Breaking News

Bupati Hanubun Buka Kejua...

Prihatin dengan Kondisi P...

Pemkot Tual Salurkan Empa...

Ekonomi & Pembangunan

Dukung Investasi PT. SIS di Tual, Unsur Masyarakat Ajukan Persyaratan

Print
User Rating:  / 0

 

Melalui pertemuan ini, lahir pernyataan sikap dan dukungan pemerintah daerah dan DPRD Kota Tual, tokoh adat, serta tokoh pemuda terhadap PT. SIS (dulu Maritim Timur Jaya, MTJ)

PT. SIS

 

Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan menggelar pertemuan bersama pihak PT. Samudera Indo Sejahtera (PT. SIS) dengan melibatkan elemen masyarakat Kota Tual. Kegiatan yang bertempat di Aula Pandopo Yarler Tual, Rabu (27/11/19) malam itu dihadiri kurang lebih 400 peserta berasal dari pemerintah, pimpinan dan anggota lembaga legislatif, para kepala desa bersama perangkat, dan organisasi kepemudaan.

Rilis pers Bagian Humas dan Protokoler Kota Tual yang diterima media ini menyebutkan, pertemuan ini dilaksanakan guna menindaklanjuti kunjungan Gubernur Maluku dan SKK Migas beberapa waktu lalu, serta untuk menjawab isu adanya penolakan masyarakat seiring kembalinya PT. MTJ di Kota Tual yang kini telah berganti baju menjadi PT. SIS.

Guna memastikan keberadaannya, PT. SIS memaparkan gambaran singkat tentang eksistensi dan fasilitas perusahan yang nantinya akan digunakan untuk menunjang investasi Blok Masela kedepan. Pihak perusahan menyatakan siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Tual serta unsur-unsur masyarakat.

"Dengan adanya PT. SIS di Kota Tual, akan dapat menggenjot potensi perikanan, sehingga dapat menjadi salah satu daerah penyangga pembangunan Blok Masela nanti," ungkap pihak perusahan.

Sementara itu, Wali Kota pada kesempatan yang sama menekankan tentang pentingnya jaminan keamanan dari masyarakat serta Pemerintah daerah bagi keberlangsungan investasi. Ia berharap, masyarakat setempat memiliki pandangan yang sama dengan pemerintah daerah terhadap maksud dan tujuan positif dibuka kembali PT. SIS di Kota Tual.

"Kehadiran PT. SIS tentu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Tual, karena PT. SIS adalah salah satu opsi pelabuhan logistik pembangunan Blok Masela," ujar Wali Kota Tual.

Dalam pertemuan ini, seluruh elemen masyarakat yang hadir lantas mengumandangkan dukungan mereka dan menjamin kemanan bagi keberlangsungan investasi PT. SIS. Namun, di balik itu, para tokoh masyarakat mengajukan beberapa syarat dan ketentuan bagi pihak perusahan.

"Pihak PT. SIS sebagai perusahan perikanan harus bisa mengakomodir lulusan bidang perikanan Politeknik Negeri Tual, membeli hasil tangkapan masyarakat dengan standar harga yang layak, melibatkan nelayan di Kota Tual dan pesisir, sehingga masyarakat akan mendapat dampak langsung dari kehadiran PT. SIS. Selain itu, PT. SIS perlu memperhatikan dampak kedangkalan yang mungkin akan timbul di kemudian hari," papar masyarakat.

Melalui pertemuan ini, lahir juga pernyataan sikap dan dukungan pemerintah daerah dan DPRD Kota Tual, tokoh adat, serta tokoh pemuda, dimana dalam pernyaatan tersebut menyebutkan bahwa Kota Tual siap menjemput peluang kehadiran perusahan migas abadi Blok Masela dan Pelabuhan PT. SIS siap digunakan dengan baik.

Adapun hasil petemuan ini nantinya akan ditindaklanjuti dan dilaksanakan kembali pertemuan antara pihak DPRD dan OPD terkait guna membahas hal-hal teknis. (gerryngamel/labesremetwa)

Comments ()

IWAPI Kota Tual Optimis Berdayakan Wanita Majukan Dunia Usaha

Print
User Rating:  / 0

 

IWAPI Kota Tual telah mendaftarkan diri dan berencana membawa aneka produk dari Kota Tual untuk mengikuti pameran di Bahrain, Timur Tengah, pada Februari 2020. Mereka mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kota Tual.

Badan Pengurus DPC IWAPI Tual bersama Wakil Wali Kota Usman Tamnge - 251119 - Gerry

Badan Pengurus DPC IWAPI Kota Tual berfoto bersama Wakil Wali Kota Usman Tamnge (Foto: Gerry Ngamel).

 

Tual, suaradamai.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Cabang Kota Tual terus bergerak maju memberdayakan kreativitas wanita dalam bidang ekonomi. Meski baru dikukuhkan oleh Wakil Wali Kota Usman Tamnge pada 25 November 2019, sejak tahun 2017 IWAPI Kota Tual telah menggagas lahirnya berbagai produk kerajinan tangan maupun makanan.

"Sesuai Surat Keputusan DPD IWAPI Maluku, kepengurusan DPC IWAPI Kota Tual seharusnya telah dilantik pada tahun 2017. Namun karena ada kendala teknis sehingga baru bisa dikukuhkan pada tahun ini oleh Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge," ungkap Ketua DPC IWAPI Kota Tual Yahya Komariya, Senin (25/11/2019).

Yahya menambahkan, sejak tahun 2017 IWAPI Kota Tual telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain kuliah umum wirausaha di STIA Dahrul Rahman Tual dan penyerahan bantuan bibit pertanian ke masyarakat petani. Selain itu, katanya, telah dilakukan pula pelatihan penanganan limbah menjadi produk kerajinan. Dalam hal ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tual serta membuat pengolahan abon ikan dan aneka snack dengan bahan baku rumput laut.

