Breaking News

Bupati Hanubun Buka Kejua...

Prihatin dengan Kondisi P...

Pemkot Tual Salurkan Empa...

Pendidikan

Civitas Akademika STIS Tual Gelar Wisuda Angkatan XIII dan XIV

Print
Category: Pendidikan
User Rating:  / 0

 

Pendidikan merupakan sarana untuk menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sarana pendidikan merupakan hal dasar yang perlu diperjuangkan demi kemaslahatan lebih banyak orang.

Wisuda 2019

Foto bersama wisudawan/i STIS Tual angkatan XIII dan XIV (Foto: Piet Res).

 

Langgur, suaradamai.com – Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial (STIS) Tual melaksanakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda sarjana angkatan XIII dan XIV, Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi tahun akademik 2019-2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Katolik Center, Langgur, Sabtu (23/11/2019). Tercatat sekolah tinggi yang berlokasi di Kota Langgur ini berhasil mewisudakan 64 lulusan untuk tahun ini yang terdiri dari 22 Sarjana Ilmu Komunikasi (S.IKom) dan 42 Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP).

Bupati Maluku Tenggara Drs. M. Thaher Hanubun, yang diwakili oleh Asisten III Setda Malra Martinus Mon S. Pd, dalam sambutannya mengungkapkan keyakinannya terhadap upaya pemantapan sumber daya manusia yang unggul bagi Maluku Tenggara melalui pendidikan pada jenjang sekolah Tinggi STIS Tual. Menurut Thaher, kompleksitas setiap tantangan yang muncul harus dihadapi melalui pemantapan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten melalui lembaga pendidikan.

"Tantangan yang akan datang, cepat atau lambat harus dihadapi dengan upaya membangkitkan sumber daya manusia. Dalam konteks ini maka pembangunan sumber daya manusia harus mampu memberdayakan poros pendidikan agar berkembang menjadi sumber daya manusia berkualitas, memiliki kompetensi paripurna secara intelektual dan profesional dalam menghasilkan pengetahuan yang baru dan tentu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ungkap Thaher.

 

Baca juga: STIS Mutiara Tual Buka Kelas Ekstensi untuk Dua Program Studi

 

Di hadapan 64 wisudawan/i dan keluarga yang memadati Gedung Katolik Center, Thaher menegaskan bahwa pendidikan pada setiap Perguruan Tinggi termasuk STIS Tual harus dapat dirasakan manfaatnya demi kemajuan masyarakat.Thaher mangakui bahwa sejauh ini, lulusan STIS telah memberikan konstribusi terhadap peningkatan SDM serta asimilasi pembangunan yang selama ini diupayakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

"Perguruan tinggi harus dapat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan masyarakat. STIS Langgur (Tual) sesungguhnya telah memberikan konstribusi yang besar terhadap upaya peningkatan SDM serta asimilasi pembangunan yang telah terus akan kita laksanakan di Maluku Tenggara," ungkap Thaher.

Thaher berharap ke depan Civitas Akademika STIS Tual dapat berdiri sebagai patner Pemda Malra dengan pemikiran yang cerdas dan konstruktif dalam upaya mendukung pemda mengentaskan persoalan dasar yang dihadapi, termasuk persoalan pengentasan kemiskinan.

"Masalah utama pembangunan di Maluku Tenggara adalah masalah tingginya angka kemiskinan. Saya mengajak seluruh komponen akademisi dan seluruh mahasiswa STIS Langgur termasuk wisudawan untuk membantu pemda, memberikan saran, masukan dan solusi konstruktif penyelesaian masalah yang dimaksud," tutur Thaher.

Senada dengan Thaher, Bernadus Rettob selaku Ketua Civitas Akademika STIS Tual dalam sambutannya juga mengungkapkan hal yang sama. Retob juga berharap agar sarana pendidikan STIS Tual dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul bagi nusa dan bangsa serta masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan wisuda yang dilaksanakan sekaligus melegalkan para wisudawan untuk menggunakan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dan Sarjana Ilmu Pemerintahan.

"Kualitas lembaga pendidikan ini diharapkan menjadi sarana menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di Maluku Tenggara dan Kota Tual, secara khusus di tingkat masyarakat dan desa. Saudara/i berhak menggunakan gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP) dan Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S. IKom). Semoga ilmu yang telah diterima saudara-saudara selama perkuliahan dapat berguna bagi nusa dan bangsa serta masyarakat terutama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual," tutup Rettob. (pietres/NR)

Comments ()

Jadi Inspektur Upacara, Mantan Guru Olahraga Tegaskan Peran Guru

Print
Category: Pendidikan
User Rating:  / 0

 

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menuntut kreativitas dan inovasi para guru di Maluku Tenggara.

 Bupati Malra M. Thaher Hanbun - HUT PGRI Malra - 251119 - Humas Malra

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyampaikan arahan saat HUT PGRI di Ohoi Wab. (Foto. Humas Malra)

 

Langgur, suaradamai.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 74 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) bersama para guru se-Kabupaten Malra mengadakan upacara di Lapangan Utama Ohoi Wab, Kecamatan Hoat Sorbay.

Upacara peringatan HUT PGRI tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini upacara dilangsungkan di wilayah kecamatan, padahal biasanya ditempatkan di pusat kota.

Uniknya, Bupati Malra M. Thaher Hanubun yang juga pernah berprofesi sebagai guru olahraga pada salah satu sekolah ternama di Jakarta, kali ini bertindak sebagai inspektur upacara.

 

Baca juga: Rumah Dinas Bupati Malra Berubah Jadi Rumah Toleransi Antar Umat Beragama

 

Dalam arahannya, sang mantan guru olahraga ini mengajak para guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Menurutnya, pendidikan generasi milenial memerlukan pendekatan berbeda.

"Generasi milenial identik dengan penggunaan teknologi konsumsi dan media sosial. Hal ini tentu akan memudahkan mereka dalam mengakses guna mendapatkan berbagai informasi, sehingga mereka lebih kritis. Untuk itu, guru-guru dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat ini," ujar Hanubun.

Sebagaimana disampaikan Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya pada upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2019, Bupati Hanubun juga menegaskan bahwa peran guru yang paling terpenting adalah menciptakan generasi berkualitas.

