Reporter Piet Res, editor Labes Remetwa   PDAM Malra resmi memiliki kantor baru. Dengan begitu, PDAM kedepan harus mempu berinovasi, menerapkan teknologi dalam pelayanan yang berdampak pad...

Prospek Ohoi Wisata di Malra Curi Perhatian Kemend...

Maluku Tenggara
on Minggu, 07 Juli 2019
Prospek Ohoi Wisata di Malra Curi Perhatian Kemendes-PDTT

  Penulis Piet Res, editor Linus Remetwa   Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara terus berupaya memajukan pariwisata lewat pengembangan konsep Ohoi Wisata. Keberhasilan Ngilngof dan Rumadian...

Bupati Hanubun Dukung Penuh Pengembangan Iman dan...

Maluku Tenggara
on Minggu, 07 Juli 2019
Bupati Hanubun Dukung Penuh Pengembangan Iman dan Pembangunan Gereja Katolik di Kei

  Tim Redaksi   Gereja Katedral Langgur dan Gereja Ohoijang akan dijadikan ikon Kabupaten. Menurut rencana, dua Gereja tersebut rampung tahun ini. Selain Gereja Katolik, sarana peribadatan P...

Bupati Hanubun: Menatap Masa Depan Malra Bersama P...

Maluku Tenggara
on Senin, 01 Juli 2019
Bupati Hanubun: Menatap Masa Depan Malra Bersama Penggerak PKK

  Reporter Piet Res, editor Labes Remetwa Foto bersama FKUB, Forkopimda dan PKK Malra. (Dok. Humas Malra)   Langgur, suaradamai.com - Bupati Maluku Tenggara, Drs. M. Thaher Hanubun menghadir...

Pesona Enbal Janda Goyang Pangan Khas Kei

Maluku Tenggara
on Minggu, 30 Juni 2019
Pesona Enbal Janda Goyang Pangan Khas Kei

  Penulis Piet Res, editor Labes Remetwa   Kreasi pangan lokal kembali menghadirkan nuansa berbeda dari pengolahan enbal. Makanan khas kepulauan Kei, enbal, menemukan bentuk terbaik dalam da...

Bupati: Nen Dit Sakmas, Alasan Dibalik Tingginya M...

Maluku Tenggara
on Rabu, 26 Juni 2019
Bupati: Nen Dit Sakmas, Alasan Dibalik Tingginya Martabat Perempuan Evav

  Reporter Piet Res, editor Linus Remetwa Sosok Nen Dit Sakmas merupakan salah satu alasan dibalik tingginya martabat perempuan. Nen Dit Sakmas adalah penggagas lahirnya hukum adat Larvul Ngabal,...

«
||
»

e-Paper Majalah & Pilar Timur

Tentang Kami