 

Baca juga: 10.800 ABK Kapal Ikan dan Nelayan Kei-Aru Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

 

Menyikapi perkembangan dunia global saat ini dan di masa mendatang, Yahya menyatakan bahwa ada beberapa hal yang senantiasa menjadi perhatian IWAPI. Salah satunya terkait ketidakstabilan dunia usaha, pelayanan publik serta peluang pengembangan usaha industri kreatif.

"Pertama bahwa ketidakstabilan dunia usaha menjadi tantangan bagi pelaku ekonomi untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Kedua dalam rangka mendukung otonomisasi daerah, khususnya dalam rangka mendekatkan pelayanan publik, diperlukan adanya peran akttif dari seluruh stakeholder, termasuk dari IWAPI Kota Tual, sehingga kemandirian daerah dapat terwujudkan," paparnya.

Sedangkan hal ketiga, menurutnya, adalah terkait peluang usaha yang sedang digalakan dan terbuka bagi pengembangan usaha di Kota Tual antara lain pengolahan berbagai bahan aneka makanan dengan berbahan baku rumput laut, ikan dan hasil laut lainnya dan juga produk pertanian serta beberapa kerajinan industri alat rumah tangga dan pengolahan limbah plastik.

 

Baca juga: Wali Kota Buka Rakerda III Tim Penggerak PKK Kota Tual

 

Untuk itu, Yahya berharap, Pemkot Tual dapat turut andil dalam mengembangkan produk tersebut, termasuk penanganan pasca produksi. Selain itu, ia meminta agar Wali Kota Tual dapat tanggap terhadap eksistensi IWAPI Kota tual dalam menghadapi fenomena aktual yang sedang dihadapi di daerah ini.

"Kami akan berusaha sekuat tenaga agar kami sebagai pengurus IWAPI terpilih ini dapat membuat program yang realistis dan disusun secara menyeluruh dengan memperhatikan kondisi riil dan diselaraskan dengan program pembangunan Kota Tual, sebagaimana tertuang dalam visi misi di Bumi Maren lima tahun ke depan," ujarnya.

Yahya optimis, IWAPI sebagai wadah perkumpulan wanita pengusaha, di masa-masa mendatang akan dapat menjadi organisasi yang solid, mapan dan mampu membangun dunia usaha di daerah ini yang dilandasi dengan kemampuan organisasi secara mandiri.

 

Baca juga: Tim Penggerak PKK Kota Tual Perangi Sampah Plastik

 

"Di bulan Februari ini kami berencana dan telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pameran ke Bahrain, Timur Tengah, dengan membawa aneka produk dari Kota Tual. Untuk itu kami sangat mohon bantuan dan dukungan dari Pemerintah Kota Tual bersama dinas-dinas terkait," tandasnya. (gerryngamel/NR)

Comments ()

Persediaan Air PDAM Menipis, Warga Jayapura Membeli Air Sumur

Print
User Rating:  / 0

 

Perambahan hutan di kawasan konservasi untuk dijadikan kebun dan perkebunan disinyalir turut menjadi penyebab berkurangnya cadangan air. Warga Jayapura harus merogoh kocek Rp. 110.000 untuk mendapatkan 2.500 ml air bersih dari mobil tangki.

 Persediaan Air PDAM Jayapura - Mobil Air - 231119 - Fransiskus

Tampak mobil tangki yang menjual air seharga Rp 110.000 per 2.500 l (Foto: Fransiskus Sirken).

 

Jayapura, suaradamai.com – Air PDAM Jayapura tidak lagi mengalir ke rumah warga dalam beberapa minggu terakhir. Di beberapa kompleks, seperti Perumahan BTN, air bahkan tidak lagi mengalir dalam beberapa bulan terakhir.

Fenomena ini disinyalir terjadi akibat bencana banjir bandang di Pegunungan Cycklop, Kabupaten Jayapura beberapa bulan lalu. Perambahan hutan di kawasan konservasi Kota Jayapura untuk dijadikan kebun dan pemukiman juga dituding turut memperparah situasi.

Selain itu, ada juga proyek pelebaran jalan dan drainase serta trotoar sepanjang jalan protokol Abepura-Sentani yang mengakibatkan pipa PDAM perlu untuk dipindahkan atau digeser posisinya.

Warga Kota Jayapura dan sekitarnya yang kehabisan air akhirnya harus memilih opsi membeli air dari mobil-mobil tanki yang mengambil air sumur untuk memenuhi kebutuhannya. Tak terkecuali warga di Perumahan Guru SMP St. Paulus Padang Bulan Abepura, Papua, seperti yang terpantau Sabtu (23/11/2019).

"Air sudah hampir satu bulan tidak mengalir dan kadang mengalir kecil seperti pipisnya kucing sehingga harus ditungguin sampai ember atau loyang penuh. Hampir satu hari menunggu baru dapat beberapa ember air saja," kisah salah seorang ibu rumah tangga yang tidak ingin disebutkan namanya ketika ditemui oleh Pilar Timur/suaradamai.com.

Hal senada juga diungkapkan oleh Andy Mayabubun yang pada akhirnya juga memesan air dari sopir mobil tanki tersebut. Menurut Mayabubun, ia harus merogoh kocek sebesar Rp. 110.000 untuk bisa memperoleh air sebanyak 2.500 l dari mobil tangki air.

Pihak PDAM Kota Jayapura sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan kepada warga beberapa waktu lalu. Melalui media Radio Republik Indonesia, pihak PDAM telah menginformasikan kepada warga bahwa dalam beberapa minggu, debit air di penampungan mulai menipis.