"Mendorong kreativitas murid dengan mengajak berdiskusi dan menumbuhkan rasa percaya diri murid dengan aktivitas yang menarik. Guru juga diharapkan untuk dapat berinovasi dengan kurikulum yang ada sesuai dengan kebutuhan murid," pintah Hanubun.

 

Baca juga: Bupati Hanubun: PAUD adalah Investasi Daerah

 

Orang nomor satu Malra ini mengatakan, pendidikan adalah seni mentransfer ilmu, sehingga perlu adanya kreativitas dari seorang guru untuk menumbuhkan ketetarikan kepada murid untuk belajar. Lebih daripada itu, guru dituntut untuk menjadi fasilitator yang handal dalam proses pembelajaran di kelas.

Hanubun juga menekankan bahwa pendidikan krakter sangat penting untuk generasi milenial yang diterpa arus informasi dari berbagai media sosial, baik positif maupun negatif. Untuk itu, guru harus mampu membentuk generasi muda guna memiliki budi pekerti, perilaku positif, memiliki kepedulian sosial dan jiwa kepemimpinan.

"Pendidikan sangatlah penting bagi keberlangsungan pembangunan di daerah ini. Dimana dengan pendidikan pula dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas. Baru saja Kabupaten Maluku Tenggara mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa Anugerah 'Kihajar 2019'. Penghargaan tersebut merupakan hasil dari upaya kebutuhan Maluku Tenggara dalam meningkatkan mutu, akses pendidikan dan kebudayaan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi," jelasnya.

 

Baca juga: Cerita Pilu Empat Pendidik PAK Bersertifikat Dari Maluku Tenggara

 

Pada peringatan HUT PGRI kali ini, Pemkab Malra menyerahkan piagam pengharagaan bagi para guru berprestasi. Selain itu turut diserahkan pula piagam penghargaan kepada para siswa berprestasi dalam bidang olaharga, dalam hal ini para siswa SMP Santa Theresia Langgur yang berhasil menjuarai Gala Pelajar Malra. (dedyrumangun/gerryngamel/linusremetwa)

Comments ()

Wagub Maluku Minta Kampus Lelemuku Siapkan SDM Sambut Blok Masela

Print
Category: Pendidikan
User Rating:  / 0

 

Mestinya nanti anak-anak kita di sini yang nanti duduk di dalam rumahnya, lalu mempersilakan orang dari luar datang untuk bersama-sama untuk kita bekerja membangun Indonesia,” kata Wagub Maluku Barnabas Orno.

Polycarpus Lalamafu dan Barnabas Nathaniel Orno - SDM Blok Masela - 151119

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) Polycarpus Lalamafu dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno. (Foto. Chintia S)

 

Tanimbar, suaradamai.com - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno meminta Civitas Akademika Kampus Lelemuku, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), agarmenyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

SDM yang disiapkan terutama untuk menyambut pengelolaan proyek blok Gas Masela yang rencananya akan beroperasi di tahun 2027 mendatang.

“Saya harap kampus ini dapat menyiapkan generasi dengan membentuk SDM yang berkualitas menyambut Blok Masela, sehingga ketika beroperasi nanti anak-anak Maluku, khususnya di KKT tidak menjadi tamu di negeri sendiri,” kata Wagub Maluku saat bertatap muka dan berdialog bersama Civitas Akademika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS) Kampus Lelemuku, Jumat (15/11/19) lalu.

 

Baca juga: Kilang LNG Masela Dibangun di Kepulauan Tanimbar

 

Wagub mengatakan mahasiswa STKIPS Lelemuku harus menjadi orang-orang yang cerdas. Pembentukan berbagai jurusan di sekolah tinggi yang telah dilakukan pihak yayasan ini, menandakan komitmen yayasan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa di daerah.

“Kondisi ini secara langsung telah membantu pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi Mauku maupun Pemerintah KKT untuk membentuk SDM yang lebih berkualitas lagi di daerah ini,” tandas Wagub.

Menurutnya, dengan ketidaksiapan SDM yang unggul di bidangnya dan kompetitif, maka generasi yang ada di KKT tidak akan mampu bersaing ketika proyek Blok Gas Masela beroperasi di Maluku.

“Saya tidak inginkan pada saatnya nanti, anak-anak kita hanya bisa badiri di bawah-bawah tiris, sementara orang lain datang duduk di dalam rumah. Mestinya nanti anak-anak kita di sini yang nanti duduk di dalam rumahnya, lalu mempersilakan orang dari luar yang datang untuk bersama-sama di rumah ini untuk kita bekerja bersama-sama membangun Indonesia,” beber Wagub.

 

Baca juga: Pemprov Maluku Minta Inpex Sampaikan Rencana Pengembangan Blok Masela

 

Mantan Bupati MBD ini mengakui, dirinya akan merasa bangga ketika proyek Blok Masela beroperasi ada generasi muda di daerah ini ikut andil dalam mengelola sumber daya alam (SDA) yang dikembangkan.

“Jika generasi yang ada disini mereka kerja dan masuk disitu (Blok Masela) serta menjadi yang dominan, itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa,” tandas Wagub.

Selain SDM berkualitas, Wagub juga mengingatkan tentang kearifan lokal yang harus tetap dijaga oleh generasi muda dan masyarakat setempat. Wagub mencontohkan apa yang terjadi di Provinsi Bali yang sebenarnya sudah masuk pengaruh dunia internasional. Hal yang juga akan terjadi ketika Blok Masela beroperasi.

“Kita lihat di Bali, masih tetap seperti yang dulu sebagai orang Bali, karena menjaga dan mempertakankan kearifan lokalnya. Karena apa kearifan lokal, nilai-nilai religius sesuai dengan ajaran agama yang kita anut, ketika pudar, orang lain akan menguasai kita. Jadi persatuan dan kesatuan harus dijaga, nilai-nilai kegotong royongan, nilai-nilai etika dan moral harus dijaga,” tandasnya.

 

Baca juga: Jemput Peluang Blok Masela, Walikota Tual Ingin Proyeksi Peningkatan SDM

 

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) Polycarpus Lalamafu mengatakan, komitmennya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa di daerah yang kemudian diwujudkan melalui kegiatan- kegiatan akademik.

Perjuangan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di daerah ini, sebut Lalamafu, butuh perjuangan yang keras untuk memacu perkembangan, apalagi perkembangan pendidikan tinggi yang begitu pesat di republik ini telah menuntut pihaknya untuk terus berjuang.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Keberhasilan kami adalah keberhasilan pemerintah provinsi, pemerintah KKT. Karena itu tanggung jawab kita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di daerah ini tidak boleh kendor sedikutpun,” tegas Lelemufu.