Tak dapat disangkal bahwa semakin berkembangnya kabupaten/kota maka semakin bertambah pula pemukiman penduduk yang disertai pengrusakkan hutan dan berdampak pada menurunnya daerah resapan air. Selain itu, suhu Kota Jayapura beberapa hari ini pada pagi hingga siang hari terpantau berada di kisaran 30-34 derajat celsius.

Pemenuhan kebutuhan air bersih telah menjadi problematik tersendiri bagi warga Jayapura. Padahal menjelang bulan Desember diperkirakan akan banyak turun hujan. Oleh karena itu, warga masyarakat Kota Jayapura dihimbau untuk cerdas memanfaatkan air terlebih untuk memenuhi kebutuhan mencuci pakaian, mandi, MCK, dan lain-lain. (fransiskussirken/NR)

Comments ()

Resmi Berakhir, Festival Kopi Papua 2019 Tinggalkan Pengalaman Bermakna

Print
User Rating:  / 0

 

Pilar Timur/suaradamai.com berkesempatan menyambangi berbagai stand dan berdiskusi dengan sejumlah barista di Festival Kopi Papua 2019. Ada banyak topik yang didiskusikan, termasuk kesediaan Maskei Kabupaten Jayapura untuk menjadi kontributor media ini.

Festival Kopi

Ibu-ibu milenial pemilik kedai dan penikmat kopi lokal Papua (Foto: Fransiskus Sirken).

 

Jayapura, suaradamai.com – Festival Kopi Papua 2019 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia sejak Kamis (21/11/2019) akhirnya ditutup Sabtu (23/11/2019). Penutupan festival dilakukan setelah gelaran acara lelang kopi dan juga penarikan undian stand dan kopi favorit.

"Saya sangat senang dengan kegiatan festival semacam ini untuk memperkenalkan kopi sebagai komoditas unggulan dan produk lokal Papua yang tidak kalah nikmat dengan kopi dari daerah luar. Ada jenis kopi Robusta dan Kopi Arabica yang sudah tentu diracik dengan gaya dan kekhasan sang baristanya. Silahkan dicoba pak! Kopi buatan anak saya pasti nikmat!" ungkap Aloysia Liem sambil mempromosikan kopi premiumnya kepada Pilar Timur/suaradamai.com.

"(Sesudah festival ini), saya akan membuka kedai kopi di Jalan Percetakan Jayapura sambil menjual kue-kue siap saji," lanjut Aloysia sembari ber-selfie ria bersama ibu-ibu milenial yang mengunjungi standnya.

 

Baca juga: Wali Kota Jayapura Sambangi Festival Kopi Papua 2019

 

Pilar Timur/suaradamai.com kemudian menyambangi stand Bangkutaman yang berada di sudut belakang tempat festival. Barista Bangkutaman adalah Gaspar, seorang dosen Teknik Lingkungan dari Universitas Sains dan Teknologi (USTJ) Jayapura.

"Tujuan saya membuka kedai kopi di dalam kampus USTJ Jayapura adalah untuk mengedukasi para mahasiswa tentang minum kopi produksi lokal yang nikmat dan terlebih lagi mengajak para mahasiswa untuk harus memiliki jiwa entrepreneur di segala bidang usaha," ungkap Gaspar yang berasal dari Flores-Manggarai.

 

Baca juga: Bank Indonesia Papua Gelar Festival Kopi Papua 2019

 

Sambil melayani penikmat kopi buatannya, Gaspar berkomentar tentang rasa bangganya terhadap prestasi anak-anak Papua seperti salah satu anak Papua (Billy Mambrasar, -red) yang dipanggil Presiden Jokowi untuk bergabung dalam Tim 7 stafsus milenial presiden kemarin. Pengalaman beliau saat memberi materi kuliah juga meneguhkan bahwa anak-anak Papua pintar-pintar.

"Salah kalau kita (Orang Bukan Asli Papua) selalu memandang remeh dan tidak memberi penghargaan kepada mereka (OAP)," tegasnya.

 

Baca juga: Dispar Papua Gandeng ISBI Tanah Papua Gelar Pameran Lestarikan Noken

 

Lebih lanjut, Pilar Timur/suaradamai.com juga mengunjungi stand milik Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Provinsi Papua yang menawarkan secara gratis es krim dan pizza yang berbahan dasar sagu dan kopi, dua saset Teh Tarik dan Kopi Papua Mix berbahan dasar buah merah sebagai beberapa dari sekian banyak produk unggulan yang dipajang saat festival berlangsung.

"Coba rasakan nikmatnya penganan lokal Papua ini pak! Pasti enak dan nikmat!" ungkap Keenan Ponto saat menawarkan berbagai produk lokal Papua yang dipajang di standnya.

"Menikmati kopi dari daerah-daerah di Papua sangat nikmat sekali. Kemarin saya menikmati Kopi Sota dari Kabupaten Merauke. Hari ini saya mau coba minum Kopi Toli dari Kabupaten Tolikara. Pasti rasanya beda," tandas Laurentius Herkulen Maturbongs sambil menyeruput segelas kopi panas.

 

Baca juga: Pameran Pesparani Papua: LP3K Perangi Sampah

 

Diskusi bersama Maturbongs berlanjut dengan bagaimana kontibusi Maskei (Masyarakat Kei) di Kabupaten Jayapura terhadap pembangunan daerah tersebut. Pria yang sehari-harinya memberi kuliah dan mengurus STIPER (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian) St. Thomas Aquino Papua tersebut menanggapi secara positif eksistensi Pilar Timur/suaradamai.com di Tanah Papua. Ia bahkan bersedia menjadi kontributor media ini dan akan mengajak anak-anak muda Maskei Kabupaten Jayapura untuk turut menjadi kontributor Pilar Timur/suaradamai.com sambil berbuat sesuatu demi kemajuan Tanah Papua. (fransiskussirken/NR)

Comments ()

BP-Jamsostek dan Gubernur Maluku Teken MoU Pelatihan Pra-Kerja

Print
User Rating:  / 0

 

Selain Blok Masela, para pekerja juga bisa ditempatkan ke daerah-daerah lain di Provinsi Maluku bila dibutuhkan.

MoU Pra Kerja Blok Masela - Gubernur Maluku Tandatangan - 231119 - Chintia

Gubernur Maluku Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail menandatangani MoU pelatihan pra-kerja di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Sabtu (23/11/19) malam.

 

Jakarta, suaradamai.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP-Jamsostek) bersama Pemerintah Provinsi Maluku menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pelatihan pra-kerja bagi para calon pekerja di lapangan gas abadi, Blok Masela.

MoU ditandatangani langsung oleh Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi-Maluku Toto Suharto, dan Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail, bertempat di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Sabtu (23/11/19) malam.

 

Baca juga: Wagub Maluku Minta Kampus Lelemuku Siapkan SDM Sambut Blok Masela

 

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi-Maluku Toto Suharto mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini adalah bentuk sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dengan Provinsi Maluku dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di Maluku yang nantinya disiapkan untuk pengembangan Blok Masela, termasuk juga mendukung proses pembangunan bagi daerah-daerah yang membutuhkan.

"Kami berharap sinergitas melalui pelatihan ini dapat dikembangkan potensi dan kualitas SDM di wilayah Maluku untuk menciptakan pekerja yang berdaya saing di pasar tenaga kerja, baik di dalam maupun luar Maluku," kata Suharto.

 

Baca juga: Kilang LNG Masela Dibangun di Kepulauan Tanimbar

 

Suharto yang didampingi Kepala Kantor Cabang BPJS Maluku Alias Muin mengatakan BPJS juga telah menempatkan dana deposito sebesar Rp1,1 triliun per 23 September 2019, guna menunjang iklim usaha dan menggerakkan roda perekonomian di Maluku. "Ini bukti seriusnya BPJS ketenagakerjaan untuk mendukung penuh Pemerintah Maluku," ujarnya.

Jumlah calon pekerja yang akan memperoleh pelatihan pra-kerja sebagai tindaklanjut dari penandatangan MoU ini yakni sebanyak 400 orang. Seluruh biaya pelaksanaan pelatihan pra-kerja akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) yang merupakan progran CSR dari BPJS.

"Pemerintah Provinsi Maluku sangat mengapresiasi bantuan TJSL BP-Jamsostek ini karena dapat memberikan bekal bagi calon tenaga kerja baik knowledge (pengetahuan), maupun soft skill (keahlian), sebelum dipekerjakan sebagai tenaga kerja di Blok Masela. Mereka juga bisa disalurkan ke daerah-daerah lain di Provinsi Maluku, bila dibutuhkan," kata Gubernur Maluku Murad Ismail.

 

Baca juga: Pemprov Maluku Minta Inpex Sampaikan Rencana Pengembangan Blok Masela

 

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini menegaskan, 400 calon tenaga kerja yang akan mengikuti pelatihan pra-kerja ini sama sekali tidak dipungut biaya oleh pemerintah, maupun pihak manapun.

"Calon tenaga kerja yang akan memperoleh vokasi atau pelatihan persiapan pra-kerja ini tidak dipungut biaya sepeserpun, dan ini merupakan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Maluku," tandasnya. (CS/linusremetwa)

Comments ()

BERITA TERKINI

Pemkot Tual Salurkan Empat Unit Kendaraan Operasio...

Kota Tual
on Sabtu, 07 Desember 2019
Pemkot Tual Salurkan Empat Unit Kendaraan Operasional bagi Tokoh Adat

  Bantuan ini merupakan wujud penghargaan terhadap nilai-nilai adat. Pemerintah Kota Tual berupaya senantiasa turut merawat dan menghormati tatanan adat yang sudah berlaku secara turun-temurun di...

Wali Kota Tual Resmikan Pembangunan Sarana Air Ber...

Kota Tual
on Sabtu, 07 Desember 2019
Wali Kota Tual Resmikan Pembangunan Sarana Air Bersih Bagi MBR

  Semua material baik perpipaan, aksesoris perpipaan sampai ke meteran air serta teknisi pemasangan sudah menjadi paket subsidi dari Pemerintah Kota Tual. Peluncuran perdana air bersih ini dilaku...

Dua Pembalap Nasional Jajal Malra Road Race Bupati...

Olaharaga
on Sabtu, 07 Desember 2019
Dua Pembalap Nasional Jajal Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Sebanyak 54 pembalap dari berbagai daerah di Indonesia berlaga di 20 kelas tanding. Suasana pembukaan Road Race Bupati Cup 2019 di Sirkuit Lanud Dominicus Dumatubun Langgur. (Foto. Gerry Ngamel...

Pengaruh Alkohol, MS Hantam Avansa

Hukum & Kriminal
on Sabtu, 07 Desember 2019
Pengaruh Alkohol, MS Hantam Avansa

  Akibat tabrakan tersebut pengendara terjatuh dan dilarikan ke RS Bhakti Rahayu Ambon. MS sementara dirawat di RS Bhakti Rahayu Ambon. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com – Kir...

Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupa...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 07 Desember 2019
Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Bupati harap kejuaraan ini menghasilkan pembalap terbaik dari Maluku Tenggara. Ia menyatakan dukungan penuh untuk mencari sponsor untuk kejuaraan yang lebih tinggi. Bupati Malra M. Thaher Hanub...

Widya Inginkan PKK Maluku Lebih Eksis dengan Kader...

Lintas Maluku
on Kamis, 05 Desember 2019
Widya Inginkan PKK Maluku Lebih Eksis dengan Kader Berkualitas

  PKK diharapkan mampu tumbuh dari bawah sebagai gerakan nasional yang pengelolaannya dari dan untuk masyarakat.   Ambon, suaradamai.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Kelu...

Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai...

Maluku Tenggara
on Kamis, 05 Desember 2019
Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai Aturan

  Pinjaman daerah tersebut sementara diproses dan sampai saat ini sedang menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. Kepala Bapenda A. Yani Rahawarin bersama Kabag Humas dan Protokoler Ma...

BKSDA Maluku Terima Satwa Edemik dari PPS Tasikoki...

Lingkungan Kita
on Kamis, 05 Desember 2019
BKSDA Maluku Terima Satwa Edemik dari PPS Tasikoki Sulut

  Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki Sulawesi Utara sementara melakukan persiapan untuk pengembalian satwa liar hasil sitaan dari Filipina.   Ambon, suaradamai.com – Balai Konservasi Su...

Stasi Duroa Raih Juara Umum Pesparani III Kota Tua...

Kota Tual
on Kamis, 05 Desember 2019
Stasi Duroa Raih Juara Umum Pesparani III Kota Tual

  Lomba kategori eksebisi tidak diperhitungkan tetapi menjadi evaluasi bagi peserta dan pelatih untuk persiapan menuju Pesparani Tingkat Provinsi Maluku di Tual. Wali Kota Tual menyerahkan trophy...

Kapolda Sampaikan Pesan Kapolri saat Syukuran HUT...

Hukum & Kriminal
on Rabu, 04 Desember 2019
Kapolda Sampaikan Pesan Kapolri saat Syukuran HUT Polairud

  Peringatan HUT Polairud seharusnya dilaksanakan pada 1 Desember, namun diundurkan ke 4 Desember 2019. Foto bersama jajaran Polairud Maluku. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com...

Jayapura Raih Rekor Muri: Hasilkan 400 Pohon Natal...

Lintas Papua
on Rabu, 04 Desember 2019
Jayapura Raih Rekor Muri: Hasilkan 400 Pohon Natal Daur Ulang

  Kegiatan ini mau membuktikan bahwa Kota Jayapura adalah kota yang aman, kota yang bersih, rukun dengan toleransi beragama yang tinggi. Senior manager MURI Jusuf Ngandri menyerahkan Piagam Rekor...

Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jag...

Sosial
on Rabu, 04 Desember 2019
Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jaga Kesehatan Masyarakat

  Puskesmas Debut terbantu dengan adanya dokter spesialis yang diturunkan Lanal Tual. Kepala Puskesmas berharap kegiatan bakti kesehatan ini terus digalakan. Suasana bakti kesehatan Lanal Tual di...

Gubernur Sampaikan Pesan Presiden Soal Pembangunan...

Lintas Maluku
on Selasa, 03 Desember 2019
Gubernur Sampaikan Pesan Presiden Soal Pembangunan Infrastruktur

  Selama lima tahun kedepan pembangunan infrastruktur terus dilakukan untuk menghubungkan kawasan ekonomi. Jokowi juga menyinggung Ibu Kota Negara dan lima destinasi wisata prioritas.   Ambo...

Bangun Miniatur Rumah Ibadah, Pemkot Tual Komitmen...

Kota Tual
on Selasa, 03 Desember 2019
Bangun Miniatur Rumah Ibadah, Pemkot Tual Komitmen Jaga Toleransi

  Tiga miniatur rumah ibadah yang dibangun adalah Masjid, Gereja Protestan dan Gereja Katolik. Posisi Masjid diapit oleh dua Gereja. Miniatur Masjid dan Gereja. (Dok. dailymail.com)   Tual,...

Global Komputer, Toko Komputer Serbaguna di Kei

Advertorial
on Selasa, 03 Desember 2019
Global Komputer, Toko Komputer Serbaguna di Kei

    Global Komputer merupakan salah satu toko komputer serbaguna yang terletak di Jln Baru Langgur – Kolser, Kabupaten Maluku Tenggara. Toko ini menyediakan banyak produk seperti Laptop, mes...

Gelombang Pasang Hantam Pemukiman Warga Desa Bara

Lintas Maluku
on Selasa, 03 Desember 2019
Gelombang Pasang Hantam Pemukiman Warga Desa Bara

  Peristiwa ini menelan korban materi. 11 rumah warga rusak.   Gelombang pasang hantam salah satu rumah warga. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com – Gelombang pasang mengha...

Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan d...

Kesehatan
on Selasa, 03 Desember 2019
Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan di Ambon

  Sonya masih menunggu kelengkapan administrasi pasien, berupa photo copy, surat rujukan dari RSUD, dan kartu BPJS sebagai pelengkap dokumen pasien. Maria Sonya Werbitu (tengah) bersama keluarga....

Pemkot Tual Tanggung Biaya Pengobatan Sonya Si Gad...

Kota Tual
on Selasa, 03 Desember 2019
Pemkot Tual Tanggung Biaya Pengobatan Sonya Si Gadis Bunga

  Tidak hanya Sonya, dua anggota keluarga yang mendampinginya ke Kota Ambon juga dibiayai oleh Pemerintah Kota Tual.   Kunjungan Wali Kota Tual bersama sejumlah pimpinan OPD di kediaman Sony...

Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyar...

Maluku Tenggara
on Selasa, 03 Desember 2019
Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyarakat

  Pemerintah berupaya merangsang pembangunan pariwisata di ohoi-ohoi, tetapi untuk kondisi terkini hanya baru dua ohoi (desa) yang memberikan kepercayaan itu.   Kepala Dinas Pariwisata Malra...

Pemkot Tual Alokasi Rp12 Miliar untuk Pesparani Ti...