 

Baca juga: Bupati KKT: Pempus Jangan Kongkalikong

 

Dijelaskan, mahasiswa di Kampus Lelemuku bukan hanya mahasiswa KKT semata. Di kampus ini ada juga mahasiswa dari berbagai pelosok.

“Ada yang dari Irian, MBD, Kepulauan Aru, Kota Ambon, Seram,” paparnya.

Lelemufu menambahkan, Kampus Lelemuku Saumlaki yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki telah mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) pada tahun 2002, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) pada tahun 2012 dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIPS). (CS/linusremetwa)

 


Wagub mengingatkan tentang kearifan lokal yang harus tetap dijaga oleh generasi muda dan masyarakat setempat. Ia mencontohkan Bali.


Comments ()

Bupati Hanubun: PAUD adalah Investasi Daerah

Print
Category: Pendidikan
User Rating:  / 0

 

Pemerintah kabupaten/kota memiliki tanggung jawab pelayanan dalam hal melahirkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Penyelenggaraan PAUD di Malra akan dilandaskan pada Perbup No. 23 Tahun 2019.

Wajib PAUD satu tahun - 221119 - Dedy

Bupati Malra Drs. M. Thaher Hanubun ketika membuka Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar dan PAUD Holistik Integratif Kabupaten Maluku Tenggara (Foto: Dheddy Rumangun).

 

Langgur, suaradamai.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar dan PAUD Holistik Integratif Kabupaten Maluku Tenggara, bertempat di Aula Lantai III Kantor Bupati Malra, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Drs. M. Thaher Hanubun ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik sesuai dengan jejang dan jalur pendidikan.

Dalam sambutannya, Bupati Thaher menegaskan bahwa melahirkan Sumber Daya Manusia yang unggul merupakan bagian dari tanggung jawab pelayanan pendidikan tingkat pemerintah kabupaten/kota, bukan tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah daerah punya kewajiban meningkatkan pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara optimal dan menjadi prioritas sesuai perundang-undangan pelayanan yang dimaksud, mencakup semua aspek yaitu aspek kelembagaan maupun aspek lingkungan regulasi.

Sehubungan dengan aspek regulasi maka telah diterbitkan Peraturan Bupati No. 23 Tahun 2019 tentang pendoman penyelenggara pengembangan anak usia dini di Kabupaten Maluku Tenggara. Dengan diterbitkannya Perbup dimaksud maka diharapkan segala hal yang menyangkut pengembangan anak pada usia 0-6 tahun benar-benar menjadi perhatian semua pihak.

"Mencakup pengembangan aspek kesehatan dan aspek pendidikan moral emosional hingga pada aspek tumbuh kembang harus menjadi tanggung jawab kita semua, baik orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah daerah maupun aspek lingkungan lainnya," ungkapnya.

Selain itu, Bupati Hanubun juga mengharapkan agar pendidikan anak usia dini juga diarahkan pada pelayanan yang segmentif yaitu adanya saling keterkaitan dan saling melengkapi antara pelayanan pendidikan dalam lingkup keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat termasuk juga pelayanan kesehatan, perlindungan sosial maupun dalam ruang lingkup keagamaan.

"Saya berharap, pelayanan untuk PAUD benar-benar menjadi investasi bagi daerah ini ke depan. Artinya, untuk memastikan keberlanjutan upaya pembangunan menuju kesejahteraan di masa yang akan datang, sangat tergantung pada kita apakah kita mampu menjaga SDM unggul," harapnya.

Thaher meminta komitmen setiap pihak untuk bekerja bersama saling bersinergi memberikan pelayanan yang berkualitas dan akurat.

"Momentum sosialisasi saat ini harus dimanfaatkan secara baik untuk membangun sinergi bersama mewujudkan tujuan di mana yang saya sebutkan tadi," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan dimaksud para camat se-Kabupaten Maluku Tenggara, pengawas TK/PAUD, pengawas SD, ketua-ketua yayasan pendidikan, para kepala ohoi dan para peserta sosialisasi. (dheddyrumangun/NR)

 

Wajib PAUD satu tahun - suasana pembukaan - 221119 - Dedy

Suasana pembukaan Sosialisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar dan PAUD Holistik Integratif Kabupaten Maluku Tenggara (Foto: Dheddy Rumangun).

Comments ()

Cerita Pilu Empat Pendidik PAK Bersertifikat Dari Maluku Tenggara

Print
Category: Pendidikan
User Rating:  / 0

 

Menyisakan masa bakti dua tahun pengabdian, empat orang guru Pendidikan Agama Protestan di Kabupaten Maluku Tenggara harus dicabut tunjangan profesi (sertifikasi) karena tidak menyandang status akademik S-1. Hal ini sangat kontras dengan pengabdian tulus yang diberikan keempat guru dalam mendidik anak bangsa di daerah ini selama puluhan tahun.

Kasie Pendidikan Kristen Kemenag Malra Daud Warbal - 131119 - Piet

Kepala Seksi Pendidikan Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Daud Warbal ketika ditemui di ruang kerjanya (Foto: Piet Res).

 

Langgur, suaradamai.com – Empat orang guru senior Pendidikan Agama Kristen (PAK) atas nama Dorence Tanlain, Ida C. Renleuw, Melsina Eleew dan Enggenety Patyanan, tidak diberikan hak berupa tunjangan profesi sebagai pendidik kendati telah melaksanakan tanggung jawab dengan baik sebagai pendidik. Hal ini diungkapkan oleh keempat guru PAK ketika ditemui oleh Pilar Timur/suaradamai.com, Kamis (13/11/2019).

Menurut mereka, keputusan ini datang dari Kepala Seksi Pendidikan Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Daud Warbal, dengan menimbang Petunjuk Teknis (Juknis) yang tertuang dalam Keputusan Dirjen No. 87 Tahun 2019 Tentang Pembayaran Profesi Guru/Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam jabatan.

 

Baca juga: Kota Tual Kekurangan 392 Guru, Wali Kota: Tak Ada Lagi Toleransi

 

Hal ini diakui pula oleh Daud Warbal ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (11/11/2019). Daud mengungkapkan bahwa keempat guru yang bersangkutan dinilai tidak layak untuk menerima tunjangan sertifikasi guru karena jenjang pendidikan yang diperoleh tidak mencapai strata 1. Oleh karena itu ia beranggapan bahwa tindakan tidak memberikan tunjangan fungsional kepada keempat guru yang dimaksud sudah sesuai dengan ketentuan juknis.

"Itu persyaratan administratif itu mereka semua sudah dipenuhi sesuai juknis. Hanya satu persyaratan saja yang yang mereka belum penuhi yaitu mereka belum sarjana. Habis memang tidak bisa dibayar. Mereka tidak layak berdasarkan Program Simpatika S29E untuk dibayarkan tunjangan profesinya," ungkap Daud.

Hal ini tentu sangat disesalkan oleh keempat guru yang rata-rata kurang 2 tahun lagi akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) ini. Menurut mereka tindakan Daud sama sekali bertentangan dengan Undang-Undang yang menjadi dasar acuan penyusunan Juknis yang dimaksud. Menurut mereka, kendati tidak dibekali dengan dasar pendidikan strata 1, namun keseluruhan guru yang dipermasalahkan ini telah mengantongi Sertifikat Pendidik yang juga menjadi salah satu acuan penerimaan tunjangan profesi sebagaimana dimanatkan dalam UU No. 14 Tahun 2005 yang kemudian dipakai sebagai rujukan penyusunan juknis yang dimaksudkan.

"Saya sebagai guru profesional yang punya Sertifikat Pendidik sangat menyayangkan keputusan Pa Daud. Kami berempat ini selaku guru agama sudah melaksanakan tanggung jawab kami. Ini kami lakukan dengan hati, jadi pengorbanan ini minimal harus juga dihargailah. Kami sudah melaksanakan tugas kami sebagai bentuk pertanggungjawaban kewajiban kami, tapi kenapa kami tidak bisa mendapatkan hak kami? ini Negara yang punya Undang-Undang yang jelas jadi jangan ambil hak kami dengan alasan tafsiran pribadi tentang Juknis secara tidak masuk akal," ungkap Ida Renleuw.

 

Baca juga: Harapan Guru SMA Kristen Tual di HUT Ke-74

 

Perlu diketahui bahwa Juknis nomor 87 tahun 2019 dalam Bab I bagian latar belakang Pasal 1 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen mengamanatkan bahwa, guru memiliki kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah pada jalur pendidikan formal. Sebagai pendidik profesional, guru diwajibkan memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan.

Masih dalam bagian yang sama disebutkan bahwa, dalam melaksanakan tugas profesinya, guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial. Penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum meliputi gaji pokok tunjangan yang melekat pada gaji serta penghasilan lain, berupa tunjangan profesi pendidik bagi guru, tunjangan fungsional, tunjangan khusus dan penghasilan tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai guru yang ditetapkan dengan prinsip penghargaan atas dasar prestasi.

Keempat guru menilai bahwa selain bertentangan dengan Juknis yang dipakai sebagai alasan pribadinya, Daud juga dinilai terkesan bermain hakim sendiri dalam memutuskan untuk tidak memberikan pembayaran sertifikasi guru kepada keempat guru yang mulai renta karena termakan usia ini. Padahal keempat guru ini telah terdaftar dalam daftar DPA sebagaimana ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Tidak hanya itu, keempat guru ini juga termasuk dalam sejumlah nama yang diusulkan dalam plafon anggaran tahun 2020 untuk kembali menerima sertifikasi guru profesional. Terkait dengan pembatalan pembayaran sertifikasi yang telah diberlakukan Daud sejak 9 bulan terakhir, keempat guru bahkan mengakui bahwa Daud sama sekali tidak dibekali dengan bukti SK Pembatalan Pembayaran yang dikeluarkan oleh KPKN sebagai bukti yang sah dan mengikat.

"Katong pu nama ada di DPA, ada nama juga pada anggaran plafon 2020 yang sudah diusulkan. Alasan apa kami tidak dapat hak kami. Kami berdasarkan sertifikat pendidik. Kalau ada pembatalan mana SK Pembatalan Pembayaran sebagaimana adanya SK Pembayaran, jika akan dilaksanakan pembayaran. Sampai sejauh ini tidak ada SK pembatalan pembayaran yang kami terima. Kami membutuhkan bukti fisik pembatalan pembayaran, karena kami punya SK tentang perintah pembayaran dari Kanwil Kemenag Provinsi. KPKN sampai saat ini tidak memberikan SK Pembatalan," ungkap Dorence Tanlain.

Atas persoalan yang dihadapi, keempat guru golongan 4A ini berharap agar DPRD Malra dan Pemerintah Daerah dapat memberikan solusi dan jalan keluar demi terselesaikannya persoalan yang dimaksud. (pietres/NR)

Comments ()

BERITA TERKINI

Putra El Watyar Taar Sabet Juara Umum Open Tournam...

Olaharaga
on Senin, 09 Desember 2019
Putra El Watyar Taar Sabet Juara Umum Open Tournament Malra Road Race

  Kemenangan ini membuktikan bahwa Pemuda Kei memiliki potensi yang luarbiasa. Potensi ini diharapkan mendapat dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) un...

Demi Tombak Merah, 22 Tim Gelar Liga Askab PSSI Ma...

Olaharaga
on Minggu, 08 Desember 2019
Demi Tombak Merah, 22 Tim Gelar Liga Askab PSSI Malra U-16

  Sepak Bola Maluku Tenggara pernah memiliki nama besar di kancah nasional melalui tim berjuluk Tombak Merah dari Timur.   Langgur, suaradamai.com – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepa...

Pemkot Tual Salurkan Empat Unit Kendaraan Operasio...

Kota Tual
on Sabtu, 07 Desember 2019
Pemkot Tual Salurkan Empat Unit Kendaraan Operasional bagi Tokoh Adat

  Bantuan ini merupakan wujud penghargaan terhadap nilai-nilai adat. Pemerintah Kota Tual berupaya senantiasa turut merawat dan menghormati tatanan adat yang sudah berlaku secara turun-temurun di...

Wali Kota Tual Resmikan Pembangunan Sarana Air Ber...

Kota Tual
on Sabtu, 07 Desember 2019
Wali Kota Tual Resmikan Pembangunan Sarana Air Bersih Bagi MBR

  Semua material baik perpipaan, aksesoris perpipaan sampai ke meteran air serta teknisi pemasangan sudah menjadi paket subsidi dari Pemerintah Kota Tual. Peluncuran perdana air bersih ini dilaku...