Lintas Maluku
on Senin, 02 Desember 2019
Pemkot Tual Alokasi Rp12 Miliar untuk Pesparani Tingkat Maluku

  Diprediksi kesiapan Pesparani 2020 sudah mencapai 50 persen.  Wali Kota Tual Adam Rahayaan. (Dok. Humas Tual)   Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual telah menganggaran Rp12 mi...

«
||
»

BUDAYA KITA

Prihatin dengan Kondisi Pantai yang Rusak, Warga P...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 27 November 2019
Prihatin dengan Kondisi Pantai yang Rusak, Warga Pasang Sasi di Pulau Kelapa

  Bukan hanya terkenal dengan potensi wisatanya, Pulau Kelapa juga merupakan filter utama bagi Kota Elat dan sekitarnya apabila terjadi tsunami atau gelombang tinggi. Masyarakat Adat Mer Ohoi Nea...

Buka Lomba Permainan Tradisional, Wali Kota Tual M...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 23 November 2019
Buka Lomba Permainan Tradisional, Wali Kota Tual Main Kayu Katri

  Komunitas Gerakan Kei Cerdas (GKC) menggelar lomba permainan tradisional antar siswa/i SD se-Kecamatan Dullah Utara dalam rangka peringatan Hari Anak Sedunia 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Wali...

Warga Desa Rumoin Antusias Sambut Tim Safari Adat...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 21 November 2019
Warga Desa Rumoin Antusias Sambut Tim Safari Adat Pemkot Tual

  Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan rombongan ditempatkan dalam perahu belang dan kemudian diarak oleh masyarakat setempat. Lantunan nyanyian bernuansa lokal serta Tarian Boiratan ala para wanita...

Keunikan Safari Adat di Desa Taar

Peristiwa Budaya
on Rabu, 20 November 2019
Keunikan Safari Adat di Desa Taar

  Proses sharing dan dialog dalam Safari Adat di Desa Taar dilakukan berdasarkan tradisi sdov sadivun. Berdasarkan tradisi tersebut, para pemuka adat maupun pemerintah daerah dan masyarakat duduk...

Momentum Pesparani I Papua, Keluarga Besar Sirken...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 20 November 2019
Momentum Pesparani I Papua, Keluarga Besar Sirken Gelar Sdow Yante

  Pertemuan keluarga ini dimaksudkan untuk mempererat ikatan maskei dalam ain ni ain antar anggota keluarga di tanah Papua. Suasana sdow Keluarga Sirken di rumah Keluarga Johanes C.P Sirken (Foto...

Selayang Pandang Tarian Talang, Kreasi Seni Tari K...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 13 November 2019
Selayang Pandang Tarian Talang, Kreasi Seni Tari Khas Ohoi Evu

  Masyarakat suku bangsa Kei memiliki banyak corak seni tari. Saryat, Sosoi, Temar Rubil dan lainnya merupakan tarian yang umum ditemukan dan dipraktekan. Selain itu, beberapa ohoi bahkan lahir d...

Vakum 20 Tahun, dalam Waktu Dekat Raja Ub Ohoi Fak...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 06 November 2019
Vakum 20 Tahun, dalam Waktu Dekat Raja Ub Ohoi Fak Akan Dinobatkan

  Ratschap Ub Ohoi Fak membawahi 24 ohoi. Berdasarkan aturan adat yang dipertegas Perda 03, fungsi dan peranan raja sangat penting dalam merekomendasikan kepala ohoi. Suasana pertemuan panitia pe...

Penobatan Rat Kirkes ke XVI di Tengah Momentum Har...

Peristiwa Budaya
on Senin, 28 Oktober 2019
Penobatan Rat Kirkes ke XVI di Tengah Momentum Hari Sumpah Pemuda

  Proses penobatan berlangsung khidmat.   Langgur, suaradamai.com – Berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, Agung Renwarin dinobatkan sebagai Rat Kirkes ke XVI (16) Ratschap Ib...

Vakum Dua Tahun, Raja Kat El Dikukuhkan dalam Wakt...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 24 September 2019
Vakum Dua Tahun, Raja Kat El Dikukuhkan dalam Waktu Dekat

  Berdasarkan sejarah Hukum Larvul, Raja Raschap Mer Ohoi Nean akan dikukuhkan oleh Raja Bal Du Wahadat dari Dullah. Pemasangan Gelang Mas Kei kepada Ketua Ikatan Maskei Papua oleh Raja Fer Drs....

Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan N...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 14 September 2019
Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas

  Lembaga Dewan Adat Rat Ur Siu, Lor Lim dan Lor Labai merupakan benteng terakhir penjaga kelestarian adat Evav. Hakim dari setiap penyimpangan dan pelanggaran terhadap hukum adat Larvul Ngabal....

Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit...

Asal Usul
on Rabu, 11 September 2019
Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit Sakmas

  Tingginya nilai luhur dan martabat perempuan Kei tercermin dalam diri Nen Dit Sakmas. Pelaksanaan Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan aktualisasi dari penghargaan terhadap tingginya...

Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat E...

Asal Usul
on Selasa, 10 September 2019
Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat Evav

  Pakaian adat dipahami sebagai kostum yang mengekspresikan identitas yang biasanya dikaitkandengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Perdebatan terkait corak pakaian adat Evav...

Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Duku...

Peristiwa Budaya
on Jumat, 06 September 2019
Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Dukungan dan Kritik

  Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah bagi pelestarian kearifan lokal budaya Suku Bangsa Kei. Sebuah maha karya yang dihasilkan pemerintah daerah Kab...

Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

Peristiwa Budaya
on Jumat, 23 Agustus 2019
Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   “Saya janji tidak akan memberikan rekomendasi pecalonan bagi marga lain yang bukan punya hak. Khususnya untuk Desa Fiditan, selain marga Raha...

Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

Asal Usul
on Rabu, 07 Agustus 2019
Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

  Pengangkatan sesajen bagi leluhur di Woma El Fangvur, Langgur.   Suatu ketika sekelompok masyarakat bertemu satu sama lain dan sepakat membentuk ohoi. Kebutuhan pertama mereka adalah tempa...

Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di De...

Peristiwa Budaya
on Senin, 05 Agustus 2019
Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di Desa Tamedan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Safari Adat adalah salah satu upaya Pemkot Tual dalam memulihkan kembali tatanan adat dalam masyarakat. Program ini diharapkan dapat memperkua...

Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemko...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 25 Juli 2019
Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemkot Tual

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw. Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge bersama para Rat/Raja. (Foto: Gerry Ngamel)   Langgur (Tetoat), suaradamai.com...

Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

Peristiwa Budaya
on Rabu, 24 Juli 2019
Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

  Reporter: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Keempat Rat (Raja) yang wilayahnya berada dalam lingkungan Pemerintahan Kota Tual didampingi Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota T...

Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

Asal Usul
on Senin, 22 Juli 2019
Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

  Rat Yab Ratchap Oholim Tahit Patris Renwarin   Istilah Meti Kei dan Met Ef masih menjadi perdebatan, mana yang tepat mana yang keliru. Untuk memberi kepastian, Suaradamai.com mewawancarai...

Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Bangl...

Misil Masal
on Minggu, 21 Juli 2019
Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Banglu"

  Pemerhati Adat, Robert Remetwa   Berucap dan mendengar ayat tersebut bagi orang yang paham Bahasa Kei akan berpikir pada suasana perang. Memang benar, bahwa perang di Kei zaman dulu, para...

Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer B...

Peristiwa Budaya
on Senin, 18 Februari 2019
Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer Budaya Kei Era 1940an

  Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa Para Wanita berpose di depan tempat pameran   Langgur (Ngilngof), suaradamai.com – Kali ini ada yang unik dari perayaan Valentine’s Day tahun...

Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jad...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 05 Februari 2019
Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jadi Contoh

Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa   Mulai dari persiapan, penyampaian undangan, cara memasak, alat makan, makanan, gaya makan, dan prosesi pengukuhan, menggunakan kebiasaan orang tua...

Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 02 Oktober 2018
Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran, Buku Larvul Ngabal

Langgur, suaradamai.com - Ketua Dewan Adat Rat Ursiuw Rat Lorlim Kepulauan Kei (Dewan Adat Kei) Drs. Hi. Abdul Hamid Rahayaan mendesak kepada penerbit agar menarik buku berjudul “Larvul Ngabal: Anasir...

Badan Pengurus dan Dewan Adat K3TB Resmi Dilantik

Peristiwa Budaya
on Minggu, 15 April 2018
Badan Pengurus dan Dewan Adat K3TB Resmi Dilantik

  Bintuni, suaradamai.com - Badan Pengurus dan Dewan Adat Kerukunan Keluarga Kei Teluk Bintuni (K3TB) resmi dilantik oleh Wakil Ketua Kerukunan Kei Papua Barat,Sanusi Rahaningmas dan dikukuhkan...

«
||
»

Maluku Tenggara

Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupa...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 07 Desember 2019
Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Bupati harap kejuaraan ini menghasilkan pembalap terbaik dari Maluku Tenggara. Ia menyatakan dukungan penuh untuk mencari sponsor untuk kejuaraan yang lebih tinggi. Bupati Malra M. Thaher Hanub...

Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai...

Maluku Tenggara
on Kamis, 05 Desember 2019
Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai Aturan

  Pinjaman daerah tersebut sementara diproses dan sampai saat ini sedang menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. Kepala Bapenda A. Yani Rahawarin bersama Kabag Humas dan Protokoler Ma...

Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyar...

Maluku Tenggara
on Selasa, 03 Desember 2019
Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyarakat

  Pemerintah berupaya merangsang pembangunan pariwisata di ohoi-ohoi, tetapi untuk kondisi terkini hanya baru dua ohoi (desa) yang memberikan kepercayaan itu.   Kepala Dinas Pariwisata Malra...

Bupati Malra Tindak Cepat Tinjau Jembatan Ambruk

Maluku Tenggara
on Minggu, 01 Desember 2019
Bupati Malra Tindak Cepat Tinjau Jembatan Ambruk

  Mendengar kejadian itu, Bupati langsung turun lapangan. Di tempat kejadian, Bupati memberi instruksi kepada Kadis PU dan Kepala PDAM Malra serta Camat Manyeuw dan Camat Hoat Sorbay. Bupati Malr...

Bupati Malra Lantik Kepo Ohoirenan dan Launching T...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 30 November 2019
Bupati Malra Lantik Kepo Ohoirenan dan Launching Tim Kewaspadaan Dini Daerah

  Ohoi Ohoirenan menampilkan teladan dengan melewati semua proses adat pemilihan dan pelantikan kepala ohoi definitif dengan damai dan lancar. Bupati manfaatkan momentum pelantikan Kepo Ohoirenan...

Buka Rakor Sektor Pendidikan, Bupati Malra: Jangan...

Maluku Tenggara
on Kamis, 21 November 2019
Buka Rakor Sektor Pendidikan, Bupati Malra: Jangan Sungkan Jika Ada Kendala

  Bupati Malra menegaskan bahwa keberadaan rumah guru dan permasalahan di sektor pendidikan lainnya akan menjadi catatan penting bagi Pemkab Malra. Bupati Malra M. Thaher Hanubun. (Dok. Humas Mal...

Distan Malra Terapkan Teknologi Smart Farming Sela...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 16 November 2019
Distan Malra Terapkan Teknologi Smart Farming Selangkah di Depan

  Peradaban dunia saat ini ditandai dengan cepatnya perubahan infomasi dan teknologi. Maluku Tenggara dan Kepulauan Kei sudah harus menerapkan teknologi pertanian pintar jika tidak ingin tertingg...