Dua Pembalap Nasional Jajal Malra Road Race Bupati...

Olaharaga
on Sabtu, 07 Desember 2019
Dua Pembalap Nasional Jajal Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Sebanyak 54 pembalap dari berbagai daerah di Indonesia berlaga di 20 kelas tanding. Suasana pembukaan Road Race Bupati Cup 2019 di Sirkuit Lanud Dominicus Dumatubun Langgur. (Foto. Gerry Ngamel...

Pengaruh Alkohol, MS Hantam Avansa

Hukum & Kriminal
on Sabtu, 07 Desember 2019
Pengaruh Alkohol, MS Hantam Avansa

  Akibat tabrakan tersebut pengendara terjatuh dan dilarikan ke RS Bhakti Rahayu Ambon. MS sementara dirawat di RS Bhakti Rahayu Ambon. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com – Kir...

Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupa...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 07 Desember 2019
Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Bupati harap kejuaraan ini menghasilkan pembalap terbaik dari Maluku Tenggara. Ia menyatakan dukungan penuh untuk mencari sponsor untuk kejuaraan yang lebih tinggi. Bupati Malra M. Thaher Hanub...

Widya Inginkan PKK Maluku Lebih Eksis dengan Kader...

Lintas Maluku
on Kamis, 05 Desember 2019
Widya Inginkan PKK Maluku Lebih Eksis dengan Kader Berkualitas

  PKK diharapkan mampu tumbuh dari bawah sebagai gerakan nasional yang pengelolaannya dari dan untuk masyarakat.   Ambon, suaradamai.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Kelu...

Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai...

Maluku Tenggara
on Kamis, 05 Desember 2019
Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai Aturan

  Pinjaman daerah tersebut sementara diproses dan sampai saat ini sedang menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. Kepala Bapenda A. Yani Rahawarin bersama Kabag Humas dan Protokoler Ma...

BKSDA Maluku Terima Satwa Edemik dari PPS Tasikoki...

Lingkungan Kita
on Kamis, 05 Desember 2019
BKSDA Maluku Terima Satwa Edemik dari PPS Tasikoki Sulut

  Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki Sulawesi Utara sementara melakukan persiapan untuk pengembalian satwa liar hasil sitaan dari Filipina.   Ambon, suaradamai.com – Balai Konservasi Su...

Stasi Duroa Raih Juara Umum Pesparani III Kota Tua...

Kota Tual
on Kamis, 05 Desember 2019
Stasi Duroa Raih Juara Umum Pesparani III Kota Tual

  Lomba kategori eksebisi tidak diperhitungkan tetapi menjadi evaluasi bagi peserta dan pelatih untuk persiapan menuju Pesparani Tingkat Provinsi Maluku di Tual. Wali Kota Tual menyerahkan trophy...

Kapolda Sampaikan Pesan Kapolri saat Syukuran HUT...

Hukum & Kriminal
on Rabu, 04 Desember 2019
Kapolda Sampaikan Pesan Kapolri saat Syukuran HUT Polairud

  Peringatan HUT Polairud seharusnya dilaksanakan pada 1 Desember, namun diundurkan ke 4 Desember 2019. Foto bersama jajaran Polairud Maluku. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com...

Jayapura Raih Rekor Muri: Hasilkan 400 Pohon Natal...

Lintas Papua
on Rabu, 04 Desember 2019
Jayapura Raih Rekor Muri: Hasilkan 400 Pohon Natal Daur Ulang

  Kegiatan ini mau membuktikan bahwa Kota Jayapura adalah kota yang aman, kota yang bersih, rukun dengan toleransi beragama yang tinggi. Senior manager MURI Jusuf Ngandri menyerahkan Piagam Rekor...

Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jag...

Sosial
on Rabu, 04 Desember 2019
Gelar Bakti Kesehatan, Lanal Tual Abdikan Diri Jaga Kesehatan Masyarakat

  Puskesmas Debut terbantu dengan adanya dokter spesialis yang diturunkan Lanal Tual. Kepala Puskesmas berharap kegiatan bakti kesehatan ini terus digalakan. Suasana bakti kesehatan Lanal Tual di...

Gubernur Sampaikan Pesan Presiden Soal Pembangunan...

Lintas Maluku
on Selasa, 03 Desember 2019
Gubernur Sampaikan Pesan Presiden Soal Pembangunan Infrastruktur

  Selama lima tahun kedepan pembangunan infrastruktur terus dilakukan untuk menghubungkan kawasan ekonomi. Jokowi juga menyinggung Ibu Kota Negara dan lima destinasi wisata prioritas.   Ambo...

Bangun Miniatur Rumah Ibadah, Pemkot Tual Komitmen...

Kota Tual
on Selasa, 03 Desember 2019
Bangun Miniatur Rumah Ibadah, Pemkot Tual Komitmen Jaga Toleransi

  Tiga miniatur rumah ibadah yang dibangun adalah Masjid, Gereja Protestan dan Gereja Katolik. Posisi Masjid diapit oleh dua Gereja. Miniatur Masjid dan Gereja. (Dok. dailymail.com)   Tual,...

Global Komputer, Toko Komputer Serbaguna di Kei

Advertorial
on Selasa, 03 Desember 2019
Global Komputer, Toko Komputer Serbaguna di Kei

    Global Komputer merupakan salah satu toko komputer serbaguna yang terletak di Jln Baru Langgur – Kolser, Kabupaten Maluku Tenggara. Toko ini menyediakan banyak produk seperti Laptop, mes...

Gelombang Pasang Hantam Pemukiman Warga Desa Bara

Lintas Maluku
on Selasa, 03 Desember 2019
Gelombang Pasang Hantam Pemukiman Warga Desa Bara

  Peristiwa ini menelan korban materi. 11 rumah warga rusak.   Gelombang pasang hantam salah satu rumah warga. (Foto. Chintia Samangun)   Ambon, suaradamai.com – Gelombang pasang mengha...

Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan d...

Kesehatan
on Selasa, 03 Desember 2019
Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan di Ambon

  Sonya masih menunggu kelengkapan administrasi pasien, berupa photo copy, surat rujukan dari RSUD, dan kartu BPJS sebagai pelengkap dokumen pasien. Maria Sonya Werbitu (tengah) bersama keluarga....

Pemkot Tual Tanggung Biaya Pengobatan Sonya Si Gad...

Kota Tual
on Selasa, 03 Desember 2019
Pemkot Tual Tanggung Biaya Pengobatan Sonya Si Gadis Bunga

  Tidak hanya Sonya, dua anggota keluarga yang mendampinginya ke Kota Ambon juga dibiayai oleh Pemerintah Kota Tual.   Kunjungan Wali Kota Tual bersama sejumlah pimpinan OPD di kediaman Sony...

«
||
»

BUDAYA KITA

Prihatin dengan Kondisi Pantai yang Rusak, Warga P...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 27 November 2019
Prihatin dengan Kondisi Pantai yang Rusak, Warga Pasang Sasi di Pulau Kelapa

  Bukan hanya terkenal dengan potensi wisatanya, Pulau Kelapa juga merupakan filter utama bagi Kota Elat dan sekitarnya apabila terjadi tsunami atau gelombang tinggi. Masyarakat Adat Mer Ohoi Nea...

Buka Lomba Permainan Tradisional, Wali Kota Tual M...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 23 November 2019
Buka Lomba Permainan Tradisional, Wali Kota Tual Main Kayu Katri

  Komunitas Gerakan Kei Cerdas (GKC) menggelar lomba permainan tradisional antar siswa/i SD se-Kecamatan Dullah Utara dalam rangka peringatan Hari Anak Sedunia 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Wali...

Warga Desa Rumoin Antusias Sambut Tim Safari Adat...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 21 November 2019
Warga Desa Rumoin Antusias Sambut Tim Safari Adat Pemkot Tual

  Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan rombongan ditempatkan dalam perahu belang dan kemudian diarak oleh masyarakat setempat. Lantunan nyanyian bernuansa lokal serta Tarian Boiratan ala para wanita...

Keunikan Safari Adat di Desa Taar

Peristiwa Budaya
on Rabu, 20 November 2019
Keunikan Safari Adat di Desa Taar

  Proses sharing dan dialog dalam Safari Adat di Desa Taar dilakukan berdasarkan tradisi sdov sadivun. Berdasarkan tradisi tersebut, para pemuka adat maupun pemerintah daerah dan masyarakat duduk...

Momentum Pesparani I Papua, Keluarga Besar Sirken...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 20 November 2019
Momentum Pesparani I Papua, Keluarga Besar Sirken Gelar Sdow Yante

  Pertemuan keluarga ini dimaksudkan untuk mempererat ikatan maskei dalam ain ni ain antar anggota keluarga di tanah Papua. Suasana sdow Keluarga Sirken di rumah Keluarga Johanes C.P Sirken (Foto...

Selayang Pandang Tarian Talang, Kreasi Seni Tari K...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 13 November 2019
Selayang Pandang Tarian Talang, Kreasi Seni Tari Khas Ohoi Evu

  Masyarakat suku bangsa Kei memiliki banyak corak seni tari. Saryat, Sosoi, Temar Rubil dan lainnya merupakan tarian yang umum ditemukan dan dipraktekan. Selain itu, beberapa ohoi bahkan lahir d...

Vakum 20 Tahun, dalam Waktu Dekat Raja Ub Ohoi Fak...

Peristiwa Budaya
on Rabu, 06 November 2019
Vakum 20 Tahun, dalam Waktu Dekat Raja Ub Ohoi Fak Akan Dinobatkan

  Ratschap Ub Ohoi Fak membawahi 24 ohoi. Berdasarkan aturan adat yang dipertegas Perda 03, fungsi dan peranan raja sangat penting dalam merekomendasikan kepala ohoi. Suasana pertemuan panitia pe...

Penobatan Rat Kirkes ke XVI di Tengah Momentum Har...

Peristiwa Budaya
on Senin, 28 Oktober 2019
Penobatan Rat Kirkes ke XVI di Tengah Momentum Hari Sumpah Pemuda

  Proses penobatan berlangsung khidmat.   Langgur, suaradamai.com – Berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, Agung Renwarin dinobatkan sebagai Rat Kirkes ke XVI (16) Ratschap Ib...

Vakum Dua Tahun, Raja Kat El Dikukuhkan dalam Wakt...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 24 September 2019
Vakum Dua Tahun, Raja Kat El Dikukuhkan dalam Waktu Dekat

  Berdasarkan sejarah Hukum Larvul, Raja Raschap Mer Ohoi Nean akan dikukuhkan oleh Raja Bal Du Wahadat dari Dullah. Pemasangan Gelang Mas Kei kepada Ketua Ikatan Maskei Papua oleh Raja Fer Drs....

Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan N...

Peristiwa Budaya
on Sabtu, 14 September 2019
Ketua Dewan Adat Tanggapi Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas

  Lembaga Dewan Adat Rat Ur Siu, Lor Lim dan Lor Labai merupakan benteng terakhir penjaga kelestarian adat Evav. Hakim dari setiap penyimpangan dan pelanggaran terhadap hukum adat Larvul Ngabal....

Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit...

Asal Usul
on Rabu, 11 September 2019
Orang Kei Harus Aktualisasikan Nilai Hidup Nen Dit Sakmas

  Tingginya nilai luhur dan martabat perempuan Kei tercermin dalam diri Nen Dit Sakmas. Pelaksanaan Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan aktualisasi dari penghargaan terhadap tingginya...

Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat E...

Asal Usul
on Selasa, 10 September 2019
Tentang Perdebatan Seputar Khazanah Pakaian Adat Evav

  Pakaian adat dipahami sebagai kostum yang mengekspresikan identitas yang biasanya dikaitkandengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Perdebatan terkait corak pakaian adat Evav...

Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Duku...

Peristiwa Budaya
on Jumat, 06 September 2019
Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas: Antara Dukungan dan Kritik

  Napak Tilas Perjalanan Nen Dit Sakmas merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah bagi pelestarian kearifan lokal budaya Suku Bangsa Kei. Sebuah maha karya yang dihasilkan pemerintah daerah Kab...

Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

Peristiwa Budaya
on Jumat, 23 Agustus 2019
Tim Safari Adat Pemkot Tual Kunjungi Desa Fiditan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw.   “Saya janji tidak akan memberikan rekomendasi pecalonan bagi marga lain yang bukan punya hak. Khususnya untuk Desa Fiditan, selain marga Raha...

Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

Asal Usul
on Rabu, 07 Agustus 2019
Pengertian, Fungsi, dan Peranan Voma

  Pengangkatan sesajen bagi leluhur di Woma El Fangvur, Langgur.   Suatu ketika sekelompok masyarakat bertemu satu sama lain dan sepakat membentuk ohoi. Kebutuhan pertama mereka adalah tempa...

Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di De...

Peristiwa Budaya
on Senin, 05 Agustus 2019
Konsisten! Safari Adat Pemkot Tual Berlanjut di Desa Tamedan

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Safari Adat adalah salah satu upaya Pemkot Tual dalam memulihkan kembali tatanan adat dalam masyarakat. Program ini diharapkan dapat memperkua...

Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemko...

Peristiwa Budaya
on Kamis, 25 Juli 2019
Raja Yarbadang Dukung Penuh Misi Safari Adat Pemkot Tual

  Penulis: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw. Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge bersama para Rat/Raja. (Foto: Gerry Ngamel)   Langgur (Tetoat), suaradamai.com...

Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

Peristiwa Budaya
on Rabu, 24 Juli 2019
Safari Adat Wujud Pengembalian Wibawa Para Raja

  Reporter: Gerry Ngamel. Editor: Nick Renleuw   Keempat Rat (Raja) yang wilayahnya berada dalam lingkungan Pemerintahan Kota Tual didampingi Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota T...

Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

Asal Usul
on Senin, 22 Juli 2019
Menggali Makna Meti Kei dan Met Ef

  Rat Yab Ratchap Oholim Tahit Patris Renwarin   Istilah Meti Kei dan Met Ef masih menjadi perdebatan, mana yang tepat mana yang keliru. Untuk memberi kepastian, Suaradamai.com mewawancarai...

Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Bangl...

Misil Masal
on Minggu, 21 Juli 2019
Misil Masal "It Foeng Fo Kut, It Fau Fo Banglu"

  Pemerhati Adat, Robert Remetwa   Berucap dan mendengar ayat tersebut bagi orang yang paham Bahasa Kei akan berpikir pada suasana perang. Memang benar, bahwa perang di Kei zaman dulu, para...

Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer B...

Peristiwa Budaya
on Senin, 18 Februari 2019
Rayakan Valentine's Day, Tim Kreatif ULDNE Pamer Budaya Kei Era 1940an

  Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa Para Wanita berpose di depan tempat pameran   Langgur (Ngilngof), suaradamai.com – Kali ini ada yang unik dari perayaan Valentine’s Day tahun...

Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jad...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 05 Februari 2019
Angkat Tradisi Kei yang Hilang, Ohoi Loon Bisa Jadi Contoh

Penulis Gerry Ngamel, penyunting Linus Remetwa   Mulai dari persiapan, penyampaian undangan, cara memasak, alat makan, makanan, gaya makan, dan prosesi pengukuhan, menggunakan kebiasaan orang tua...

Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran...

Peristiwa Budaya
on Selasa, 02 Oktober 2018
Dewan Adat Kei Desak Penerbit Tarik dari Peredaran, Buku Larvul Ngabal

Langgur, suaradamai.com - Ketua Dewan Adat Rat Ursiuw Rat Lorlim Kepulauan Kei (Dewan Adat Kei) Drs. Hi. Abdul Hamid Rahayaan mendesak kepada penerbit agar menarik buku berjudul “Larvul Ngabal: Anasir...

Badan Pengurus dan Dewan Adat K3TB Resmi Dilantik

Peristiwa Budaya
on Minggu, 15 April 2018
Badan Pengurus dan Dewan Adat K3TB Resmi Dilantik

  Bintuni, suaradamai.com - Badan Pengurus dan Dewan Adat Kerukunan Keluarga Kei Teluk Bintuni (K3TB) resmi dilantik oleh Wakil Ketua Kerukunan Kei Papua Barat,Sanusi Rahaningmas dan dikukuhkan...

«
||
»

Maluku Tenggara

Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupa...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 07 Desember 2019
Bupati Hanubun Buka Kejuaraan Malra Road Race Bupati Cup 2019

  Bupati harap kejuaraan ini menghasilkan pembalap terbaik dari Maluku Tenggara. Ia menyatakan dukungan penuh untuk mencari sponsor untuk kejuaraan yang lebih tinggi. Bupati Malra M. Thaher Hanub...

Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai...

Maluku Tenggara
on Kamis, 05 Desember 2019
Pemkab Malra Sebut Dana Pinjaman 250 Miliar Sesuai Aturan

  Pinjaman daerah tersebut sementara diproses dan sampai saat ini sedang menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. Kepala Bapenda A. Yani Rahawarin bersama Kabag Humas dan Protokoler Ma...

Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyar...

Maluku Tenggara
on Selasa, 03 Desember 2019
Rahayaan: Kemajuan Wisata Kei Butuh Sinergi Masyarakat

  Pemerintah berupaya merangsang pembangunan pariwisata di ohoi-ohoi, tetapi untuk kondisi terkini hanya baru dua ohoi (desa) yang memberikan kepercayaan itu.   Kepala Dinas Pariwisata Malra...

Bupati Malra Tindak Cepat Tinjau Jembatan Ambruk

Maluku Tenggara
on Minggu, 01 Desember 2019
Bupati Malra Tindak Cepat Tinjau Jembatan Ambruk

  Mendengar kejadian itu, Bupati langsung turun lapangan. Di tempat kejadian, Bupati memberi instruksi kepada Kadis PU dan Kepala PDAM Malra serta Camat Manyeuw dan Camat Hoat Sorbay. Bupati Malr...

Bupati Malra Lantik Kepo Ohoirenan dan Launching T...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 30 November 2019
Bupati Malra Lantik Kepo Ohoirenan dan Launching Tim Kewaspadaan Dini Daerah

  Ohoi Ohoirenan menampilkan teladan dengan melewati semua proses adat pemilihan dan pelantikan kepala ohoi definitif dengan damai dan lancar. Bupati manfaatkan momentum pelantikan Kepo Ohoirenan...

Buka Rakor Sektor Pendidikan, Bupati Malra: Jangan...

Maluku Tenggara
on Kamis, 21 November 2019
Buka Rakor Sektor Pendidikan, Bupati Malra: Jangan Sungkan Jika Ada Kendala

  Bupati Malra menegaskan bahwa keberadaan rumah guru dan permasalahan di sektor pendidikan lainnya akan menjadi catatan penting bagi Pemkab Malra. Bupati Malra M. Thaher Hanubun. (Dok. Humas Mal...