Plus Minus Satu Tahun Kepemimpinan MTH-PB di Malra

Maluku Tenggara
on Jumat, 08 November 2019
Plus Minus Satu Tahun Kepemimpinan MTH-PB di Malra

  Setahun kepemimpinan MTH-PB saat ini cukup banyak menuai perubahan ke arah yang lebih baik dan disertai dengan penghargaan atas kesuksesan yang dicapai. Kendati demikian, harus diakui bahwa mas...

OJK Maluku Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja TPAK...

Maluku Tenggara
on Kamis, 07 November 2019
OJK Maluku Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja TPAKD Malra

  Rapat evaluasi TPA di Kabupaten Maluku Tenggara ini dimaksudkan guna memonitoring dan mengevaluasi kembali program-program kerja yang telah dilakukan TPAKD Malra di tahun 2018-2019 yakni simpan...

Gempita Dies Natalis SYT. Bupati Thaher: Terima Ka...

Maluku Tenggara
on Rabu, 30 Oktober 2019
Gempita Dies Natalis SYT. Bupati Thaher: Terima Kasih Seminari Langgur

  Kehadiran Seminari Santo Yudas Thadeus di Tanah Kei telah memberikan warna tersendiri bagi posisi Kota Langgur di mata dunia. Dengan melahirkan manusia yang berkualitas dalam berbagai dimensi s...

Bupati Hanubun: Pluralisme Merupakan Kekuatan yang...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 19 Oktober 2019
Bupati Hanubun: Pluralisme Merupakan Kekuatan yang Mempersatukan

  Pluralitas merupakan kekuatan yang mempersatuan. Hal ini sejak lama telah disadari oleh para pendiri bangsa Indonesia. Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika merupakan dasar yang mendukung...

Dinkes Malra Terus Upayakan Sosialisasi Resiko Pen...

Maluku Tenggara
on Rabu, 16 Oktober 2019
Dinkes Malra Terus Upayakan Sosialisasi Resiko Penularan HIV/AIDS

  Berdasarkan data akumulasi dari tahun 1994 hingga September 2019, jumlah masyarakat Maluku Tenggara yang terinfeksi penyakit HIV/AIDS adalah sebanyak 726 jiwa. Suasana rapat antara Bupati Malra...

Sayonara Maluku Tenggara

Maluku Tenggara
on Jumat, 11 Oktober 2019
Sayonara Maluku Tenggara

  Selama ini oleh pemerintah pusat disinyalir masih mengidentikkan Kabupaten Maluku Tenggara dengan Kota Tual sebagai ibukota kabupaten. Hal ini dalam banyak hal sangat merugikan Kabupaten Maluku...

Bupati: Perubahan Nama Maluku Tenggara Adalah Kebi...

Maluku Tenggara
on Kamis, 10 Oktober 2019
Bupati: Perubahan Nama Maluku Tenggara Adalah Kebijakan Progresif Antisipatif

  Menurut Hanubun, berbagai pandangan yang dikemukakan, baik yang menyetujui maupun yang tidak menyetujui, adalah sebuah proses dinamika untuk mewujudkan sebuah kemajuan, bukan upaya mengesamping...

Hanubun Lantik 14 Pejabat Administrator dan Pengaw...

Maluku Tenggara
on Kamis, 10 Oktober 2019
Hanubun Lantik 14 Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemkab Malra

  Pelantikan ini merupakan kepentingan daerah dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan masyarakat, dan bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat jenjang jabatan yang mementingkan kepentingan...

Wabup Malra Buka Bimtek Peningkatan Kompetensi Apa...

Maluku Tenggara
on Minggu, 06 Oktober 2019
Wabup Malra Buka Bimtek Peningkatan Kompetensi Aparatur Disdukcapil

  Administrasi kependudukan perlu didukung dengan strategi pelaksanaan dan penganggaran guna mendorong kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal pemerintah.Sehubungan dengan hal tersebut...

Thaher: Berbeda Hanya Ketika Masuk Rumah Ibadah. S...

Maluku Tenggara
on Rabu, 02 Oktober 2019
Thaher: Berbeda Hanya Ketika Masuk Rumah Ibadah. Selebihnya Kita Satu

  Budaya maren merupakan warisan leluhur yang mempersatukan perbedaan. Melalui budaya maren setiap sekat perbedaan menjadi tidak berarti. Diharapkan melalui momen bakti sosial di Masjid Ohoi Mast...

Pemkab Malra Benahi Pasar Ikan Langgur

Maluku Tenggara
on Senin, 30 September 2019
Pemkab Malra Benahi Pasar Ikan Langgur

  Pemkab Malra melalui Disperindag sementara berupaya membenahi Pasar Ikan Langgur lewat pengerjaan saluran pembuangan limbah dan pengadaan sejumlah fasilitas pendukung. Meski demikian, diharapka...

Dinas Lingkungan Hidup Malra Berdayakan Sampah Jad...

Maluku Tenggara
on Rabu, 25 September 2019
Dinas Lingkungan Hidup Malra Berdayakan Sampah Jadi Pupuk

  Masyarakat diharapkan dapat memilah antara sampah organik dan sampah anorganik sejak dari rumah tangga. Nantinya sampah organik akan diolah kembali menjadi pupuk sehingga dapat mengurangi pasok...

Dinas Perikanan Malra Gelar Pelatihan dan Pendampi...

Maluku Tenggara
on Minggu, 22 September 2019
Dinas Perikanan Malra Gelar Pelatihan dan Pendampingan Budidaya Ikan bagi 68 Nelayan

  Para nelayan peserta pelatihan dan pendampingan akan diberikan sertifikasi sebagai jaminan bahwa produk mereka telah melewati 18 fase yang dipersyaratkan Dinas Perikanan Malra. Suasana Pelatiha...

«
||
»