Distan Malra Terapkan Teknologi Smart Farming Sela...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 16 November 2019
Distan Malra Terapkan Teknologi Smart Farming Selangkah di Depan

  Peradaban dunia saat ini ditandai dengan cepatnya perubahan infomasi dan teknologi. Maluku Tenggara dan Kepulauan Kei sudah harus menerapkan teknologi pertanian pintar jika tidak ingin tertingg...

Plus Minus Satu Tahun Kepemimpinan MTH-PB di Malra

Maluku Tenggara
on Jumat, 08 November 2019
Plus Minus Satu Tahun Kepemimpinan MTH-PB di Malra

  Setahun kepemimpinan MTH-PB saat ini cukup banyak menuai perubahan ke arah yang lebih baik dan disertai dengan penghargaan atas kesuksesan yang dicapai. Kendati demikian, harus diakui bahwa mas...

OJK Maluku Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja TPAK...

Maluku Tenggara
on Kamis, 07 November 2019
OJK Maluku Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja TPAKD Malra

  Rapat evaluasi TPA di Kabupaten Maluku Tenggara ini dimaksudkan guna memonitoring dan mengevaluasi kembali program-program kerja yang telah dilakukan TPAKD Malra di tahun 2018-2019 yakni simpan...

Gempita Dies Natalis SYT. Bupati Thaher: Terima Ka...

Maluku Tenggara
on Rabu, 30 Oktober 2019
Gempita Dies Natalis SYT. Bupati Thaher: Terima Kasih Seminari Langgur

  Kehadiran Seminari Santo Yudas Thadeus di Tanah Kei telah memberikan warna tersendiri bagi posisi Kota Langgur di mata dunia. Dengan melahirkan manusia yang berkualitas dalam berbagai dimensi s...

Bupati Hanubun: Pluralisme Merupakan Kekuatan yang...

Maluku Tenggara
on Sabtu, 19 Oktober 2019
Bupati Hanubun: Pluralisme Merupakan Kekuatan yang Mempersatukan

  Pluralitas merupakan kekuatan yang mempersatuan. Hal ini sejak lama telah disadari oleh para pendiri bangsa Indonesia. Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika merupakan dasar yang mendukung...

Dinkes Malra Terus Upayakan Sosialisasi Resiko Pen...

Maluku Tenggara
on Rabu, 16 Oktober 2019
Dinkes Malra Terus Upayakan Sosialisasi Resiko Penularan HIV/AIDS

  Berdasarkan data akumulasi dari tahun 1994 hingga September 2019, jumlah masyarakat Maluku Tenggara yang terinfeksi penyakit HIV/AIDS adalah sebanyak 726 jiwa. Suasana rapat antara Bupati Malra...

Sayonara Maluku Tenggara

Maluku Tenggara
on Jumat, 11 Oktober 2019
Sayonara Maluku Tenggara

  Selama ini oleh pemerintah pusat disinyalir masih mengidentikkan Kabupaten Maluku Tenggara dengan Kota Tual sebagai ibukota kabupaten. Hal ini dalam banyak hal sangat merugikan Kabupaten Maluku...

Bupati: Perubahan Nama Maluku Tenggara Adalah Kebi...

Maluku Tenggara
on Kamis, 10 Oktober 2019
Bupati: Perubahan Nama Maluku Tenggara Adalah Kebijakan Progresif Antisipatif

  Menurut Hanubun, berbagai pandangan yang dikemukakan, baik yang menyetujui maupun yang tidak menyetujui, adalah sebuah proses dinamika untuk mewujudkan sebuah kemajuan, bukan upaya mengesamping...

Hanubun Lantik 14 Pejabat Administrator dan Pengaw...

Maluku Tenggara
on Kamis, 10 Oktober 2019
Hanubun Lantik 14 Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemkab Malra

  Pelantikan ini merupakan kepentingan daerah dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan masyarakat, dan bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat jenjang jabatan yang mementingkan kepentingan...

Wabup Malra Buka Bimtek Peningkatan Kompetensi Apa...

Maluku Tenggara
on Minggu, 06 Oktober 2019
Wabup Malra Buka Bimtek Peningkatan Kompetensi Aparatur Disdukcapil

  Administrasi kependudukan perlu didukung dengan strategi pelaksanaan dan penganggaran guna mendorong kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal pemerintah.Sehubungan dengan hal tersebut...

Thaher: Berbeda Hanya Ketika Masuk Rumah Ibadah. S...

Maluku Tenggara
on Rabu, 02 Oktober 2019
Thaher: Berbeda Hanya Ketika Masuk Rumah Ibadah. Selebihnya Kita Satu

  Budaya maren merupakan warisan leluhur yang mempersatukan perbedaan. Melalui budaya maren setiap sekat perbedaan menjadi tidak berarti. Diharapkan melalui momen bakti sosial di Masjid Ohoi Mast...

Pemkab Malra Benahi Pasar Ikan Langgur

Maluku Tenggara
on Senin, 30 September 2019
Pemkab Malra Benahi Pasar Ikan Langgur

  Pemkab Malra melalui Disperindag sementara berupaya membenahi Pasar Ikan Langgur lewat pengerjaan saluran pembuangan limbah dan pengadaan sejumlah fasilitas pendukung. Meski demikian, diharapka...

Dinas Lingkungan Hidup Malra Berdayakan Sampah Jad...

Maluku Tenggara
on Rabu, 25 September 2019
Dinas Lingkungan Hidup Malra Berdayakan Sampah Jadi Pupuk

  Masyarakat diharapkan dapat memilah antara sampah organik dan sampah anorganik sejak dari rumah tangga. Nantinya sampah organik akan diolah kembali menjadi pupuk sehingga dapat mengurangi pasok...

Dinas Perikanan Malra Gelar Pelatihan dan Pendampi...

Maluku Tenggara
on Minggu, 22 September 2019
Dinas Perikanan Malra Gelar Pelatihan dan Pendampingan Budidaya Ikan bagi 68 Nelayan

  Para nelayan peserta pelatihan dan pendampingan akan diberikan sertifikasi sebagai jaminan bahwa produk mereka telah melewati 18 fase yang dipersyaratkan Dinas Perikanan Malra. Suasana Pelatiha...

«
||
»